Mereka Dapat Menggunakan Aplikasi Mesin Antrian Sidang Tanpa Bantuan Petugas PA Pelaihari

Menggunakan masin antrian sidang lebih mudah daripada mesin ATM (Foto: Yudha).
Pelaihari I pa-pelaihari.go.id
Sebelum ada aplikasi mesin antrian sidang, para pihak berperkara yang bersidang pada hari itu harus bertemu petugas meja informasi PA Pelaihari. Mereka melaporkan maksud kedatangannya, menyebutkan nama atau nomor perkara. Selanjutnya petugas memberitaukan nomor urut sidang atau diberi nomor antrian secara manual. Petugas juga memberitaukan ruang sidang dan mengarahkan dimana ruang tunggu, Itu dulu.
Sekarang hal itu sudah tidak dijumpai lagi di PA Pelaihari. Karena dengan mudahnya pihak hanya menekan nomor perkara empat digit dan tahun perkara serta diakhiri kode G atau P maka keluarlah nomor antrian sidang. Dan itu tanpa bantuan petugas kecuali yang buta huruf. Kalaupun petugas mengarahkan itu hanya pada sidang pertama. Untuk sidang lanjutan para pihak sudah bisa melayani dirinya sendiri.
Hal itu disampaikan petugas meja informasi Bagus Ira BS kepada tim redaksi di ruang kerjanya Senin (24/8/2015). Bagus menuturkan lebih lanjut, setelah ada aplikasi mesin antrian sidang ia tidak lagi banyak memberikan pengarahan kepada para pihak dan waktunya bisa digunakan untuk mengerjakan laporan atau membuat cover majalah.
Sedangkan cara kerja mesin antrian sidang, Bagus menjelaskan bahwa mesin antrian itu dikoneksikan dengan laptop di dalam ruang sidang. Dan hal ini juga memudahkan panitera pengganti yang bersidang memanggil pihak berperkara masuk ruang sidang. Dengan menekan tombol "enter" ke aplikasi di laptop, sudah menghasilkan suara manusia dengan audio suara yang memanggil nomor antrian.
“Nomor antrian sidang sepuluh dimohon masuk ke ruang sidang dua” Kata audio suara mesin antrian.
Selain itu Informasi perihal Ruang sidang, nomor perkara dan nama para pihak yang dipanggil juga dapat dengan mudah dilihat melalui Layar LED TV di ruang tunggu karena terhubung dengan perangkat tersebut diatas.
Aplikasi antrian sidang PA Pelaihari berada di samping meja informasi sehingga memudahkan para pihak untuk mendapatkan layanan dari petugas informasi yang berjaga dan pihak berperkara yang hendak bersidang bisa tertib sesuai nomor antrian.
Kesibukan petugas meja informasi Bagus Ira BS terkurangi berkat mesin antrian sidang (Foto: Yudha).
Print out dari antrian sidang tersebut berisi data: Nomor antrian, ruang sidang, nomor perkara, nama para pihak, dan tercatat ada jam, tanggal dan hari antrian tersebut diprint out.
(Muh. Irfan Husaeni/Humas)
Berita terkait Aplikasi Mesin Antrian Sidang PA Pelaihari itu Mudah