Optimalkan Pelayanan Prima, Pengadilan Agama Barru Gelar DDTK Pelayanan Publik
Jumat 21 Januari 2022, guna mengoptimalkan pelayanan yang prima kepada masyarakat, Pengadilan Agama Barru gelar Diklat di Tempat Kerja (DDTK) Peningkatan Pelayanan Publik. Pelatihan yang dilangsungkan di Ruang Sidang Cakra ini diikuti oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Barru.
Mengusung tema "Konsistensi Pelayanan Publik dengan Implementasi 5S", pelatihan ini menghadirkan Hj. Rahmiati, S.Ag., seorang pendidik, dan Hakim Pengadilan Agama Barru, Y.M., Muh Rijal Maggaukang, S.H.I., M.H.I., sebagai keynote speaker. Seperti kita ketahui, 5S atau Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun telah membudaya dalam proses pemberian layanan kepada masyarakat. Implementasi 5S dalam memberikan layanan kepada publik ini menghadirkan proses layanan yang ramah, nyaman, dan kondusif bagi kedua belah pihak.
Pelatihan dimulai dengan pemberian materi oleh kedua keynote speaker. Para peserta pelatihan terlihat antusias menyimak materi yang diberikan. Pelatihan semakin menarik dengan adanya sesi tanya jawab. Dialog antara para peserta dengan keynote speaker pun berlangsung dengan interaktif.
Tak berhenti di situ, bagai sayur tanpa garam, sebuah teori tak akan lengkap tanpa adanya praktik secara langsung. Maka pada kesempatan ini dilangsungkan pula sesi simulasi dalam memberikan pelayanan kepada publik. Sesi simulasi ini diutamakan kepada para garda terdepan pelayanan Pengadilan Agama Barru yakni kepada para petugas PTSP serta resepsionis. Simulasi dilakukan untuk mengasah keterampilan para personel dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Sesi simulasi ini sekaligus menjadi penutup DDTK siang itu. (choi)