PA Manna Gelar DDTK “Service Excellent” Bersama Bank Syariah Indonesia : Tingkatkan Kompetensi Petugas Layanan
Manna, 29 April 2025 – Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, Pengadilan Agama Manna menyelenggarakan kegiatan Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) dengan tema Service Excellent, bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), pada hari Selasa, 29 April 2025 pukul 14.00 WIB di Aula Utama PA Manna.
Kegiatan ini diikuti oleh Pimpinan, Pegawai, serta Petugas Layanan PA Manna. Hadir sebagai narasumber dari BSI KCP Bengkulu Ampera Manna, yaitu Tri Putriana selaku Branch Manager (BM), bersama dua Service Frontliner (SF), Syafia Putri dan Lilis Karlina.
Acara dibuka oleh Master of Ceremony (MC) Uzdah Luthfiyah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PA Manna yang menekankan pentingnya penguatan pelayanan publik berbasis profesionalisme dan keramahan. Beliau menyampaikan bahwa kualitas layanan bukan hanya diukur dari kecepatan, tetapi juga dari sikap petugas dalam melayani masyarakat.
Selanjutnya, perwakilan dari BSI menyampaikan materi mengenai Service Excellent yang telah diterapkan sebelumnya di lingkungan BSI, termasuk pengenalan konsep Service Ultimate, yaitu pelayanan yang diberikan secara total dengan hati, serta pentingnya Personal Grooming atau penampilan dan etika sebagai elemen penting dalam membangun kesan pertama yang positif bagi pengguna layanan yang saat ini sedang diterapkan oleh BSI.
Salah satu sesi penting dalam kegiatan ini adalah adanya praktik langsung Pelayanan Prima yang difokuskan kepada petugas layanan PA Manna. Dalam sesi ini, peserta diajak untuk melakukan simulasi interaksi layanan, belajar menghadapi berbagai tipe pengguna layanan, serta menerapkan teknik komunikasi yang sopan, efektif, dan solutif.
Kegiatan berlangsung dengan antusias dan interaktif, serta diakhiri dengan penutupan yang diisi dengan refleksi dan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas layanan di lingkungan PA Manna.
Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan petugas layanan PA Manna semakin siap dan sigap dalam memberikan pelayanan yang optimal, berintegritas, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat pencari keadilan.