logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 1862

2013, TAHUN EVALUASI DAN INTROSPEKSI DIRI

Oleh : Adityawarman, SHI*

Indonesia adalah Negara hukum, hukum adalah panglima tertinggi di negara kesatuan Republik Indonesia , maka sudah sewajarnya  harapan dan ekspektasi  masyarakat begitu tinggi terhadap penegakan hukum yang berkeadilan  , bermartabat ,  dan berwibawa .

Sebagai aparatur di lembaga peradilan  tertinggi di republik ini yaitu Mahkamah Agung RI , sudah sewajarnya selain terus meningkatkan kinerja/ skill kita dalam tugas sehari hari, hendaknya juga awal tahun 2013 ini kita bersama sama jadikan tonggak untuk terus mencoba mengoreksi , mengintrospeksi  dan mengevaluasi diri. Dengan semakin baiknya kepribadian ,  etika , dan moralitas aparatur penegak hukum  , khususnya  di Mahkamah  Agung  RI  ke depan , maka mudah mudahan akan berbanding lurus pula dengan  kinerja serta kewibawaan lembaga yang sama sama kita cintai ini demi terujudnya badan Peradilan yang Agung.


slengkapnya KLIK DISINI

.
Comments  
# anwaruddin, kupang 2013-01-18 15:00
Bagi umat muslim, evaluasi dan instruspeksi diri agar menjadi manusia yang "ahsani taqwim" yang utuh baik lahir dan batin, dimulai sholat 5 waktu dengan baik, kita selalu berjanji "sholatku, 'ibadahku, hidup dan matiku aku persembahkan untuk Allah Tuhan semesta alam", berarti harus berprilaku baik karena dipersembahkan untuk Allah, demikian juga prilaku dalam tugas seharusnya juga baik. Semoga...
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Manna 2013-01-18 16:03
sudah menjadi keharus bagi semuua untuk instropeksi diri di tahun yang baru ini..
Reply | Reply with quote | Quote
# daswir tanjung 2013-01-21 13:02
Memang betul pada tahun 2013 ini kita melakukan introspeksi dan evaluasai terhadap kenirja selama tahun 2012 lalu, ada beberapa kejadian yang dilakukan oleh oknum di lingkungan MA yang mencedrai citra dan martabat Peradilan, hal ini perlu menjadikan semua yang terkait termasuk Komisi Yudisial yang mengurus masalah rekrut Calon Hakim Agung, apabila kita menginginkan Hakim Agung yang berkualitas, ahli di bidangnya dan bermoral, maka persyaratan Calon Hakim Agung harus ditinjau kembali, perlu dimasukkan masalah pendidikan dan pengalaman wajib linier dan bermoral, untuk mengetahui masalah moral, wajib tred reccord calon diteliti dengan baik, bukan hanya diteliti secara sepintah, kalau dari kalangan Hakim Karier, wajib ditelusuri sejak yang bersangkutan diangkat menjadi Hakim pada setiap tempat, waktu menjadi Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi dan Wakil dan Ketua Tingkat banding dengan mewawacarai orang yang dianggap dekat dengan bersangkutan dan termasuk orang yang sejalan dengannya, begitu juga bagi Calon Hakim dari Pengacara dan dosen, juga wajib dilihat pendidikannya, apakah ada linier atau tidak, begitu pengalamannya, apakah linier atau tidak, kalau tidak, seharusnya tidak memenuhi syarat, yang lebih penting tentang moralnya selama ybs bertugas sebagai pengacara dan dosen, haal ini sangat penting, kalau kita ingin mencari Hakim Agung yang berkualitas, ahli dibidangnya dan bermoral, kalau tidak, yang diinginkan oleh publik sulit untuk ditemukan.Penga laman adalah guru yang terbaik.
Reply | Reply with quote | Quote
# Noer Alamsyah - Muara Bulian 2013-01-21 14:39
artikel cerdas untuk kita simak dan pahami untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bermartabat di mata ALLAH SWT dengan mengevaluasi diri dan saling mengikatkan di antara kita di awal tahun 2013 ini.. dengan niatan yang baik hanya mengharap Ridha dan semata-mata untuk beribadah kepada NYA kita akan lebih mudah menjalani nya.. semoga :)
Reply | Reply with quote | Quote
# ijonkps/pta jmb 2013-01-22 08:29
yuk mari kt bercermin sembari melihat lbh dalam lg sejauh mn perubahan ke arah yg lbh baik dr diri kt.
luruskan niat dan mulai lah dgn Bismillah,Insya Allah kt selalu mndapat RIdho NYA dalam setiap hal yg kt lakukan.
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage