logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on .

Sosialisasi Dan Internalisasi Nilai-Nilai Organisasi di PA Sentani

Sentani, Kehadiran SK Dirjen Badilag nomor 3170 tahun 2019 tentang Nilai-nilai Organisasi di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Dan Peradilan Agama Se-Indonesia, merupakan sebuah manifestasi kesungguhan niat dan tekat Direktorat Jendral Pradilan Agama dan Peradilan Agama se-Indonesia dalam rangka peningkatan kinerja dan mewujudkan layanan yang prima terhadap masyarakat pencari keadilan.

Setelah pelaksanaan rutinitas apel pagi, 20 Juli 2020, Pengadilan Agama Sentani mengadakan morning meeting dengan agenda sosialisasi dan internalisasi Nilai-nilai Organisasi di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Dan Peradilan Agama Se-Indonesia sesuai dengan sesuai dengan surat Direktorat Badan Peradilan Agama nomor 2570/Dj.A/OT.00/7/2020 tanggal 15 Juli 2020 tentang Sosialisasi dan Internalisasi nilai-nilai Organisasi. Acara ini dipimpin langsung oleh Ribeham, S.Ag selaku Ketua Pengadilan Agama Sentani. Dalam arahannya, seluruh pegawai Pengadilan Agama Sentani harus dapat menginternalisasi semua nilai-nilai yang terkandung dalam SK Dirjen Badilag ini. Selain itu beliau juga berpesan kepada Kasubag Umum dan Keuangan, untuk mencetak dan difigura kemudian memasangnya pada ruangan-ruangan tertentu yang stategis, agar mudah dibaca oleh setiap pegawai dengan tetap memperhatikan estetika tataruang.

Dalam Surat Keputusan tersebut terdapat sebelas nilai-nilai organisasi beserta penjabaran dan indikator perilakunya. Sehingga memudahkan seluruh pegawai dalam memahami dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut dalm upaya peningkatan kinerja dan memberikan layanan yang prima. Adapun nilai-nilai tersebut sebagai berikut:

1. Bersyukur Kepada Allah SWT (Grateful)

    Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

  1. Berdoa   sebelum memulai   suatu acara   sesuai dengan keyakinan masing-masing
    1. Sadar   bahwa kehidupan segala   yang   kita   miliki   dan hasilnya adalah anugerah Allah SWT
    2. Menghormati dan melayani pencari keadilan dengan kesungguhan hati
    3. Kerukunan   dalam   kebersamaan,   menyadari   dan   menghargai kemajemukan
    4. Tidak   mudah   mengeluh   menghadapi   tantangan   dan     tegar menghadapi kegagalan
    5. Menghargai dan melakukan tradisi yang baik
  2. Berorientasi pada kebutuhan pencari keadilan
    1. Mengantisipasi    kebutuhan     pencari   keadilan     sebelum diminta
    2. Fleksibilitas demi pencari keadilan
  3. Peka terhadap kebutuhan pencari keadilan
    1. Berusaha   memberikan   pelayanan yang melebihi harapan   pencari keadilan
    2. Memberi pelayanan dengan cepat dan akurat
    3. Selalu tersenyum dalam memberikan pelayanan
    4. Ahli dalam bidangnya dan mengembangkan keahliannya secara terus menerus
    5. Memberi   saran dan masukan   sesuai dengan keahliannya secara proporsional
    6. Memberikan   penghargaan terhadap ide masukan hasil karya yang bagus
    7. Mau belajar dari pengalaman sendiri/ orang lain
    8. Membantu   rekan   sekerja/bawahan   untuk   berkembang Bekerja sampai tuntas
    9. Melakukan   tindakan perbaikan   secara berkelanjutan   Bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat
    10. Memberikan   perhatian   kepada detail rinci   sesuai   dengan ruang lingkupnya
  4. Memenuhi dan memberikan apa yang dijanjikan kepada masyarakat
    1. Taat peraturan kerja Lembaga
    2. Taat waktu (waktu kerja, pertemuan, rapat)
    3. Taat prosedur
    4. Berani mengingatkan dan menegur sikap / tindakan yang tidak sesuai dengan aturan/ prosedur Lembaga
    5. Memberi sanksi kepada yang melanggar aturan kerja Lembaga
    6. Bersedia menerima sanksi jika melanggar aturan kerja lembaga Taat terhadap perintah dan arahan atasan/ pimpinan yang sesuai dengan peraturan lembaga.
  5. Memiliki Integritas
    1. Sadar Berorganisasi
    2. Memiliki Loyalitas
  6. Professional
    1. Bekerja Cerdas Bekerjasama Untuk Hasil Terbaik
  7. Percaya Diri
    1. Kreatif
    2. Inovatif
    3. Bertindak Cepat
  8. Peduli Pada Sesama
    1. Peduli Pada Pekerjaan
    2. Peduli Pada Lingkungan/ Masyarakat
  9. Bersedia menerima masukan/   saran/   kritik dari siapa saja terlebih dari pencari keadilan
    1. Dengan tulus hati memberikan masukan/ saran/ kritik kepada siapa saja yang dianggap perlu Menerima dan melaksanakan kesepakatan kelompok
    2. Berbagi informasi dengan rekan satu tim kerja
    3. Mengkomunikasikan kebutuhan harapan, masalah dan mendiskusikan kepada rekan satu tim kerja. Berkomunikasi dengan cara yang terbuka dengan tetap menjaga sopan santun dan tata krama.
  10. Menciptakan iklim kerja yang kondusif (tidak eksklusif)
    1. Membantu rekan sejawat yang membutuhkan
    2. Berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kelompok ikut serta dan atau berupaya menyelesaikan konflik yang terjadi dalam kelompok kerja
    3. Bekerja keras namun tetap dalam iklim kerja yang menyenangkan e)   Peduli terhadap kepentingan bersama
    4. Menghargai dan hormat kepada sesama tanpa membedakan

2. Pelayanan Prima (Excellent Service)

    Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

3. Profesionalisme (Profesionalism)

    Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

4. Kedisiplinan (Discipline)

   Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

5. Dapat Dipercaya dan Diandalkan (Credible)

   Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

6. Cakap Dan Terampil (Competent)

   Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

7. Keunggulan Kompetitif (Competitive)

   Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

8. Kepedulian terhadap Sesama (Caring)

   Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

9. Keterbukaan (Tranparency)

   Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

10. Kebersamaan (Togetherness)

   Indikator perilaku dalam nilai ini adalah sebagai berikut:

11. Inovasi (Innovation)

Indikator perilaku dalam nilai ini adalah dapat membuat inovasi-inovasi yang dapat menjawab kebutuhan dan harapan stakeholders tersebut.

Dengan dirumuskannya nilai-nilai organisasi ini, dapat menjadi stimulus untuk mewujudkan kinerja yang excellent dan memberikan layanan yang prima. Dengan demiian, Pembangunan Zona Integritas yang tengah dilaksanakan akan benar-benar terealisasi dengan baik. Tetap semangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik. (WI)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice