logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on .

Hatibinwasda PTA Banjarmasin Lakukan Pengawasan dan Pembinaan  di PA Marabahan

Nampak KPA, Wakil KPA serta Panitera Sekretaris PA marabahan berbincang-bincang dengan TIM Pengawas dan Pembinaan dari PTA Banjarmasin

Marabahan | pa-marabahan.pta-banjarmasin.go.id

Kunjungan Hatibinwasda PTA Banjarmasin yang terdiri dari  Drs. H. Djaelani. KH. SH,(Hakim/Koordinator) Drs.H.A.Muzakki, MH  (Hakim Tinggi/Hatibinwasda ), Hj. Nurul Latifah, S.Ag (Panitera Pengganti PTA Bjm ) dan Yulia Erliana Wulandari, SH. ( Bendahara  PTA), Helmani,A. Md, SH (Staf Kepegawaian PTA) ke PA Marabahan dimaksudkan untuk melakukan Pengawasan dan Pembinaan sebagai upaya meningkatkan profesionalitas dan memupuk integritas seluruh warga Pengadilan Agama Marabahan menuju modernisasi peradilan, yang mengutamakan  mutu pelayanan kepada para pencari keadilan, ketertiban administrasi, transparansi biaya perkara.


Dalam Pembinaannya Tim PTA Banjarmasin menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh aparat Pengadilan Agama Marabahan, meskipun tata ruang dan gedung belum maksimal  ternyata segala kegiatan yang mendukung tupoksi berjalan dengan sangat baik. Secara garis besar dalam hasil pengawasan  di PA Marabahan, dari segi kebersihan dan kerapian beliau menilai bagus dan  agar dijaga bila perlu ditingkatkan lagi.

Selain memeriksa gedung dan ruangan kantor, tim PTA Banjarmasin  juga memeriksa masalah yang ada pada administrasi kepaniteraan dan kesekretariatan, pertemuan pembinaan dan pengawasan  yang dilakukan oleh Hatibinwasda Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin di Pengadilan Agama Marabahan digelar pada Senin – Selasa ( 29-30/ 04) yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Pansek, seluruh Hakim serta segenap pejabat fungsional dan struktural berserta seluruh staf.

Ketua Pengadilan Agama Marabahan Drs. H. Bahran, MH. yang didampingi Wakil Ketua Drs Hafiz, MH dan Pansek H. Haryadi, SH dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan PTA Banjarmasin dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan mereka semoga dengan adanya kunjungan sekaligus pembinaan dan pengawasan  ini dapat meningkatkan profesionalitas serta memupuk integritas seluruh warga Pengadilan Agama Marabahan menuju modernisasi peradilan, yang mengutamakan  mutu pelayanan kepada para pencari keadilan, ketertiban administrasi, transparansi biaya perkara.

TIM PTA Banjarmasin melakukan Pengawasan dan Pembinaaan secara menyeluruh, baik di Kesekretariatan, Kepaniteraan, Manajemen Peradilan maupun Kinerja Pelayanan Publik

Hakim Tinggi  PTA Banjarmasin  Drs. H. Djaelani. KH. SH.   dalam pengarahannya kepada seluruh aparat PA Marabahan  menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh aparat Pengadilan Agama Marabahan, meskipun tata ruang dan gedung belum maksimal  ternyata segala kegiatan yang mendukung tupoksi berjalan dengan sangat baik.

Secara garis besar dalam hasil pengawasan  di PA Marabahan beliau menilai bagus dan  agar dijaga bila perlu ditingkatkan lagi. Selain memeriksa gedung dan ruangan kantor, tim PTA Banjarmasin  juga memeriksa masalah yang ada pada administrasi kepaniteraan dan kesekretariatan.

Kemudian Hakim Tinggi PTA Bjm Drs. H.A.Muzakki, MH.  mengatakan bahwa administrasi  adalah suatu proses kegiatan untuk mencapai sesuatu, usaha ini harus bersifat kerjasama sehingga akan terlihat beberapa orang dalam gerakan yang teratur, gerakannya harus bersatu padu, tertib dan terarah, tertib administrasi perkara merupakan bagian sistem peradilan yang mutlak harus dilaksanakan oleh semua aparat Peradilan Agama, adapun ciri- ciri tertib administrasi diantaranya adalah Hukum Acara dan Minutasi dilaksanakan dengan baik dan benar, demi mencapai proses pengadministrasian secara teratur dengan tujuan  pokok yakni kesamaan pola  tindak atau  legal opinion unification.

Acara Ekspose di ruang sidang Pengadilan Agama Marabahan

Selanjutnya dalam bidang administrasi kepegawaian yakni tertib  administrasi kepegawaian yang meliputi Buku Induk Pegawai, File Pegawai, Buku Kendali, Kartu Data Pegawai, Statistik Pegawai, Taspen dan memelihara akurasi dan meng update data kepegawaian,dalam bidang administrasi umum terkait pengelolaan surat ditekankan untuk meningkatkan tertib admistrasi persuratan, mulai dari penerimaan, pencatatan, pengendalian surat masuk, dalam pengelolaan barang inventaris hendaknya setiap mutasi asset Negara selalu dibukukan dan dibuatkan kartu, untuk perpustakaan perlu ditingkatkan kualitas SDM demi memantapkan peran dan fungsi perpustakaan, pada bidang administrasi keuangan ditekankan untuk menyempurnakan perencanaan anggaran baik system atau penjadwalannya, meningkatkan kualitas anggaran sesuai  Keputusan Sekretaris MA, melengkapi buku – buku bendahara yang meliputi buku kas umum dan buku Bantu lainnya dan pertemuan tersebut di akhiri dengan tanya jawab dari beberapa orang Hakim PA Marabahan dengan Tim PTA Banjarmasin.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice