logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 638

RAPOR MERAH SIPP DELEGASI

Oleh: H. A. Zahri, S.H, M. HI

(Ketua PA Luwuk Sulteng)

1. Panggilan Delegasi

Secara etimologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia panggilan diartikan ajakan atau undangan, sementara delegasi salah satu pengertiannya adalah penyerahan atau pelimpahan wewenang. Menurut hukum acara, panggilan didefinisikan dengan penyampaian surat/relaas secara resmi (official) dan patut (properly) oleh juru sita/juru sita pengganti kepada para pihak yang terlibat dalam suatu perkara di pengadilan agar memenuhi dan melaksanakan hal-hal yang diminta dan diperintahkan majelis hakim atau pengadilan. Panggilan delegasi atau pendelegasian pemanggilan dipahami sebagai suatu tindakan melimpahkan pelaksanaan pemanggilan kepada juru sita pada pengadilan yang lain.

Di lingkungan Peradilan Agama panggilan delegasi masyhur dengan istilah tabayun. Meskipun pemakaian istilah tabayun sebenarnya kurang tepat karena tabayun berarti klarifikasi atau pemeriksaan. Ada yang menggunakan istidaa’ (bantuan pemanggilan). Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 2273.a/DJA/Kp.01.1/SK/VIII/2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan dan Pemanfaatan Portal Tabayun di Lingkungan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, tabayun diartikan kegiatan melakukan verifikasi dan validasi terhadap proses pemanggilan/pemberitahuan para pihak yang berdomisili di wilayah yurisdiksi pengadilan agama yang berbeda dalam wilayah Indonesia.


Selengkapnya KLIK DISINI


 

 

Comments  
# anies m. bjn 2019-10-03 19:49
Terima kasih artikelnya. Semoga bermanfaat
Reply | Reply with quote | Quote
# Rosdiana 2019-10-07 07:47
Satu pencerahan yang luar biasa saya setuju sebelum kita melangkah ke era Elitigasi yang menurut instruksi KMA pemberlakuannya sebelum mata hari terbit di tahun 2020, menu SIPP tabayun memang perlu dioptimalkan penggunaanya mengingat kondisi masyarakat kita yang belum semua punya pasilitas e mail .
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage