Verifikasi dan Validasi Data Perkara, PA Tanjung Balai Karimun Gelar DDTK

Tanjung Balai Karimun | www.pa-tbkarimun.go.id
Bertempat di ruang sidang utama, Kamis (18/7/2013), pukul 09.00 WIB, PA Tanjung Balai Karimun menggelar Diklat Ditempat Kerja (DDTK) dalam rangka verifikasi dan validasi data perkara. Hadir juga dalam DDTK tersebut, Ketua, Wakil Ketua, dua orang Hakim, Pansek, Wapan, para Panmud, Panitera Pengganti, Jurusita Pengganti dan Admin Siadpa Plus.
Kegiatan DDTK tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen pimpinan, sebagai tindak lanjut adanya perubahan SK. KPA Tanjung Balai Karimun Nomor W4-A10/29/HM.02.3/SK/VII/2013 tentang Pembentukan Tim Siadpa Plus PA Tanjung Balai Karimun Tahun 2013, tanggal 01 Juli 2013, yang menunjuk seluruh Hakim, Panitera Pengganti dan Jurusita Pengganti sebagai operator Siadpa Plus.
Atas dasar pemikiran bahwa Siadpa Plus ini merupakan satu kesatuan (sistem yang saling berkatian) mulai dari penerimaan hingga pengarsipan. Sehingga apabila salah satu lini lalai atau tidak bergerak, maka sistem tadi tidak dapat dimanfaatkan dan dijalankan. Dengan demikian, diharapkan semua lini saling bersinergi untuk melakukan tugasnya melalui Siadpa Plus.
DDTK tersebut dipimpin langsung oleh Pansek Mukti Ali, S. Ag., MH, dikatakan olehnya, dasar dilaksanakan DDTK, disamping mensosialisasikan perubahan SK tentang Pembentukan Tim Siadpa plus, juga sebagai tindak lanjut dari pertemuan sehari sebelum Ramadhan (09/0713) yang membahas tentang validasi data perkara yang tidak singkron antara data manual dan Siadpa Plus.
“Hari ini kita harus bisa mengopluad data perkara ke dalam Siadpa Plus, kita harus bisa membuka info perkara badilag net, kita harus bisa membuka validasi data perkara” ujar Pansek mengawali pembukaan DDTK tersebut”. semua Panitera Pengganti ini harus jadi operator”. kita harus mengoptimalkan pemanfaatan IT dan mengejar ketertinggalan dari PA-PA lain yang telah lebih maju” pungkas Pansek menambahkan.
Ketua PA Tanjung Balai Karimun Drs. H. Usman, SH., MH dalam kegiatan DDTK tersebut menyampaikan “harapan besar” untuk menjadikan PA Tanjung Balai Karimun lebih konsen dan terus mengoptimalkan teknologi IT.
Ujar Ketua, SK tentang Pembentukan Tim Siadpa Plus yang telah dibuat dan diperbarui, kiranya tidak cukup hanya dibuat saja, tetapi harus dijalankan dengan dedikasi yang tinggi dan penuh ketulusan.
Ditegaskan oleh Ketua, ada 4 (emapat) hal yang menjadi faktor utama keberhasilan IT pada satu lingkungan peradilan.
Pertama, pimpinan. Sesemangat apapun para admin menjalankan tugas, jika tanpa dukungan dan perhatian pimpinan, IT tidak akan bisa optimal. “sebagai pimpinan, saya sangat komitmen untuk kemajuan IT dan Siadpa Plus ini “ujar Ketua menegaskan.
Kedua, sarana prasarana. Perangkat keras, lunak dan sarana lain harus menopang kerja Tim. Tanpa itu, IT tidak akan memberikan manfaat yang lebih bagi pelaksanaan tugas. “saya rasa sarana dan prasana kita sudah sangat menunjang” kata ketua menambahkan.
Ketiga, Admin. Perannya sangat penting, dalam Siadpa plus, dan yang terakhir, SDM yang melek IT. Saat ini, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak mengenal IT. Percepatan penyelesaian perkara dijadikan misi utama untuk mencapai visi peradilan, dan salah satu cara melaksanakan percepatan tersebut adalah dengan mengoptimalkan IT. “pungkas Ketua dipenghujung pengarahannya.
Usai pembukaan, Pansek menayangkan video tutorial Siadpa Plus, yang menjelaskan bagaimana mengoperasikan Siadpa Plus, mulai dari penerimaan hingga pengarsipan, cara membuka infor perkara badilag.net.
Video tutorial ini sudah saya pindahkan ke dalam server, silahkan dilihat, kita bisa memahaminya sendiri, kemudian kita bisa langsung peraktikan “ ujar Pansek setelah usai nonton video tutorial Siadpa Plus.
Kemudian Pansek memperlihatkan tentang validasi data perkara PA Tanjung Balai Karimun pada infor perkara badilag net.
Coba kita lihat perbandingan data manual dan Siadpa Plus, begitu jauh sekali perbedaannya “kata Pansek sambil menunjuk ke layar infocus. Ini tugas kita bersama untuk membetulkannya”pungkas Pansek melanjutkan.
Kemudian, untuk peraktik, dengan mematangkan bagaimana mengoperasikan Siadpa Plus, dari penerimaan perkara, membuat BAP dan mengisi data perkara mulai putus, minutasi hingga masuk ke dalam box arsip perkara, disampaikan oleh Admin Siadpa Plus PA Tanjung Balai Karimun Mohd. Ikhsan, S. HI (tenata kontrak).
Kegiatan DDTK tersebut berlangsung hingga menjelang zhuhur, harapan pimpinan dengan DDTK tersebut penggunaan aplikasi Siadpa Plus ini bisa lebih optimal di semua lini…. (Tim Redaksi)