logo web

Dipublikasikan oleh Rahmat Arijaya pada on . Dilihat: 7180

USIA, JABATAN, DAN PROMOSI

Oleh : Edi Riadi*

 


Tanggal 16 Oktober 2013 saya berulang tahun ke 58. Istri dan anak serta teman dekat mengucapkan selamat ulang tahun dan panjang umur dengan suka cita walaupun tak ada pesta seperti biasa sebagian orang merayakannya. Usia 58 tahun jika berkaca pada usia Nabi Muhammad sudah dapat dibilang usia senja. Di usia senja ini mulai terasa tidak seperkasa dua puluh tahu lalu yang mampu lari maraton dua puluh kilo meter tanpa jeda, atau lima tahun yang lalu yang masih mampu lari menempuh jarak lima kilo meter tanpa jeda pula. Keperkasaan dulu hanya tinggal kenangan, jalan yang dulu menjadi track maraton menjadi saksi kerapuhan tubuh saya, karena dikala napak tilas saya hanya mampu memaluinya dengan jalan kaki. Kenyataan itu pun seharusnya disyukuri jika dibanding dengan teman seusia banyak yang sudah tidak mampu untuk menapaki rute dua puluh kilo meter walaupun hanya dengan jalan kaki. Namun demikian tetap saja lutut dan pinggang kadang terasa ngilu jika menapaki tangga-tangga gedung bertingkat.

Kerapuhan pisik saya juga diiringi dengan penurunan daya pikir dan daya ingat serta daya-daya lainnya. Kadang saya malu dengan teman-teman di pengadilan, mungkin baru sebulan lalu bertemu dalam pelatihan, bulan berikutnya sudah lupa nama yang teringat hanya raut muka. Maafkan teman, itu bukan kesombongan namun itu peringatan Allah bahwa saya sudah usia senja. Usia senja bukan masanya untuk menjadi top leader melainkan hanya pas untuk belajar untuk menjadi pandito memberi wejangan keilmuan dan kerohanian bagi generasi penerus. Tidak heran jika hand phone saya sering menerima tausiah-tausiah ke agamaan dari senior-senior yang lebih lanjut usia dari saya yang sekarang masih bertengger dalam singgasana jabatan.

Rabu 22 Oktober 2013 saya diundang Focus Grup Discussion (FGD) oleh Kepala Puslitbang di Gedung Mahkamah Agung Jalan A. Yani. FGD  tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Litbang Diklat dan Kumdil, Kepala Pusat Litbang Mahkamah Agung, Sekertaris Dirjen Badilag, Sekertaris Wakil Ketua non Yudisial dan beberapa peneliti Puslitbang. Sayang Ketua Muda (Presiden Kamar) Pembinaan dan beberapa hakim agung tidak hadir. FGD tersebut menarik karena merupakan forum uji kesahihan atas hasil penelitian Puslitbang MARI   tentang sistem mutasi dan promosi hakim di empat lingkungan peradilan. Dalam penjelasannya pemakalah menjelaskan bahwa penelitian tersebut  berangkat dari realitas kegalauan dan ketidak puasan dari sebagian hakim atas sistem mutasi dan promosi yang diungkapkan melalui media internet maupun obrolan informal.

 

* Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta

 


Untuk mengunduh file, silahkan klik di sini


 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice