logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on .

PA Tanjung Balai Karimun Ikuti Penyusunan Program dan Anggaran Tahun  2014 di Pekanbaru

Tg. Balai Karimun | pa-tbkarimun.go.id

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Nomor.W4-A/833/KU.01.1/V/2013, tanggal  20 Mei 2013, Perihal Penyusunan Program dan Anggaran Tahun 2014. KPA  Tg. Balai Karimun Drs. H. Usman, SH., MH,  memerintahkan kepada Pansek PA.  Tg. Balai Karimun Mukti Ali, S. Ag., MH, Wakil Sekretaris  Azimul, SH, Kaur Keuangan Asneli Sagita, S. Ag dan Samsul Fajar, A.M.d (Operator RKA-KL),  dengan  surat tugas Nomor W4-A10/580/KU.01.1/V/2013 tanggal 24 Mei 2013, untuk mengikuti kegiatan penyusunan Program  dan Anggaran Tahun 2014 bertempat di Hotel Mutia Merdeka  – Pekanbaru;

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (27 s/d 29 Mei 2013) dengan tema “Konsultasi dan Koordinasi  Penyusunan Program dan Anggaran Tahun 2014”. diselenggarakan oleh Panitia Gabungan PTA Pekanbaru dan PT Pekanbaru. Peserta terdiri dari Pansek, Wasek, Kasubbag Keuangan dan Operator RKA-KL yang berasal dari PT, PTA, PN, PA dan PTUN di wilayah Propinsi Riau dan Kepulauan Riau.

Sebelum mengikuti kegiatan, KPA Tanjung Balai Karimun  Drs. H. Usman, SH., MH, menitipkan pesan dan harapan, supaya memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, untuk mengikuti kegiatan tersebut, harapan beliau dengan mengikuti penyusunan program dan anggaran  Tahun 2014, PA Tg. Balai Karimun hendaknya  terpenuhi sarana dan prasarana yang tetap sasaran, yang benar-benar  dibutuhkan dengan skala prioritas dan  tertuang   dalam RKA-KL  Tahun 2014 terutama pada  pengadaan terali dan gorden.

Pembukaan Kegiatan

Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan Senin (27/05) pukul 20.00 WIB. Hadir dalam pembukaan tersebut Tim dari Mahkamah Agung yang dipimpin oleh Sekretaris Dirjen Badilum MARI, Mugyana Sukandar, SH, KPT Pekanbaru DR. Nommy H.T, Siahaan, SH.,MH, Panitera/Sekretaris PTA Pekanbaru Drs. Syafruddin dan Panitera/Sekretaris PT Pekanbaru.

Acara pembukaan diawali dengan laporan Wakil Sekretaris PTA Pekanbaru Drs. Jumaani Sholeh selaku ketua panitia. Kemudian sambutan dari KPT Pekanbaru DR. Nommy H.T, Siahaan, SH.,MH.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat kepada para peserta dan mengharapkan agar dalam acara yang dipandu oleh Tim dari Mahkamah Agung RI ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan anggaran masing-masing satker.

Tampak peserta dengan seksama mendengarkan  pengarahan dari Sekretaris Dirjen Badilum MARI, Mugyana Sukandar, SE

Selanjutnya Sambutan oleh Sekretaris Dirjen Badilum MARI, Mugyana Sukandar, SH.  sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam  sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari perwujudan Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI sekaligus menjelaskan hal-hal pokok kenapa Mahkamah Agung melakukan kegiatan semacam ini untuk mengejar penilaian WTP (wajar tanpa pengecualian).

Beliau juga berharap semoga kegiatan ini sebagai langkah awal untuk maju, lebih akuntabel, sistematis dalam penyusunan anggaran yang tepat sasaran ”inti dari kegiatan ini adalah menganggarkan sesuai kebutuhan prioritas tetapi tetap disesuaikan dengan Pagu Mahkamah Agung RI” ungkap Dirjen Badilum sambil kemudian membuka acara tersebut secara resmi.

Acara Pembukaan kegiatan ditutup dengan pembacaan doa oleh salah seorang peserta dari Pengadilan Negeri Moh Nur, SE., MM.

Penyampaian Materi.

Keesokan harinya (28/05/13)  dilanjutkan dengan penyempaian materi secara global oleh Ibrahim, SH., MH, materi  yang disampaikan adalah: Kebijakan PT/PTA/PTTUN/Militer, Kebijakan Pengawasan Anggaran, Sosialisasi RKA-KL Tahun 2014, Penjelasan Penyusunan dan Acuan Kerangka Kerja dan RAB (Rincian Anggaran Biaya), Penjelasan Revisi, Kebijakan dan Penjelasan Penyusunan Anggaran Tahun 2014.

Dalam  kesempatan itu juga dijelaskan bahwa  tahun 2014, untuk anggaran  pos bantuan hukum (POSBAKUM) dianggarkan kembali,  namun tidak semua Pengadilan  Agama yang mendapatkan anggaran Posbakum tersebut.“ujar nara sumber dari Dirjen Badilag dalam penyampaian materinya.

Proses penyusunan program  dan  anggaran tahun 2014 berjalan dengan lancar, semuanya bisa diselesaikan dengan baik karena sudah ada acuan atau standart yang telah disiapkan oleh panitia.

Gambar dari kiri secara berurutan: Asneli Sagita, S. Ag (Kaur Keuangan), Samsul Fajar, A. Md (Operator RKA-KL) Azimul, SH (Wasek), dan Mukti Ali, S. Ag., MH (Pansek)

Penutupan Kegiatan

Pada acara penutupan, diawali laporan oleh Kasubag Keuangan PTA Pekanbaru  Saiful Anwar, SE, SH., MH selaku Panitia. Mengawali laporannya beliau menyampaikan   kondisi pelaksanaan  selama kegiatan berlangsung,  telah berjalan  sesuai dengan yang diharapkan, berjalan dengan lancar,  segala permasalahan dalam penyusunan anggaran  sudah  teratasi dan telah selesai dilaksanakan.

WKPTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan semoga selama 2 (dua) hari  telah dibekali dengan ilmu yang dipandu oleh Tim dari Mahkamah Agung RI ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan anggaran masing-masing satker.

“Perencanaan yang disusun ini  hanya tahap awal artinya masih ada tahap lanjutan, kita ingin  banyak, tetapi kita tergantung pada anggaran”ujar WKPTA Pekanbaru .

“Penerapan perinsip efesiensi dari segi waktu dan biaya sangat diutamakan, begitu juga penyusunanan anggaran, di era sekarang ini mengandung perinsip usulan satker dari bawah perlu diperhatikan, dan tidak memaksakan kemauan dari atas, hanya saja usulan tersebut tentunya disesuaikan  kemampuan anggaran” Ujar WKPTA  dalam penyampaiannya yang sistematis, sejuk, tenang  dan bersahaja;

“Karena ini penyusunan  tahap awal tentunya ada tahap berikutnya. ini artinya setelah  kembali ke masing-masing satker tetap menyiapkan data pendukung,  dan sekembali  dari  kegiatan ini komunikasikan langsung kepada pimpinan” pungkas  WKPTA yang dulunya pernah menjadi Pansek PTA Bandung;

Kemudian acara ditutup  oleh Sekretaris Dirjen Badilum MARI, Mugyana Sukandar. Dalam  sambutannya beliau menyampaikan bahwa  dengan selesainya kegiatan penyusunan anggaran ini hendaknya setiap satker tidak lagi mengalami berbagai permasalahan.  Sistem anggaran haruslah benar-benar kuat sehingga membantu tim untuk menyampaikan usulan rencana program dan anggaran yang akan memberikan dampak positif seperti apa yang kita harap dan rencanakan.

Kemudian Acara ditutup dengan do’a  yang dipandu  oleh Pansek PA Tg. Balai Karimun Mukti Ali, S. Ag., MH

Gambar Penyerahan Hasil Penyusunan Program dan  Anggaran Tahun 2014  oleh perwakilan  kepada  Mugyana Sukandar, SH.  (Ketua Tim dari MARI)

Pagu Indikatif  2014 PA. Tg. Balai Karimun.

Untuk pagu Indikatif  2014,  dalam satuan kerja dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, terjadi penurunan yang signifikan  dari yang telah diusulkan.  Khusus untuk satuan kerja  Pengadilan Agama Tg. Balai Karimun pagu indikatif  2014  yang telah ditetapkan oleh PTA Pekanbaru sebagai berikut:

1.Dipa Bua (Dipa 01). Dukungan Manajemen  dan Pelaksanaan Tugas Teknis  pada belanja Pegawai (setelah menyesuaikan dengan  perubahan gaji hakim) sebesar Rp. 2.705.711.000,- (dua milyar tujuh ratus lima juta tujuh ratus sebelas ribu rupiah),  pada belanja barang ((Operasional (002) sebesar  Rp. 329.175.000,- (tiga ratus dua puluh sembilan ribu  seratus tujuh puluh lima ribu rupiah), Non Operasional (011) sebesar Rp. 124.460.000,- (seratus dua puluh empat juta empat ratus enam puluh ribu rupiah)), peningkatan sarana dan prasarana  belanja modal (0).

2.Dipa Ditjen  Badilag (Dipa 004),  Peningkatan Manajemen Ditjen Badilag sebesar Rp. 66.411.000,- (enam puluh enam juta empat ratus sebelas ribu rupiah);

Kebutuhan dengan Skala Prioritas

Pengadilan  Agama Tanjung Balai Karimun, dengan  kantor yang begitu megah dan sudah prototive Mahkamah Agung RI, saat ini ada  beberapa sarana dan prasarana  yang sangat dibutuhkan  dengan skala prioritas  terutama pada pengadaan gorden dan terali yang saat ini belum ada pada kantor Pengadilan Agama Tg. Balai Karimun, kedua sarana ini  tentunya belum bisa dianggarkan  pada belanja modal, mengingat pada tahun 2014 untuk anggaran belanja modal belum dialokasikan, padahal kedua sarana  dan prasarana tersebut sangat dibutuhkan sekali… (MA/Tim Redaksi  PA TBK)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice