logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on .

Giat Berinovasi, PTA Pekanbaru Bikin Enam Aplikasi Baru


Tampilan halaman utama aplikasi intranet PTA Pekanbaru

Pekanbaru | www.pta-pekanbaru.go.id

Kamis, 21 Maret 2013 pukul 14.00 WIB bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru diadakan presentasi tentang aplikasi intranet PTA Pekanbaru di hadapan Ketua, beberapa Hakim Tinggi, Panitera/Sekretaris dan Pejabat Struktural/Fungsional PTA Pekanbaru.

Acara dipandu oleh Kasubbag Umum Zosmel Zuly, S.T.,M.Sc.M.H. yang menerangkan secara singkat tentang pembuatan aplikasi ini dalam rangka membantu pelaksanaan tugas dengan tidak menyampingkan aplikasi-aplikasi unggulan lainnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi tentang aplikasi intranet ini oleh Staf Sub Bagian Umum Hendra Masputra, S.Kom yang menerangkan bahwa aplikasi ini mulai dibangun sejak awal tahun 2013 dan telah diuji coba selama lebih kurang 1 bulan di Sub Bagian Umum dan Bagian Hukum PTA Pekanbaru dengan hasil sangat memuaskan yang dapat membantu pelaksanaan tugas sehari-hari.

Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemograman PHP dengan database MySQL dan menggunakan Linux Ubuntu 12.04.1 LTS sebagai servernya sehingga server lebih stabil dan minim dari ancaman virus yang dapat merusak data.

Aplikasi dan server linux tersebut sebenarnya juga dapat di akses tidak hanya di intranet saja tetapi juga dapat di akses dari internet dimana saja dengan memanfaatkan ip public koneksi internet yang ada, namun saat ini lebih di optimalkan penggunaanya di koneksi intranet PTA Pekanbaru.

Server ubuntu linux

Tentang aplikasi intranet PTA Pekanbaru:

A.    Latar Belakang

Pembuatan aplikasi ini dilatarbelakangi oleh semangat dalam usaha meningkatan kinerja yang selalu didengungkan oleh Panitera/Sekretaris PTA Pekanbaru dengan semboyan “ Siap Berubah” dan kebutuhan Sub Bag Umum akan aplikasi yang menunjang, tugas-tugas Bagian Umum sehingga pelaksanaan pekerjaan akan semakin cepat dan tepat.

Untuk mewujudkan hal tersebut dimanfaatkanlah sarana teknologi informasi (IT) PTA Pekanbaruyang telah ada sebelumnya. Pembuatan aplikasi ini diawali dengan pemetaan permasalahan Bagian Umum yang memungkinkan dapat dibantu oleh Teknologi IT, mulai dari tata persuratan, pengarsipan, kebutuhan meja informasi, pengawasan/pengontrolan perpustakaan dan media komunikasi yang mendukung hal tersebut.Sehingga dari permasalahan tersebut dibangunlah 6 sistem aplikasi berbasis web.

Aplikasi ini dibangun bukan untuk mengabaikan aplikasi unggulan yang telah ada yang memang mempunyai autority yang berbeda, tetapi berawal dari kebutuhan Sub Bag Umum itu sendiri dalam usaha meningkatkan kinerjanya. Aplikasi ini sebelumnya telah diuji coba dibagian Sub Bag Umum PTA Pekanbaru dengan hasil sebagai berikut : semakin cepatnya proses pengkonsepan sebuah surat dari staf pengolah ke Kasubbag, arsip mudah dicari, petugas informasi dengan cepat mendapatkan data informasi, koleksi perpustakaan dapat diakses di website PTA Pekanbaru, semua data dinas tersimpan di server induk dan kemudahan lainnya.  Semua aplikasi dapat diakses semua laptop atau PC maupun yang terkoneksi dengan koneksi internet PTA Pekanbaru. Untuk lebih jelasnya berikut disajikan keterangan singkat aplikasi yang telah dibuat/dibangun.

B. Penjelasan Singkat Aplikasi

1. Aplikasi Chatting / Komunikasi


Aplikasi yang berguna untuk komunikasi antar pegawai PTA Pekanbaru, hampir sama seperti BlackBerry Messenger, WhatsApp, Yahoo Messenger, dsb.

Jadi bisa berkomunikasi antar pegawai di ruangan yang satu dengan pegawai ruangan lainnya.

Di SubBagian Umum aplikasi ini telah digunakan untuk komunikasi terutama pimpinan (Kasubbag) dengan staff terkait pelaksanaan tugas kedinasan.

2. Aplikasi Arsip


Aplikasi yang berguna untuk penyimpanan data arsip surat ke database/serversehingga memudahkan dalam pencarian arsip tersebut ketika diperlukan kemudian hari.Arsip dapat tersusun dengan rapi di box yang telah diberi nomor box arsip.Sub Bag Umum PTA pekanbaru untuk dataarsip tahun 2012 dan 2013 telah memanfaatkan aplikasi ini.

3. Aplikasi Informasi Perkara Banding


Yaitu aplikasi yang berguna untuk menampilkan status perkara banding PTA Pekanbaru seperti tgl register, tgl sidang, tgl putus, tgl minutasi dan tgl kirim berkas ke PA.

Bisa dimanfaatkan oleh Majelis Hakim untuk memonitor perkaranya.

Aplikasi ini sangat membantupetugas meja informasi dalam mendapatkan datauntuk menjawab pertanyaan para pencari informasi.

4. Aplikasi Meja Informasi


Aplikasi yang berguna untuk penyimpanan data tamu yang bertanya ke meja informasi. Tamu wajib mengisi formulir yang telah ditentukan sesuai peraturan yang berlaku.

Formulir tersebut menjadi dasar penginputan data oleh petugas meja informasi.

Data tersebut nantinya dapat digunakan untuk pembuatan register meja informasi.

5. Aplikasi Perpustakaan


Aplikasi Perpustakaan Online PTA Pekanbaru, seluruh pegawai PTA Pekanbaru bisa melihat buku dan koleksi apa saja yang ada di perpustakaan PTA Pekanbaru.

Bisa diakses dengan laptop/komputer dari ruangan masing-masing.

Dilengkapi dengan deskripsi dan foto buku.

Program ini telah mendapatkan penghargaan dari Indonesia ICT Award.

6. Data Center PTA Pekanbaru


Merupakan pusat penyimpanan data (softcopy) PTA Pekanbaru. Telah digunakan oleh SubBagian Umum untuk softcopy konsep surat.

Kertas hanya terpakai untuk konsep awal surat dan surat jadi. Untuk perbaikan konsep surat langsung dilakukan di data center, sehingga menghematwaktu/penggunaan kertas dan ketergantungan pada staf pengolah yang berhalangan karena konsep surat telah tersimpan dalam data center. Data Center juga dapat digunakan untuk berbagi file/data tanpa harus menggunakan media seperti USB FlashDisk, dsb.

Semoga karya ini dapat menunjang pelaksanaan tugas di PTA Pekanbaru sehingga lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Sekian. (TIM IT PTA Pekanbaru).

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice