logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on .

Capaian Kinerja PA Lubuk Basung Tahun 2012 Meningkat

Lubuk Basung | www.pa-lubukbasung.go.id

Tekad personil Pengadilan Agama Lubuk Basung untuk mewujudkan visi dan misi yang telah dirumuskan semakin hari semakin menemui kenyataan. Buktinya dari 7 sasaran strategis yang dijabarkan kedalam 21 Indikator Kinerja, tingkat capaiannya selalu meningkat.

Pada tahun 2011 yang lalu tingkat capaiannya secara keseluruhan mencapai 90,48 %, sedangkan pada tahun 2012 (tahun ketiga dari RPJM 2010 – 2014) tingkat capaiannya secara keseluruhan mencapai 97,64 %,. Hampir semua realisasi tingkat capaian dari indikator indikator yang ada melampaui target yang telah ditetapkan. Hal itu disampaikan oleh Drs. Syaiful Ashar, SH selaku Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Lubuk Basung dalam Rapat Evaluasi Rabu 30 Januari 2013 kemarin.

Dibawah ini akan ditampilkan Matrik Pengukuran Kinerja dan Analisis Akuntabilitas Kinerja Tahun 2012 sebagai berikut :

Matrik Pengukuran Kinerja Pengadilan Agama Lubuk Basung Tahun  2012

SASARAN STRATEGIS

INDIKATOR KINERJA

TARGET

REALISASI

CAPAIAN

1

2

3

4

5

Peningkatan penyelesaian perkara

Pelayanan Penerimaan pendaftaran perkara pada meja 1 tidak lebih dari 15 menit                 ( sesuai SOP)

85 %

100%

117,47 %

 

Prosentase perkara putus meningkat.

85 %

90,43 %

106,39 %

 

Prosentase perkara Banding menurun          (Pihak yang mengajukan Banding atas putusan PA.LB setiap tahunnya selalu menurun)

85 %

98,82 %

116,26 %

 

Prosentase perkara  Verzet atas putusan Verstek menurun

96 %

100%

104,17 %

 

Prosentase perkara Volunter yang kasasi menurun

96 %

100%

104,17 %

Peningkatan SDM Hakim, PP, Jurusita/Jurusita Pengganti dan aparat peradilan lainnya

Melakukan diskusi kelompok Hakim, PP, JS/JSP

4 kali

4 Kali

100 %

Peningkatan pengelolaan Website

Prosentase aksesibilitas masyarakat per-tahun terhadap Website Pengadilan Agama Lubuk Basung meningkat (acces to justice)

 

12.000.000

15.000.000

125 %

Peningkatan usaha Pelayanan Publik dan Meja Informasi

Prosentase pengaduan tentang ketidak puasan masyarakat terhadap pelayanan meja informasi  PA.LB dari jumlah penerima infomasi menurun.

 

94%

100%

100%

Peningkatan Implementasi SIADPA

Prosentase surat permohonan/gugatan yang diinput  Aplikasi SIADPA meningkat

 

90 %

100 %

111,11 %

 

Prosentase administrasi perkara ( PMH, Penu njukan PP/JSP, PHS) yang menggunakan Aplikasi SIADPA meningkat

 

90 %

100 %

111,11 %

 

Prosentase administrasi keuangan perkara yang menggunakan Aplikasi SIADPA meningkat

 

90 %

100 %

111,11 %

 

Prosentase Panitera Pengganti yang menggunakan Aplikasi SIADPA dalam Pembuatan BAP meningkat

 

96%

100%

104,17 %

 

Prosentase Hakim yang menggunakan Aplikasi SIADPA dalam Pembuatan putusan meningkat

 

96 %

99 %

101,04 %

Peningkatan pelaksanaan pengawasan yang bersifat berkala maupun insidentil

Pengawasan berkala oleh Hakim Pengawas Bidang

4 kali

2 Kali

50 %

 

Pengawasan berkala terhadap pembukuan Keuangan perkara dan keuangan rutin oleh Atasan dan atau Ketua.

