logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 672

 

 

 

 

Kabar dari Riyadh (4) : Berangkat ke Riyadh di Hari Mulia

(Catatan Harian Hakim PA Nunukan)

Oleh: H. Mulyadi, Lc., M.H.I.

Pengantar Redaksi

Sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari Hakim-hakim PTA dan PA seluruh Indonesia, mulai tanggal 10 April 2015 s/d tanggal 14 Mei 2015, telah, sedang dan akan menjalani masa-masa pembelajaran di Al-Ma’had Al-‘Aly lil Qadla (Sekolah Tinggi Peradilan), yang menjadi bagian dari dan terletak di kompleks kampus Universitas Islam Imam Muhammad Ibnu Saud (UI-IMIS) yang cukup luas di Riyadh, Arab Saudi.

Selain mendapatkan tempaan dan gemblengan ilmu ekonomi syariah dari para akademisi dan praktisi  di sana, selama 35 hari itu pula mereka harus menjalani kehidupan sehari-hari dengan segala suka-dukanya di negara yang beriklim berbeda dengan Indonesia itu.

Bahkan jauh sebelumnya, mereka seolah sudah ‘dipersiapkan’ untuk menerima pelajaran-pelajaran dari negeri tempat  syariah Islam dilahirkan,  termasuk di antaranya peserta dari PA Nunukan H. Mulyadi, Lc., M.H.I.

Selain merupakan pengalaman berharga bagi pribadi bersangkutan, hal-hal yang telah dialami Hakim PA Nunukan itu kemudian ‘dilaporkan’ kepada netizen (publik), khususnya warga peradilan agama, untuk sharing dan berbagi ilmu dan informasi.

Maka hal ini harus dipahami sebagai sisi lain atau “tambahan-pelengkap” dari reportase/berita yang sudah dan akan di-publish ‘wartawan’ badilag.net yang juga berkesempatan mengikuti Diklat tersebut. Sehingga, maaf, dalam “Catatan Harian Hakim PA Nunukan” ini boleh jadi ada hal-hal yang kurang atau bahkan tidak ada kaitannya sama sekali dengan kegiatan Diklat yang sedang berlangsung.

“Catatan Harian Hakim PA Nunukan”, yang sejatinya berisikan pengalaman-pengalaman sebelum, selama dan sesudah mengikuti kegiatan Diklat Ekonomi Syariah dengan segala pernak-pernik ‘cita-rasa’-nya itulah yang dicobalaporkan H. Mulyadi, Lc., M.H.I. dalam bentuk tulisan bersambung di website badilag.net.

Selamat menikmati “oleh-oleh” dari Riyadh, Arab Saudi!

Semoga bermanfaat!

                 (RENAFASYA - www.pa-nunukan.go.id)

 

Di hari yang dimuliakan umat Islam, Jum’at (10/4/2015) sore, 40 Hakim yang menjadi peserta Diklat Ekonomi Syariah diberangkatkan menuju Riyadh, Arab Saudi, melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta.

Sebelum berangkat menuju bandara, pagi Jum’at itu para peserta sempat mengikuti acara ramah-tamah yang digelar pihak LIPIA, Jakarta, selaku cabang Universitas Imam Muhammad Ibnu Saud, di Indonesia. Di gedung LIPIA, Jakarta, itu pulalah kami sebelumnya pernah mengikuti assasement test dan dinyatakan lulus untuk bisa berangkat ke Riyadh, Saudi Arabia, mengikuti Diklat Ekonomi Syariah ini.

 

Saat Ramah-Tamah di LIPIA, Jakarta

Pukul 07.30 WIB, dengan tas-koper dan barang bawaan masing-masing, kami semua sudah siap dan berkumpul di lobby Wisma Haji menunggu datangnya bus jemputan yang akan mengantarkan kami ke gedung kampus LIPIA di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan. Sesampainya di kampus LIPIA kami disambut dengan ramah oleh Panitia dan segera menuju ruang pertemuan lalu duduk di kursi-kursi yang telah disiapkan.

Setelah acara ramah-tamah pagi Jum’at itu selesai, kami pun segera bertolak menuju Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Setibanya di bandara kami pun segera mencari tempat untuk melaksanakan shalat Jum’at karena kedatangan kami ke bandara bersamaan dengan masuknya waktu shalat Jum’at.

Setelah shalat Jum’at dan makan siang di bandara, kami pun selanjutnya melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian seperti paspor dan visa. Setelah itu kami semua menuju Ruang Tunggu Bandara Internasional Cengkareng, menantikan waktu boarding pesawat tiba.

 

Akhirnya setelah sempat menunggu beberapa jam di bandara, tepat pukul 16.30 WIB, pesawat komersial maskapai penerbangan internasional Saudi Airlines pun lepas landas meninggalkan landasan pacu Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, membawa rombongan peserta Diklat Ekonomi Syariah menuju Bandara King Khaled International Airport di Riyadh, Arab Saudi.

Setelah terbang mengudara beberapa jam, pukul 22.00 waktu setempat, pesawat Saudi Airlines yang membawa rombongan peserta Diklat Ekonomi Syariah ini pun mendarat dengan selamat di Bandara King Khaled International Airport, Riyadh, Arab Saudi.

Setelah selesai melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian dan mengambil tas-koper bagasi, kami pun segera keluar dari bandara yang cukup megah dan sangat padat saat musim haji tiba.

Di sana kami dijemput dan disambut pihak KBRI di Riyadh dan pihak universitas tempat Diklat akan dilaksanakan, yang sudah sedari tadi menunggu kedatangan kami. Selanjutnya kami pun diantar dengan menggunakan bus menuju asrama kampus tempat kami menginap.

 

Salah Satu Sudut Bandara Internasional King Khalid, Riyadh

Tepat pukul 01.00 dini hari waktu setempat kami tiba di asrama. Kedatangan kami di asrama ini pun tak lepas dari acara penyambutan dari pihak Panitia dengan setangkai bunga mawar dan bingkisan satu tas kecil berisikan kartu perdana dan kartu isi ulang jika sewaktu-waktu akan menelepon ke tanah air.

Aku ditempatkan di Gedung 41, Lantai 4, Kamar 401. Kamar tersebut diisi oleh 3 orang, yaitu aku sendiri, Khairil Hidayat Agani dari PA Tanah Grogot dan Musthofa Ali dari PA Probolinggo.

Setelah masuk kamar kami pun segera menata tas-koper dan barang-barang bawaan kami. Kemudian segera tidur untuk beristirahat melepas rasa penat dan lelah setelah seharian-semalaman melewati acara dan perjalanan panjang yang sangat melelahkan. Good night!

 

(Bersambung)

 

 

 

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor