PA Kandangan Gelar Rakor dan Sosialisasi Pembinaan Sekretaris MA

Tampak ditengah pada foto : KPA Kandangan (Drs.H.Nana Supiana,M.H) sedang menyampaikan paparan dan arahan beliau pada rapat koordinasi sekaligus sosialisasi pembinaan bidang perencanaan,pembangungan,keuangan dan asset MARI
Kandangan | pa-kandangan.pta-banjarmasin.go.id.
Pengadilan Agama Kandangan kembali menggelar rapat koordinasi bidang kepaniteraan dan kesekretariatan sekaligus sosialisasi atau penyampaian hasil pembinaan bidang perencanaan,pembangunan,keuangan dan aset oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI beserta jajarannya beberapa waktu yang lalu di Hotel Rattan In Banjarmasin.
Rapat koordinasi dan sosialisasi ini dilaksanakan pada jam 09.30 wita, hari Kamis, 21/3/2013, lalu yang bertempat diruang sidang utama PA Kandangan. Dihadiri oleh para hakim, pejabat struktural dan fungsional serta staf pegawai maupun honorer PA Kandangan.
Acara yang dipimpin oleh Ketua PA Kandangan ini dimulai dengan pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Pansek PA Kandangan (Drs.M.Padelan) dan oleh Hakim PA Kandangan (Drs.H.Ahmad Guzali) serta terakhir arahan dari Ketua PA Kandangan (Drs.H.Nana Supiana,MH) yang menyampaikan beberapa hal dianggap penting dan perlu mendapat perhatian dari seluruh Pegawai PA Kandangan diantaranya :
- Bahwa remunerasi bagi non hakim akan segera ada peningkatan yang cukup signifikan karena sudah disusun dan disetujui oleh Pimpinan MA, Menteri Keuangan dan Menteri Perekonomian namun masih menunggu persetujuan DPR dan tanda tangan dari Presiden. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh PNS untuk selalu berdo’a agar segera terealisasi dengan dibarengi kinerja kita yang sungguh-sunggung dalam bekerja dan melayani masyarakat;
- Bahwa sehubungan dengan telah terbitnya PP 94/2012 dan telah cairnya tunjangan jabatan bagi Hakim,Mahkamah Agung sudah menerima laporan atau pengaduan dari masyarakat yang pada intinya mensinyalir adanya oknum-oknum hakim di pengadilan tertentu yang disiplin maupun kinerjanya menurun seperti masuk/datang telat maupun pulang cepat dari jadwal kerja kantor yang telah ditetapkan dan agar hal ini jangan sampai terjadi di PA Kandangan serta harus dihindari;
- Agar selalu menjaga kebersihan kantor dan lingkungan sekitar terutama terhadap area publik seperti di toilet/wc, ruang tunggu sidang, lobby utama maupun tiap ruangan kerja. Berdayakanlah tenaga cleaning servis yang ada sebagaimana mestinya, jangan sampai area pelayanan publik terlihat kotor dan tidak enak dipandang oleh mata kita;
- Bagi pegawai yang melaksanakan ibadah haji ataupun umrah agar mengambil cuti besar sebagaimana peraturan yang berlaku jangan mengambil cuti alasan penting ataupun cuti tahunan hanya demi untuk mendapatkan tunjangan kinerja atau potongan kinerja yang sedikit;
- RKAKL yang disusun benar-benar direncakan dengan baik,transparan dan matang sehingga jelas baik input, output maupun outcomenya jangan asal buat dan asal jadi;
- Penyerapan anggaran agar lebih ditingkatkan jangan sampai diakhir tahun baru dikebut yang akhirnya tidak terserap dengan baik yang berakibat dana DIPA kembali ke kas negara terutama untuk penyerapan anggaran sidang keliling, prodeo dan bantuan hukum yang merupakan program unggulan Ditjend Badilag yaitu “ Justice For All ” ;
- Untuk Lakip,SKI atau SOP dan Siadpa Plus agar benar-benar dijalankan dan dilaksanakan dengan baik didalam membantu kemudahan bekerja dan jika ada masalah segera koordinasi dengan atasan langsung atau pimpinan;
- Sehubungan dengan SIMAK BMN agar seluruh aset tanah dan bangunan yang belum bersertifikat segera diselesaikan dan lakukan balik nama atas nama Pemerintah Republik Indonesia Cq. Mahkamah Agung RI, apabila ada asset negara yang sudah hilang atau tidak ditemukan lagi barangnya maupun rusak berat agar segera dilakukan penghapusan barang negara sesuai dengan peraturan yang berlaku;
- Bagi seluruh Hakim dan pegawai harus meng-update simpeg online masing-masing yang bersangkutan dikarenakan mulai Oktober 2013 nanti Ditjend Badilagakan melaksanakan usul-usulan kepegawaian secara paperless dan jika ada kendala agar segera berhubungan dengan Kaur kepegawaian atau admin simpeg satker yang bersangkutan;
- Hendaknya kita melakukan gerakan perubahan dalam rangka reformasi birokrasi terutama terhadap 3 hal berikut yaitu Perilaku dan Pola Pikir serta Budaya Kerja yang saling terkait satu sama lainnya dan harus segera dimulai dari diri kita sendiri;
- Agar ditiap satker diadakan kegiatan rutin yang bersifat ilmiah seperti seminar atau bedah berkas perkara terutama untuk para hakim maupun bagian kepaniteraan dan diantara hakim diharapkan agar lebih profesional utamanya memiliki keahlian khusus diatas rata-rata baik itu adanya hakim yang ahli dibidang hukum waris keluarga atau ahli ilmu falak maupun keahlian dibidang hukum lainnya;
- Program kerja dan renstra yang sudah disusun, agar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan baik oleh seluruh pegawai PA Kandangan;
- Agar diusahakan sisa perkara yang belum putus tahun sebelumnya dikikis atau diselesaikan dengan segera jangan sampai menumpuk kembali diakhir tahun berikutnya, kalau memang diperlukan kita bisa menambah frekwensi atau jadwal persidangan baru;
- Rumah dinas negara yang dimiliki oleh satker agar segera didaftarkan kepada Dinas Pekerjaan Umum (Bagian Cipta Karya ) Pemkab setempat ;
- Berdasarkan Surat Dirjen Badilag No. 0335/DJA/HM.00/II/2013, tanggal 25 Februari 2013, semua pelaporan perkara, baik bulanan, triwulan, semester maupun tahunan, sejak Januari 2013, untuk Ditjen Badilag harus dilaporkan melalui dan dengan meng-upload database Siadpa Plus PA Kandangan ke portal infoperkara.badilag.net. Ditjen Badilag tidak lagi menerima laporan perkara dalam bentuk hard-copy/print-out, kecuali untuk PTA Banjarmasin dan arsip satker bersangkutan;
- Selalu lakukan koordinasi dan kerjasama yang baik diantara bagian kesekretariatan dengan bagian kepaniteraan dan bekerjalah dengan sungguh-sungguh disertai niat yang benar-benar tulus dan ikhlas dalam mengabdi kepada bangsa, negara dan masyarakat;
Tampak seluruh pegawai PA Kandangan mengikuti rakor sekaligus sosialisai dengan serius tapi santai
Acara rapat koordinasi sekaligus sosialisasi ini berakhir sekitar jam 12.00 wita setelah lebih kurang 2 ½ jam berlangsung dengan diakhiri pembacaan do’a, semoga rapat kali ini berguna dan dapat segera ditindaklanjuti oleh seluruh pegawai dalam rangka peningkatan kinerja individu maupun satker PA Kandangan secara keseluruhan dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat pencari keadilan menuju terwujudnya badan peradilan yang modern, agung dan berwibawa.