PTA Pekanbaru Terus Berinovasi

Launching Portal Monitoring & Evaluasi oleh KPTA Pekanbaru (Drs. H. Alimin Patawari, SH.,MH)
Pekanbaru | www.pta-pekanbaru.go.id
Sebagai upaya pencapaian atas penggunaan Teknologi Informasi yang merupakan salah satu poin Quick Wins Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru selalu berupaya melakukan pembaharuan di segala lini kegiatan kantor yang telah mampu dijangkau dengan Teknologi Informasi oleh warga Pengadilan Agama di wilayah hukm Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru.
Di antara kebijakan yang sangat ditonjolkan adalah mewujudkan dunia kerja modern di Peradilan Agama, dunia kerja berbasis TI. Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru berusaha secara cepat menangkap dan menindaklanjuti arah kebijakan tersebut.
Setelah matang dengan penggunaan SIADPA PTA Plus, pusat layanan “One Stop Service“ dan Running Text, Touch screen (Integrated With Official Website), selain itu juga TV LCD berukuran besar digunakan untuk TV Media Centre yang menyuguhkan informasi kantor PTA Pekanbaru.
Portal Monitoring dan Evaluasi PTA Pekanbaru
Kini inovasi selanjutnya sebagai salah satu usaha Reformasi Birokrasi dan keterbukaan informasi dalam publikasi data secara elektronik, PTA Pekanbaru kembali melakukan inovasi dengan membuat Portal Monitoring dan Evaluasi memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.
Dengan adanya portal ini nantinya seluruh penilaian Pengadilan Agama yang ada di wilayah Hukum PTA Pekanbaru akan dilakukan dari sektor Kinerja Umum, Kinerja Keuangan, Kinerja Kepegawaian, Kinerja Keperkaraan dan nantinya akan diberikan urutan rangking.
Adapun kategori penilaian dari Kinerja Umum yaitu dilihat dari kelengkapan menu dan data di Website PA Sewilayah PTA Pekanbaru, sedangkan penilaian Kinerja Keuangan mengenai penyerapan anggaran DIPA program peningkatan manajemen Peradilan Agama (DIPA 04 BADILAG), penilaian dari Kinerja Kepegawaian dilihat dari kelengkapan data pegawai dan lainnya melalui aplikasi Simpeg Online yang terakhir penilaian Kinerja Keperkaraan yaitu jumlah perkara putus pada Direktori Putusan Pengadilan Agama di Lingkungan PTA Pekanbaru (Data Direktori Putusan MA, Data Rekap Manual, Presentase) dan Penilaian pelayanan publik Meja Informasi (Desk Info).
Evaluasi dan Monitoring dilakukan setiap triwulan (3 bulan sekali) oleh PTA Pekanbaru yang hasilnya akan dinilai seluruh Pengadilan Agma di wilayah hukum PTA Pekanbaru. Kemudian hasilnya dapat dilihat pada portal tersebut melalui web browser on line dengan cara mengklik link ini: http://laporan.pta-pekanbaru.go.id/ atau melalui fasilitas menu module Link yang posisinya di pojok website PTA Pekanbaru dengan nama (Portal Monitoring & Evaluasi).

Menu untuk mengakses Portal Monitoring dan Evaluasi pada website PTA Pekanbaru
Terbentuknya portal ini adalah ide KPTA Pekanbaru Drs. H. Alimin Patawari, SH.,MH yang ingin melihat terus perkembangan hasil Monitoring dan Evaluasi dari Kinerja Umum, Kinerja Keuangan, Kinerja Kepegawain dan Kinerja Keperkaraan berdasarkan peringkat Pengadilan Agama di wilayah Hukum PTA Pekanbaru tiap 3 bulan sekali (Triwulan).
Untuk menjawab ide itu KPTA Pekanbaru menugaskan dan mempercayakan kepada staf IT PTA Pekanbaru Januardi, S.Kom untuk membuat portal tersebut. Alhamdulillah Portal Monitoring dan Evaluasi dapat terselesaikan dengan cepat dan itu semua di dukung dengan kemauan KPTA Pekanbaru untuk memajukan IT di PTA Pekanbaru. (412RDY/ Tim Redaksi PTA Pekanbaru)