Meriah, Pekan Survey Pelayanan Menuju WBK Tahun 2024 di Arena Sidang Luar Gedung
Kemeriahan nampak pada suasana pekan survey kepuasan layanan masyarakat yang dilakukan di arena sidang luar gedung Pengadilan Agama Pacitan. Para pengguna layanan yang berjumlah sekitar 50 orang itu hadir pada sidang keliling, Senin 29 April 2024 bertempat di balai pertemuan desa Magunharjo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Hadir di antara mereka yaitu para pengacara (advokat), pihak prinsipal, saksi perkara dan pemohon layanan informasi yang secara sukarela mengisi aplikasi survey bernama SiSurti (Sistem Informasi Survey Terintegrasi).
Pekan survey dengan basis android ini sebagai lanjutan dari survey-survey rutin yang selalu dilakukan PA. Pacitan untuk merekam persepsi masyarakat terhadap layanan Pengadilan Agama Pacitan. Tiga komponen nilai yang direkam yaitu aspek layanan penyelesaian keperkaraan, layanan produk pengadilan dan permohonan informasi. Tiga segmen responden telah memberikan jawaban yang rata-rata semuanya memberikan penilaian sangat memuaskan atas layanan Pengadilan Agama Pacitan. Alhasil dalam giat pekan survey di bulan April 2024 ini diperoleh indeks nilai yang sangat memuaskan. Indeks kepuasan masyarakat (SKM) memperoleh nilai 3,95, Survey Persepsi Kepuasan Pelayanan (SPKP) dengan indeks 3,95 sementara itu Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) mencapai 3,97 yang semuanya berskala 4. Dari indeks ini diambil hasil bahwa masyarakat pengguna layanan merasa puas dengan servis pengadilan dan mengalami peningkatan pelyanan.
Menurut Ketua Pengadilan Agama Pacitan, Irman Fadly, S.Ag., M.H. survey yang dilakukan di arena sidang keliling (sidang di luar gedung) ini dimaksudkan untuk merekam secara nyata penilaian dan persepsi masyakat atas layanan yang diberikan oleh pengadilan baik layanan keperkaraan dan permohonan informasi yang ada di kantor dan layanan di luar gedung. Lebih-lebih sidang keliling di Desa Mangunharjo ini juga disedikan layanan mobil. Upaya merespon dan masukan-masukan dari masyakarat menjadi penting sebagi kegiatan perbaikan manajemen. Survey ini dimaksudkan bukan saja untuk keperluan penilaian program Zona Integritas untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK ) dan menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) juga untuk memonitor dan evaluasi layanan setiap hari.
Salah satu responden yang dihubungi redaksi website pa.pacitan.go.id yaitu Badrul Amali, S.H., M.H., yang juga seorang pengacara menyatakan bahwa berdasarkan pengalaman di banyak kantor pengadilan maka layanan Pengadilan Agama Pacitan sangat memuaskan dan berharap terus dijaga.