SIADPA PLUS PA Pontianak Dimonitoring
Tampak Ketua Tim Siadpa PTA Pontianak sedang memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai PA Pontianak (khususnya para Admin dan operator)
Pontianak | www.pa-pontianak.go.id
Jum’at, 22 Maret 2013 bertempat diruang sidang utama telah berlangsung kegiatan Monitoring Implementasi penggunaan Aplikasi Siadpa Plus pada Pengadilan Agama Kelas I-A Pontianak yang dilaksanakan oleh Tim Siadpa dari PTA Pontianak, Tim yang berjumlah 10 orang tersebut terdiri dari Drs. H.Baizar Burhan (Hakim Tinggi sekaligus Ketua Tim Siadpa PTA Pontianak), Drs. H. Masruri, SH.,MH (Hakim Tinggi), Drs. H.Arfan Muhammad, SH.,MH (Hakim Tinggi), Muchammad Jusuf, SH (Pansek PTA Pontianak), Muhammad Yusuf, SH (Wapan PTA Pontianak), Muhammad Syafe’I, S.Ag (Panmud Banding), Dra. Sufana Qomah (Panitera Pengganti), Roni Kurniawan, S.Kom (Staf IT), Hardiyanto, S.Kom (Staf IT) dan Yohana Yahdi, S.Kom (Staf IT).
Monitoring diawali dengan penyampaian oleh Drs. H.Baizar Burhan selaku ketua tim menyampaikan beberapa hal yang menjadi problema pengadilan yaitu tentang lambatnya proses penyelesaian perkara, sulitnya mencari informasi oleh pihak yang sedang berperkara, dan integritas sumber daya manusia dalam mengaplikasikan Siadpa Plus.
Setelah penyampian beberapa hal oleh Ketua Tim Siadpa PTA Pontianak, dilanjutkan oleh Muchammad Jusuf, SH (Pansek PTA Pontianak) dengan menyampaikan hal-hal yang fokus dengan implementasi penggunaan Siadpa Plus di Pengadilan Agama Kelas I-A Pontianak , khususnya kepada Admin dan Operator, yang sangat berperan dalam optimalnya data dari Aplikasi Siadpa Plus tersebut.
Jika para operator (mulai dari Meja-1 sampai ke Hakim dan Pembuatan laporan) bekerja dengan menggunakan siadpa dan tidak meninggalkan poin-poin dalam penginputan data pada aplikasi sidpa tersebut, dan jika terdapat kendala dalam penggunaan aplikasi tersebut baru peran dari seorang Admin dibutuhkan untuk memperbaiki hal-hal yang diperlukan dengan tetap didampingi oleh operator yang mengerti tentang hal apa yang diinginkannya sehingga aplikasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan kita.
Tampak beberapa pegawai sedang menyampaikan informasi tentang penggunaan aplikasi siadpa di PA Pontianak
Setelah itu acara dilanjutkan dengan Dialog atau Tanya jawab kepada para operator dan admin yang ada di PA Pontianak, dimana dalam Tanya jawab tersebut terdapat beberapa pegawai PA Pontianak yang diminta keterangan dan informasinya tentang penggunaan Aplikasi Siadpa tersebut yang antara lain yaitu Rasyid Zayyat, SH., MH (Panitera Pengganti sekaligus Admin Siadpa PA Pontianak), Novi Gunawan, S.Kom (Admin Siadpa PA Pontianak), Drs. Mahdi, SH.,MH (Hakim PA Pontianak), Jamal Kan AD (Jurusita PA Pontianak) dan Drs. H.M.Arsyad.M, SH.,MH (Wakil Ketua PA Pontianak) dan sekaligus sebagai pengarah tim IT dan Siadpa Plus menyampaikan informasi bahwa Tim Siadpa PA Pontianak telah berupaya untuk menggoptimalkan penggunaan Aplikasi Siadpa Plus tersebut dengan melakukan beberapa hal seperti melakukan evaluasi implementasi siadpa dengan pertemuan rutin tim siadpa dan juga telah memerintahkan kepada Tim Siadpa PA Pontianak untuk meluangkan waktu beberapa hari dengan tidak mengerjakan pekerjaan pokok dahulu dan agar dapat berkumpul untuk mengevaluasi aplikasi siadpa yang di gunakan di PA Pontianak dan segera menambah menu-menu dan blangko-blangko yang masih kurang.
Monitoring Tim Siadpa PTA Pontianak dimaksudkan untuk meningkatkan implementasi Siadpa kepada seluruh PA se Kalimantan Barat agar dapat menunjang penyelesaian perkara dengan baik dan memberikan informasi perkara dengan validitas data yang dapat dipertanggungjawabkan, pada akhirnya pelayanan publik semakin optimal. ( Tim IT )