Kaur Umum PA Nunukan Ikuti Sosialisasi Jamkesnas dan BPJS Kesehatan di Kantor Bupati
Asisten Bupati dan Kepala PT. Askes Tarakan
NUNUKAN | pa-nunukan.go.id
Selasa (25/6/2013), bertempat di aula lantai V kantor Bupati Nunukan, Kepala Urusan Umum PA Nunukan mengikuti kegiatan sosialisasi “Jaminan Kesehatan Nasional (Jamkesnas) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan”.
Acara yang digelar oleh PT. Askes Kantor Cabang Pembantu Nunukan ini semula dijadwalkan akan berlangsung pukul 11.00 wita. Namun karena pesawat yang membawa Kepala PT. Askes Tarakan Asep Subana, selaku narasumber acara ini di-delay, terpaksa acara baru dapat dimulai sekitar pukul 13.30 siang.
Hampir seluruh perwakilan dari SKPD Pemkab. Nunukan dan 32 satker instansi vertikal di Nunukan menghadiri acara yang dibuka secara resmi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab. Nunukan ini.
Dalam sambutannya, Asisten Bupati Nunukan menyampaikan bahwa sampai saat ini masih ada keluhan dari peserta Askes tentang kualitas pelayanan Askes.
Maka, kata Asisten Bupati, berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011, PT. Askes yang mulai 1 Januari 2014 mendatang akan berubah menjadi “Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan”, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang lebih kepada para pesertanya.
Nara Sumber Saat Presentasi Sosialisasi BPJS
Dibantu media infocus, narasumber Asep Subana, yang juga Kepala Cabang PT. Askes Tarakan, secara panjang lebar, kurang lebih 1 jam, menjelaskan tentang perubahan PT. Askes menjadi BPJS Kesehatan.
Menurutnya, PT. Askes atau nantinya BPJS Kesehatan, akan berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pesertanya. Tujuannya adalah untuk mewujudkan kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap anggota keluarga peserta.
Para tamu undangan yang hadir tampaknya cukup merasa penasaran dengan penjelasan narasumber yang cukup menarik dan idealistis, tidak sesuai dengan kondisi riil di lapangan.
Maka, begitu kesempatan tanya-jawab dibuka, para peserta pun sangat antusias mengajukan beberapa pertanyaan tentang berbagai keluhan mengenai mutu pelayanan kesehatan dari mitra PT. Askes, baik itu rumah sakit pemerintah maupun puskesmas, yang seolah menganaktirikan para peserta Askes dari pasien umum.
(tim redaksi jurindomal pa-nnk – Ana)