PA Sampit Gelar DDTK 3S Untuk Petugas PTSP

Sampit | www.pa-sampit.go.id
Untuk lebih meningkatkan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat pencari keadilan, khususnya untuk lebih dapat menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa) di bagian pelayanan Pengadilan Agama Sampit, maka pada hari Jum’at 16 Agustus 2019 pukul 15.00 WIB, bertempat di Ruang PTSP Pengadilan Agama Sampit dilaksanakan DDTK untuk para Petugas PTSP yang bertugas di ruang tersebut.
Adapun yang menjadi Trainer pada kegiatan tersebut adalah Linda Arianti, S.Pi. ASN Pengadilan Agama Sampit, yang ternyata dulunya pernah mempunyai pengalaman kerja selama 6 tahun sebagai Kasir/Teller pada Trio Motor Sampit, dan pernah mengikuti training tentang hal-hal yang terkait dengan pelayanan.
Menurut Linda, ada 6 Tips Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan, yaitu: Tersedia pada waktu yang tepat, menyapa pelanggan dengan cara yang bersahabat tapi tepat, muncul saat ingin membantu, bantu pelanggan dengan langsung menangani permintaan pelanggan/memecahkan masalah pelanggan, jadilah ceria dan sopan serta hormat sepanjang interaksi customer service, tutup interaksi layanan pelanggan dengan tepat.
DDTK dilaksanakan dengan cara praktek langsung oleh Petugas PTSP bagaimana tips menghadapi pelanggan dalam hal ini para pihak pencari keadilan, jadi ada yang berperan sebagai para pihak. Yang utama dari pelayanan adalah terlebih dahulu “Senyum” dengan tulus, sebagaimana menurut seorang Motivator Djajendra “Senyum dalam pelayanan harus bersumber dari hati yang tulus untuk memberikan pelayanan sepenuh hati.”
Sebuah pelayanan tanpa senyum menjadikan pelayanan itu kehilangan makna. Senyum adalah bahasa universal; senyum adalah alat komunikasi yang paling menyatukan hati; senyum adalah kekuatan yang sangat menentukan keberhasilan sebuah pelayanan.
Semoga dengan adanya DDTK ini pelayanan publik Pengadilan Agama Sampit dapat lebih meningkat lagi. (Tim Redaksi PA Sampit)