logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on .

PA Wonosari Dilibatkan dalam Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN

Wonosari | www.pa-wonosari.net

Selasa (22/01/2013), di Hotel Arjuna Yogyakarta, digelar acara bertajuk “Kegiatan Pendampingan dan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Semester II Tahun 2012 pada empat Lingkungan Peradilan Se-DIY”.

Acara ini dikuti oleh operator Sakpa dan operator Simak dari seluruh peradilan di wilayah DI Yogyakarta. PA Wonosari mengirim wakilnya, yaitu Debi Anggita MS,SE selaku operator Sakpa dan Anwar Udhi SP,S.Kom selaku operator Simak.

Acara yang  diadakan selama tiga hari (22-24/1/2013) ini dalam pembukaannya dihadiri KPTA Yogyakarta, KPT Yogyakarta, Waka PTA Yogyakarta dan Panintera/Sekretaris PT Yogyakarta. Karyarini Fatonah, SH.,MM selaku Ketua Panitia kegiatan ini dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang untuk para tamu undangan dan peserta kegiatan.

Masih dalam laporannya, beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan berbagai perkembangan peraturan dan kebijakan yang berhubungan dengan pelaporan laporan keuangan kementerian/lembaga.

Tujuan yang kedua adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM dalam pengelolaan keuangan dan BMN  dalam mendukung pencapaian akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Sedangkan tujuan ketiganya adalah untuk membangun akuntablitas kinerja pengelolaan keuangan dan BMN guna medorong mewujudkan good public governance. Dan tujuan keempat adalah untuk mewujudkan laporan keuangan yang akuntabel dan auditabel guna mencapai predikat laporan keuangan yang wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Dalam kegiatan ini sebagai narasumber adalah dari BPKP Yogyakarta, Kanwil  Perbendaharaan DI. Yogyakarta dan Dirjen Kekayaan Negara Semarang” lanjut beliau.

Di akhir laporannya, Karyarini Fatonah, SH.,MM mengucapkan terima kasih kepada operator Sakpa dan Operator Simak yang mana dari merakalah yang bekerja dan berusaha dengan tekun dan teliti sehingga laporan keuangan untuk wilayah DI. Yogyakarta dapat terwujud tanpa ada temuan sampai akhir semester 2 kali ini.

Sementara itu KPTA Yogyakarta, Drs. H. Ahmad Syarhuddin, SH.,MH dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas untuk KPT Yogyakarta yaitu Sugeng Achmad Judhi, SH yang mulai menjabat sebagai Ketua PT Yogyakarta tanggal 27 Desember 2012. Selanjutnya beliau menyampaikan pentingnya POAC (Planing, Organizing, Actuating, Controling) dalam suatu organisasi.

Beliau melanjukan bawah agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja maka dibutuhkan pengontrolan. Baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi hingga audit.

Kata-kata tersebut memang memiliki makna yang berbeda, tapi yang terpenting adalah bagaimana sejak dini dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pengorganisasian. Sehingga dengan hal tersebut dapat segera dilakukan koreksi, antisipasi dan penyesuaian-penyesuaian sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan zaman.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kami ucapkan kepada seluruh operator Sakpa dan operator Simak seluruh peradilan di wilayah DI. Yogyakarta atas curahan waktu, tenaga dan pikiran dalam menyusun laporan keuangan dan BMN sehingga menghasilkan laporan yang akurat,akuntabel dan auditabel” tutup beliau.

Acara kemudian dilanjutkan pendampingan dari Kanwil Perbendaharaan DI. Yogyakarta dan dari DJKN Semarang sampai dengan pukul 22:00 WIB. Hari kedua kegiatan dilanjutkan tepat pukul 08:00 WIB dengan narasumber dari BPKP Yogyakarta. Pola kegiatan kali ini adalah pendampingan dan konsolidasi secara langsung per satuan kerja. Pengecekan laporan keuangan dan BMN dilakukan mulai dari peraturan-peraturan yang digunakan hingga sampai pada rincian laporan keuangan dan rincian laporan BMN.

Harapan kami sebagai peserta kegiatan adalah bahwa laporan keuangan dan laporan BMN yang kami susun akuntabel, auditabel dan memenuhi opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian. Amin..amin…amin…Ya Robb…..

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice