PTA Pekanbaru Gelar Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi SIKEP
Pengarahan dan membuka secara resmi oleh Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Alimin Patawari, SH., MH
Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id
Berdasarkan surat dari Kepala Biro Kepegawaian BUA MARI Nomor 88/Bua.2/07/02/2017 tentang Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi dan Kepegawaian (SIKEP) tanggal 20 Februari, maka PTA Pekanbaru melaksanakan kegiatan tersebut yang berlangsung di Aula Utama PTA Pekanbaru, tanggal 23 s.d 24 Februari 2017. Kegiatan ini diikuti oleh admin dan operator SIKEP dari PA Sewilayah hukum PTA Pekanbaru serta staf bagian kepegawaian dan TI PTA Pekanbaru.
Sebelum kegiatan dimulai, Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Alimin Patawari, SH., MH memberikan pengarahan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama dua hari.
Dalam pengarahannya beliau mengingatkan bahwa dari pelaksanaan kegiatan ini ada maksud dan tujuan yang ingin dicapai, yakni operator dapat menyediakan informasi SIKEP yang akurat dan update. Bahwa operator harus meningkatkan SDM dan pengetahuannya dalam pelaksanaan tugasnya, sehingga memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dan kendala yang ditemui pada aplikasi SIKEP selama ini.
Narasumber Agus Sudarmanto, S.Kom (kiri) dan Indra Sandakilla, ST (kanan) sedang memaparkan mengenai SIKEP
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan operator dapat memanfaatkan waktu yang tersedia dengan sebaiknya untuk membekali diri dengan pengetahuan sebanyak-banyaknya dan mengikuti sosialisasi ini dengan serius dan penuh semangat, sehingga membawa hasil untuk diterapkan di Pengadilan Agama masing-masing. Kedepannya diharapakan operator dapat lebih paham lagi dalam melakukan update/ peremajaan data SIKEP sehingga tidak ada alasan lagi operator tidak melakukan update data dan tidak ditemui lagi kekeliruan dalam menginput data.
Selesai penyampaian pengarahan kepada peserta yang hadir, Ketua PTA Pekanbarau Dr. H. Alimin Patawari, SH., MH membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi Kepegawaian PA Sewilayah Hukum PTA Pekanbaru.
Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber Agus Sudarmanto, S.Kom (Kasubag Data Pegawai Biro Kepegawaian MA RI). Beliau memaparkan mengenai segala hal yang berkaitan mengenai SIKEP mulai dari lahirnya aplikasi SIKEP, dasar penerapan aplikasi SIKEP, data-data apa saja yang harus diinput didalamnya, pemanfaatan dari data SIKEP, pentingnya peremajaan dan keakuratan data yang ditampilkan dalam SIKEP.
SIKEP juga diintegrasikan dengan kementerian lain yakni Kementerian Sekretaris Negara (data pejabat negara), Kemenpan RB (jumlah kebutuhan pegawai dan LHKSN), BKN (berkaitan dengan KPO dan dan aplikasi lainnya di BKN), KPK (LHKPN). Kedepannya SIKEP akan terus dikembangkan untuk dapat diintegrasikan ke aplikasi lainnya yang bersifat internal di Mahkamah Agung RI yakni seperti Komdanas, SIMARI dan SIPP.
Selama pemaparannya, narasumber juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan mengenai kendala dalam update data SIKEP dan masukan untuk pengembangan SIKEP kedepannya. Pemaparan kemudian dilanjutkan oleh Narasumber Indra Sandakilla, ST (Staf Biro Kepegawaian MA RI), yang memaparkan lebih rinci mengenai penginputan data di SIKEP.
Peserta Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi SIKEP
Dengan adanya kegiatan ini, maka kedepannya diharapkan tidak ditemui lagi kendala-kendala bagi operator dalam melakukan input data SIKEP. Sehingga seluruh data yang harus diinputkan dapat tampil 100%. (redaksi/ izur; foto/ hendra)