logo web

Dipublikasikan oleh Tim IT PA Praya pada on .

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PA Praya Adakan Pelatihan Service Excellence

Praya | pa-praya.go.id

Salah satu prestasi sebuah badan peradilan terletak pada kepuasan masyarakat pencari keadilan.Tim pelayan yang menjadi garda terdepan Pengadilan yang terdiri dari petugas keamanan, resepsionis, petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan petugas POSBAKUM (Pos Bantuan Hukum).

briKPA Praya memimpin acara untuk meningkatkan kualitas pelayanan di PA Praya

Untuk meningkatkan kualitas pemberian layanan kepada para pencari keadilan, PA Praya melaksanakan Pelatihan Pelayanan Prima (Service Excellence in office training) bertempat di ruang sidang utama Kamis (19/8/2021) diikuti oleh seluruh petugas keamanan, resepsionis, petugas PTSP serta POSBAKUM. Pelatihan ini diadakan dengan mendatangkan pembicara dari Tim Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Praya.

Dipilihnya BRI sebagai mitra pemberi materidenan dasar pemikiran karena pihak BRI dirasa sudah sangat mumpuni dan telah berpengalaman dalam hal pelayanan terhadap nasabah, sehingga diharapkan pengalaman tersebut dapat ditularkan kepada petugas pelayanan di PA Praya.

Arief selaku manajer operasional Cabang BRI Praya mengatakan Service Excellence ibarat seperti sebuah mata rantai, yang sebaiknya terus mengalami perkembangan secara berkelanjutan. Peserta Pelatihan diajak berdiskusi dan mempraktikkan bagaimana cara mengucapkan salam dan memberikan informasi dengan baik. Beliau juga memberikan masukan bagaimana postur yang benar, bersikap empati, dan etika yang baik pada saat melayani masyarakat. Permainan peran (role play) pun dilakukan oleh narasumber dan peserta kegiatan agar dapat memahami dengan lebih mudah.

Meli, Customer Service dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Prayamenyampaikan bahwa "Pelayanan terbaik adalah melayani dengan hati, selalu utamakan senyum-salam-sapa, ada tiga magic word yaitu Maaf, Sapa, dan terima kasih. Selain itu juga percakapan menarik, menyesuaikan diri, menatap lawan bicara dan menjadi pendengar yang baik. Hal-hal yang tidak boleh atau dihindari dalam melayani masyarakat yaitu membicarakan gosip yang belum tentu benar dan mengharapkan imbalan atau menerima sesuatu dari masyarakat pencari keadilan, ”tutur Meli.

Syafruddin, S.Ag.,M.S.I. Ketua PA Praya pada akhir kegiatan  menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada tim dari Bank BRI KC Praya yang telah bersedia memberikan materi, tips dan trik serta role play kepada garda terdepan PA Praya.

“Poin utama dari kegiatan ini adalah menerapkan ilmu yang telah didapat dalam pelayanan sehari-hari kepada masyarakat pencari keadilan. Selain itu, budaya senyum-salam-sapa hendaknya diberikan kepada siapa saja yang ditemui, baik kepada kepada masyarakat maupun kepada sesama pegawai”tutup KPA Praya.(Tim IT PA Praya)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice