Dukung Akselerasi Pelayanan Prima, Dirjen Badilag meresmikan Aplikasi "LAPOR BRO" dan PTSL di Pengadilan Agama Palangka Raya
www.pa-palangkaraya.go.id | Senin, 22 Juli 2024
Bertempat di Ruangan Aula Lt II Pengadilan Agama Palangka Raya dilaksanakan kegiatan Launching Aplikasi Lapor Bro (Layanan pengaduan dan Pelaporan Berbasis Online) dan PTSL (Pelayanan Terpadu Satu Loket) Pengadilan Agama Palangka Raya.
Pada Kesempatan ini turut hadir YM Drs. H. Muchlis., M.H (Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia ) dalam meresmikan Launching Aplikasi Lapor Bro dan PTSL. Beliau mengapresiasi inovasi yang telah dilaksanakan oleh PA Palangka Raya dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat.
Aplikasi Lapor Bro tersebut berfungsi sebagai wadah bagi Masyarakat dalam melayangkan baik kritik, saran ataupun pengaduan dan laporan terkait dengan pelayanan dari Pengadilan Agama Palangka Raya. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan bisa memudahkan akses Masyarakat dalam memberikan feedback kepada Pengadilan Agama Palangka Raya.
Sedangkan untuk aplikasi PTSL (Pelayanan Terpadu Satu Loket) merupakan inovasi dari PTSP agar bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada Masyarakat. Hal ini berkaitan dengan bagian pelayanan yang dengan aplikasi tersebut maka setiap loket yang ada di PTSP bisa melakukan layanan untuk semua kriteria.
Semua layanan yang dipersembahkan oleh Pengadilan Agama Palangka Raya kepada para Pihak Pencari keadilan dan Masyarakat yeng berkepentingan berlandaskan pada 8 Nilai Mahkamah Agung [1. KEMANDIRIAN, 2. INTEGRITAS, 3. KEJUJURAN, 4. AKUNTABILITAS, 5. RESPONSIBILITAS, 6. KETERBUKAAN, 7. KETIDAKBERPIHAKAN & 8. PERLAKUAN YANG SAMA DIHADAPAN HUKUM], dengan Tujuan/Capaian agar Para Pihak Pencari Keadilan dan Masyarakat yang berkepentingan merasakan dampak BAIK dan PUAS pada saat berurusan di Pengadilan Agama Palangka Raya.
Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan agar kita turut serta dalam optimalisasi program prioritas Dirjen Badilag MA RI diantaranya yaitu peningkatan yang berpedomani pada SK Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 048/DJA/SK.KP3.4.3/IV/2024 Tanggal 01 April 2024 tentang Evaluasi Kinerja Pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di Lingkungan Peradilan Agama dan Optimalisasi pemanfaatan e-court berdasarkan Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor : 1295/DJA/HK2.6/VI/2024, tanggal 7 Juni 2024, mengenai “Optimalisasi Penyelesaian Perkara di Lingkungan Peradilan Agama Melalui e-court, penggunaan aplikasi e-Court dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat para pencari keadilan, Keberfungsian asas sederhana, cepat dan biaya ringan akan terwujud dan langsung dirasakan oleh masyarakat.
Menutup kegiatan tersbut beliau menyampaikan terima kasih sebanyak banyaknya kepada seluruh pegawai yang telah bekerj akeras dalam pelaksanaan program-program dalam rangka peningkatan kinerja ataupun dalam pelayanan kepada Masyarakat.