Panietera Pengganti PA Masohi Sosialisasikan Hasil Bintek
Dari kiri Sitti Sarifah, S.Ag (panitera pengganti), menyampaikan hasil Bintek, didampingi Waka PA Masohi dan KPA Masohi
Masohi | pa-masohi.go.id
Berdasarkan Surat Plh. Kapusdiklat Teknis Peradilan Balitbang Diklat Kumdil MA.RI No. : 374/BLD/S/IV/2013 beberapa waktu lalu, salah satu panitera pengganti PA Masohi yaitu Sitti Sarifah, S.Ag telah mengikuti pendidikan dan pelatihan panitera pengganti.
Oleh karena itu, pada hari Selasa (07/05/13) sekitar pkl. 09.00 WIT, PA Masohi mengadakan sosialisasi hasil bimtek tersebut dengan dipimpin oleh Ketua PA Masohi, Drs. Mursidin, MH; Wakil Ketua, Drs. Rahmat sebagai moderator dan diikuti oleh para hakim, pansek, wapan, para panmud, para panitera pengganti dan para staf pada divisi kepaniteraan.
Tema yang akan disajikan pada sosialisasi ini yaitu mengenai Berita Acara Sidang (BAS) dan Minutasi. Beliau menjelaskan mengenai tugas pokok panitera pengganti, cara pembuatan berita acara, format BAS, teknik penyusunan BAS serta penjelasan BAS dan minutasi.
Dalam Bimtek itu pula terdapat hal-hal baru mengenai format BAS, seperti susunan majelis termasuk didalamnya panitera pengganti, ada 7 point tentang penulisan identitas para pihak yaitu nama, umur/tanggal lahir, agama, pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal/kediaman.
Nama para pihak memakai huruf kapital, penulisan nama ketua majelis dan panitera pengganti pada kaki BAS menggunakan huruf kapital semua atau awalnya saja. Penjelasan yang disampaikan oleh penyaji sangat jelas dan terperinci, sehingga para peserta sosialisasi bisa menggunakan pedoman tersebut dalam pembuatan berita acara.
Hakim, Pejabat, dan Pegawai PA Masohi mengikuti kegiatan sosialisasi
Sesi tanya jawab dibuka dengan beberapa pertanyaan diantaranya mengenai tugas pokok panitera pengganti, identitas para pihak yang tidak lengkap dan mengenai minutasi.
Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan jelas, baik oleh penyaji maupun oleh KPA dan Wakil Ketua PA Masohi. Semoga sosialisasi ini dapat menjadi bahan rujukan agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar. (Lia Rosa, SH/Tim IT)