Pelatihan SIPP di PA Tanjung Balai Karimun
Mohammad Ihsan, S.H.I. sedang menjelaskan tatacara pengisian data di aplikasi SIPP melalui layar proyektor. Pelatihan ini dihadiri oleh user yang terdaftar di aplikasi tersebut dari mulai Ketua, Hakim, Panitera, Panmud, Panitera Pengganti hingga Jurusita.
Tanjung Balai Karimun | pa-tbkarimun.go.id
Salah salatu reformasi teknologi informasi di tubuh Mahkamah Agung adalah adanya aplikasi Sistem Informasi Penulusuran Perkara (SIPP) yang dengannya masyarakat bisa dengan mudah mencari informasi perkara yang dibutuhkan.
SIPP yang merupakan transformasi dari CTS awalnya hanya digunakan di lingkungan badan peradilan umum, akan tetapi semenjak awal tahun 2016 ini SIPP diberlakukan untuk semua badan peradilan yang ada di bawah Mahkamah Agung dari Mulai Peradilan Umum, Agama, Militer hingga Tata Usaha Negara.
Di Peradilan Agama sendiri awalnya ada aplikasi perkara yang berbasis online yakni SIADPA sehingga dengan adanya SIPP ini kelak SIADPA sudah tidak bisa digunakan lagi karena semua penginputan data harus disinkronkan di SIPP sehingga Mahkamah Agung lebih mudah memantau jalannya alur perkara.
Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun sendiri SIPP sudah berjalan dan dikelola oleh admin, Mohammad Ihsan, S.H.I., dengan cukup baik. Namun sistem kerja SIPP ini tidak dibebankan semuanya ke Admin, masing-masing bidang memiliki akun dan juga tupoksinya dari mulai Ketua hingga Jurusita semuanya harus ikut berperan aktif dalam melakukan pengisian.
Untuk itu di mulai pada hari Kamis 09 Juni 2016 diadakan pelatihan secara berkala, pelatihan ini tidak bisa di lakukan dalam waktu sehari, mengingat kemampuan SDM yang kebanyakan sudah berusia tua sehingga Ihsan, panggilan Mohammad Ihsan, harus dengan sabar dan telaten memberikan pelajaran. “Memberi pelajarannya harus diulang-ulang jangan cukup sekali” ujar KPA sebelum memulai pelatihan.
Untuk memotifasi para bawahannya Pak KPA mengingatkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk dipelajari “ilmu menghilang aja bisa dipelajari ko” ujarnya, sehingga beliau meminta kepada seluruh peserta yang terlibat untuk semangat belajar mengingat SIPP ini sangat penting jangan sampai ada kekeliruan dalam mengisi data.
Ihsan sebagai staf IT yang menjadi mentor juga mengingatkan bahwa dari SIPP ini pusat juga bisa memantau kinerja para user, sehingga akan ketahuan mana yang aktif mana yang tidak “bisa jadi ini juga akan berpengaruh pada TPM” ucapnya berseloroh.
elaksanaan pelatihan ini dimulai dari pukul 09.30 WIB hingga menjelang Shalat Dzuhur, diawal pelatihan banyak yang merasa begitu kesulitan satu persatu kemudian diberikan arahan oleh Ihsan dari mulai User Id yang dipegang Ketua hingga Kasir. Dalam pelatihan ini Ihsan terlebih dahulu memberikan penjelasan secara global supaya para User memiliki gambaran, kemudian diperjelas secara terperinci yang salah satunya adalah melalui tanya jawab.
Rencanaya pelatihan ini juga akan berlanjut dihari hari selanjutnya sehingga harapannya User semakin menguasai materi dengan baik. Hal ini juga ditegaskan oleh KPA supaya untuk terus maju pantang mundur dalam mempelajari aplikasi SIPP. (denanggia)