4 kali

4 kali

100%

Peningkatan pemerataan pelayanan keadilan bagi masyarakat

Realisasi penerimaan perkara prodeo terlaksana sesuai DIPA

100%

29,69 %

29,69 %

 

Realisasi sidang keliling terlaksana sesuai DIPA

100%

100%

100%

Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Mahkamah Agung di Pengadilan Agama Lubuk Basung

 

Prosentase penyerapan anggaran meningkat :

- Bel. Peg

- Bel. Barang Operasinal

- Bel. Barang Non Operasional

- Bel. Modal

 

 

100%

100%

100%

100 %

88,50 %

99,98 %

97,16 %

97,86 %

 

 

88,50 %

99,98 %

97,16 %

97,86 %

 

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)  meningkat

 

15.000.000

19.760.151

131,73%

 

Terselenggaranya Pembayaran Gaji dan Remuberasi tepat waktu

 

100%

100 %

100 %

 

Terselenggaranya pemeliharaan dan belanja modal perkantoran yang tepat waktu.

 

100%

100 %

100 %

ANALISIS AKUNTABILITAS KINERJA

Analisis Akuntabilitas Kinerja pada 8 sasaran pokok dengan 21 indikator kinerja pada tahun 2012 digambarkan dalam Form dibawah ini :

NO

SASARAN

JUMLAH INDIKATOR

TARGET

CAPAIAN

ANALISIS

1

2

3

4

5

6

1

Peningkatan penyelesaian perkara

5

89 6%

109,69 %

Secara keseluruhan pada sasaran ini setiap Indikator Kinerja tingkat capaiannya sangat baik, bahkan melebihi dari Target. ( Kenaikan 23,24 %)

 

2

Peningkatan SDM Hakim, PP, Jurusita/ Jurusita Pengganti dan aparat peradilan lainnya

2

4 Kali

100 %

Pada sasaran ini kegiatan diskusi rutin tentang hukum acara peradilan belum terlaksana, kendalanya adalah karena sulitnya mencari nara sumber yang kompeten.

 

3

Peningkatan pengelolaan Website

1

12.000.000

106 %

Kwalitas Website dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang menakses Website PA.LB, pada tahun ini tingkat akses publik meningkat drastis yaitu melebihi dari target .

 

4

Peningkatan usaha Pelayanan Publik dan Meja Informasi

1

96 %

104,17 %

Pelayanan meja informasi telah berjalan dengan baik, hal ini terbukti dari tidak satupun pengaduan yang masuk baik melalui Kotak Saran, Telepon, Email, maupun secara langsung tentang ketidakpuasan penerima informasi dari Meja informasi PA.LB.

 

5

Peningkatan Implementasi SIADPA

5

100 %

100,20 %

Pada Sasaran ini dari 5 indikator kinerja yang dirumuskan bernilai Baik, dan indikator- indikator melebih target, Hakim yang menggunakan aplikasi SIADPA membuat putusan sudah terlaksana sama sekali, hak ini disebabkan karena sulitnya menyatukan persepsi atas kebebasan hakim dalam membuat putusan.

6

Peningkatan pelaksanaan pengawasan yang bersifat berkala maupun insidentil

2

100%

(8 x) Keg

75 %

(6x) Keg

Pengawasan oloeh Hawasbid untuk tahun 2011 tidak pernah dilakukan sama sekali, namun pengawasan berkala oleh atasan tetap berjalan sebagaimana mestinya sesuai target.

 

7

Peningkatan pemerataan pelayanan keadilan bagi masyarakat

2

100%

64,84 %

Pada sasaran ini perlu usaha peningkatan yang terencana, karena tingkat capaiannya masih dibawah target. Permasalahannya adalah pada penerimaan perkara prodeo, dimana masyarakat yang berperkara prodeo sedikit meskipun telah diberi informasi.

 

8

Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Mahkamah Agung di Pengadilan Agama Lubuk Basung

 

4

100%

102,18 %

Pada sasaran ini secara keseluruhan sudah tercapai dengan baik, dan bahkan melebihi target pada PNBP.

Selanjut Ketua Pengadilan Agama Lubuk Basung Drs. NUR  YAHYA, MH dalam arahannya mengatakan “Jangan merasa puas dengan apa yang kita capai hari ini, hari esok tantangan akan selalu menghadang kita, gunakan prinsip hari ini lebih baik dari hari kemaren “ . Tingkatkan selalu kinerja kita, sebab keberhasilan tingkat capaian ini buah dari kinerja semua personil Pengadilan Agama Lubuk Basung.

Tahun 2013 (tahun ke empat dari RPJM 2010-2014) tingkat capaian kinerja Pengadilan Agama Lubuk Basung sudah 100 %, sehingga remonerasi Non Hakim naik 200 %  he he he... candanya. (vera)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice