Evaluasi dan Pembinaan Tenaga Honorer PA Sampit
Sampit |www.pa-sampit.go.id
Setelah sebelumnya awal Januari 2017, PA Sampit secara resmi memperbaharui kontrak kerja tenaga honorernya yang berjumlah 6 (enam) orang dengan kontrak kerja hingga akhir tahun 2017.
Selasa (24/1/2017) pukul 08.00 WIB dalam rangka peningkatan kualitas kinerja tenaga honorer di lingkungan Pengadilan Agama Sampit, maka Ketua Pengadilan Agama Sampit Drs. H. Alpian, S.H., M.H.I. didampingi oleh Sekretaris Isnaniyah, S.Ag., Kepala Subbag Umum dan Keuangan Anita Rahma Diyani, S.H.I. serta Raudah, S.H., Kepala Subbag Kepegawaian dan Ortala, bertempat di ruang kerja Ketua PA Sampit mengadakan evaluasi dan pembinaan bagi seluruh tenaga honorer tersebut. Adapun Tenaga Honorer yang ada di PA Sampit semuanya berjumlah 6 orang, terdiri dari: 2 orang Cleaning Service, 2 orang Satpam, 1 orang Pramubhakti dan 1 orang Sopir.
Kegiatan evaluasi kinerja sendiri dimaksudkan untuk mengukur kinerja masing-masing tenaga honorer dalam mengembangkan, mendukung, dan meningkatkan kualitas kerja, sehingga masing-masing tenaga honorer dikoreksi atau perbaikan atas pekerjaan yang dirasa kurang sesuai atau belum maksimal dalam pelaksanaannya.
Dalam arahannya Ketua Pengadilan Agama Sampit menyampaikan bahwa pada tahun ini para honorer wajib mengucap syukur, karena ada kenaikan gaji honor dari tahun sebelumnya, pada tahun 2016 sebesar Rp. 1.600.000,- maka pada tahun 2017 mengalami kenaikan sebesar Rp. 1.800.000, dan para honorer yang gajinya dibiayai oleh DIPA 01 PA Sampit ini namanya terdaftar dalam database dan ada kemungkinan nantinya diangkat menjadi ASN.
Karena itu saya mengharapkan agar bekerjalah dengan baik, bersikaplah seperti layaknya seorang ASN dan mengikuti segala peraturan yang berlaku bagi ASN. Mari kita sama-sama menjaga kedisiplinan dalam bekerja, kerapian, kebersihan, kecermatan dan ketelitian, serta meningkatkan sistem keamanan baik yang piket malam maupun piket siang.
Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa sesama tenaga honorer harus saling bantu membantu, terutama dalam hal kebersihan, karena Petugas Kebersihan yang ada sangat kurang. Dengan luas gedung 1.260 M² dan luas tanah 10.000 M² Cleaning Service yang ada cukup kewalahan. Kita anggap kantor ini sebagai rumah kita, jadi yang menjaga kebersihan bukan hanya Cleaning Service saja, tapi itu merupakan tanggung jawab kita semua. Dan pertriwulan akan diadakan evaluasi untuk pelaksanaan tugas masing-masing.
Selain itu Sekretaris Isnaniyah, S.Ag. juga mengarahkan agar para honorer bisa memahami dan melaksanakan tugas pokok yang tertuang dalam Job Description yang dibagikan masing-masing, dan disamping itu juga untuk masing-masing Honorer ada tugas tambahan, laksanakanlah tugas itu dengan baik.
Selanjutnya Kepala Subbag Umum dan Keuangan Anita Rahma Diyani, S.H.I. sebagai Atasan Langsung dari Tenaga Honorer tersebut juga menambahkan agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, jangan sampai menunggu perintah baru melaksanakan.
Dari Kasubbag Kepegawaian dan Ortala juga menyampaikan terkait dengan absensi, sering dijumpai tenaga honorer tersebut lupa absen, dan ada yang absen sebelum jamnya. selain itu yang terkadang ditemukan adalah izin tidak masuk kerja apakah itu karena sakit atau karena hal lainnya, tidak ada pemberitahuan kepada pejabat yang berwenang.
Selesai evaluasi dan pembinaan, para Tenaga Honorer tersebut masing-masing menandatangani Surat Pernyataan atau Perjanjian Kinerja. (isn)