Capaian Kinerja PA Lubuk Basung Tahun 2012 Meningkat
Lubuk Basung | www.pa-lubukbasung.go.id
Tekad personil Pengadilan Agama Lubuk Basung untuk mewujudkan visi dan misi yang telah dirumuskan semakin hari semakin menemui kenyataan. Buktinya dari 7 sasaran strategis yang dijabarkan kedalam 21 Indikator Kinerja, tingkat capaiannya selalu meningkat.
Pada tahun 2011 yang lalu tingkat capaiannya secara keseluruhan mencapai 90,48 %, sedangkan pada tahun 2012 (tahun ketiga dari RPJM 2010 – 2014) tingkat capaiannya secara keseluruhan mencapai 97,64 %,. Hampir semua realisasi tingkat capaian dari indikator indikator yang ada melampaui target yang telah ditetapkan. Hal itu disampaikan oleh Drs. Syaiful Ashar, SH selaku Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Lubuk Basung dalam Rapat Evaluasi Rabu 30 Januari 2013 kemarin.
Dibawah ini akan ditampilkan Matrik Pengukuran Kinerja dan Analisis Akuntabilitas Kinerja Tahun 2012 sebagai berikut :
Matrik Pengukuran Kinerja Pengadilan Agama Lubuk Basung Tahun 2012
SASARAN STRATEGIS |
INDIKATOR KINERJA |
TARGET |
REALISASI |
CAPAIAN |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Peningkatan penyelesaian perkara |
Pelayanan Penerimaan pendaftaran perkara pada meja 1 tidak lebih dari 15 menit ( sesuai SOP) |
85 % |
100% |
117,47 % |
|
Prosentase perkara putus meningkat. |
85 % |
90,43 % |
106,39 % |
|
Prosentase perkara Banding menurun (Pihak yang mengajukan Banding atas putusan PA.LB setiap tahunnya selalu menurun) |
85 % |
98,82 % |
116,26 % |
|
Prosentase perkara Verzet atas putusan Verstek menurun |
96 % |
100% |
104,17 % |
|
Prosentase perkara Volunter yang kasasi menurun |
96 % |
100% |
104,17 % |
Peningkatan SDM Hakim, PP, Jurusita/Jurusita Pengganti dan aparat peradilan lainnya |
Melakukan diskusi kelompok Hakim, PP, JS/JSP |
4 kali |
4 Kali |
100 % |
Peningkatan pengelolaan Website |
Prosentase aksesibilitas masyarakat per-tahun terhadap Website Pengadilan Agama Lubuk Basung meningkat (acces to justice)
|
12.000.000 |
15.000.000 |
125 % |
Peningkatan usaha Pelayanan Publik dan Meja Informasi |
Prosentase pengaduan tentang ketidak puasan masyarakat terhadap pelayanan meja informasi PA.LB dari jumlah penerima infomasi menurun.
|
94% |
100% |
100% |
Peningkatan Implementasi SIADPA |
Prosentase surat permohonan/gugatan yang diinput Aplikasi SIADPA meningkat
|
90 % |
100 % |
111,11 % |
|
Prosentase administrasi perkara ( PMH, Penu njukan PP/JSP, PHS) yang menggunakan Aplikasi SIADPA meningkat
|
90 % |
100 % |
111,11 % |
|
Prosentase administrasi keuangan perkara yang menggunakan Aplikasi SIADPA meningkat
|
90 % |
100 % |
111,11 % |
|
Prosentase Panitera Pengganti yang menggunakan Aplikasi SIADPA dalam Pembuatan BAP meningkat
|
96% |
100% |
104,17 % |
|
Prosentase Hakim yang menggunakan Aplikasi SIADPA dalam Pembuatan putusan meningkat
|
96 % |
99 % |
101,04 % |
Peningkatan pelaksanaan pengawasan yang bersifat berkala maupun insidentil |
Pengawasan berkala oleh Hakim Pengawas Bidang |
4 kali |
2 Kali |
50 % |
|
Pengawasan berkala terhadap pembukuan Keuangan perkara dan keuangan rutin oleh Atasan dan atau Ketua. |
4 kali |
4 kali |
100% |
Peningkatan pemerataan pelayanan keadilan bagi masyarakat |
Realisasi penerimaan perkara prodeo terlaksana sesuai DIPA |
100% |
29,69 % |
29,69 % |
|
Realisasi sidang keliling terlaksana sesuai DIPA |
100% |
100% |
100% |
Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Mahkamah Agung di Pengadilan Agama Lubuk Basung
|
Prosentase penyerapan anggaran meningkat : - Bel. Peg - Bel. Barang Operasinal - Bel. Barang Non Operasional - Bel. Modal |
100% 100% 100% 100 % |
88,50 % 99,98 % 97,16 % 97,86 % |
88,50 % 99,98 % 97,16 % 97,86 % |
|
Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) meningkat
|
15.000.000 |
19.760.151 |
131,73% |
|
Terselenggaranya Pembayaran Gaji dan Remuberasi tepat waktu
|
100% |
100 % |
100 % |
|
Terselenggaranya pemeliharaan dan belanja modal perkantoran yang tepat waktu.
|
100% |
100 % |
100 % |
ANALISIS AKUNTABILITAS KINERJA
Analisis Akuntabilitas Kinerja pada 8 sasaran pokok dengan 21 indikator kinerja pada tahun 2012 digambarkan dalam Form dibawah ini :
NO |
SASARAN |
JUMLAH INDIKATOR |
TARGET |
CAPAIAN |
ANALISIS |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
1 |
Peningkatan penyelesaian perkara |
5 |
89 6% |
109,69 % |
Secara keseluruhan pada sasaran ini setiap Indikator Kinerja tingkat capaiannya sangat baik, bahkan melebihi dari Target. ( Kenaikan 23,24 %)
|
2 |
Peningkatan SDM Hakim, PP, Jurusita/ Jurusita Pengganti dan aparat peradilan lainnya |
2 |
4 Kali |
100 % |
Pada sasaran ini kegiatan diskusi rutin tentang hukum acara peradilan belum terlaksana, kendalanya adalah karena sulitnya mencari nara sumber yang kompeten.
|
3 |
Peningkatan pengelolaan Website |
1 |
12.000.000 |
106 % |
Kwalitas Website dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang menakses Website PA.LB, pada tahun ini tingkat akses publik meningkat drastis yaitu melebihi dari target .
|
4 |
Peningkatan usaha Pelayanan Publik dan Meja Informasi |
1 |
96 % |
104,17 % |
Pelayanan meja informasi telah berjalan dengan baik, hal ini terbukti dari tidak satupun pengaduan yang masuk baik melalui Kotak Saran, Telepon, Email, maupun secara langsung tentang ketidakpuasan penerima informasi dari Meja informasi PA.LB.
|
5 |
Peningkatan Implementasi SIADPA |
5 |
100 % |
100,20 % |
Pada Sasaran ini dari 5 indikator kinerja yang dirumuskan bernilai Baik, dan indikator- indikator melebih target, Hakim yang menggunakan aplikasi SIADPA membuat putusan sudah terlaksana sama sekali, hak ini disebabkan karena sulitnya menyatukan persepsi atas kebebasan hakim dalam membuat putusan. |
6 |
Peningkatan pelaksanaan pengawasan yang bersifat berkala maupun insidentil |
2 |
100% (8 x) Keg |
75 % (6x) Keg |
Pengawasan oloeh Hawasbid untuk tahun 2011 tidak pernah dilakukan sama sekali, namun pengawasan berkala oleh atasan tetap berjalan sebagaimana mestinya sesuai target.
|
7 |
Peningkatan pemerataan pelayanan keadilan bagi masyarakat |
2 |
100% |
64,84 % |
Pada sasaran ini perlu usaha peningkatan yang terencana, karena tingkat capaiannya masih dibawah target. Permasalahannya adalah pada penerimaan perkara prodeo, dimana masyarakat yang berperkara prodeo sedikit meskipun telah diberi informasi.
|
8 |
Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Mahkamah Agung di Pengadilan Agama Lubuk Basung
|
4 |
100% |
102,18 % |
Pada sasaran ini secara keseluruhan sudah tercapai dengan baik, dan bahkan melebihi target pada PNBP. |
Selanjut Ketua Pengadilan Agama Lubuk Basung Drs. NUR YAHYA, MH dalam arahannya mengatakan “Jangan merasa puas dengan apa yang kita capai hari ini, hari esok tantangan akan selalu menghadang kita, gunakan prinsip hari ini lebih baik dari hari kemaren “ . Tingkatkan selalu kinerja kita, sebab keberhasilan tingkat capaian ini buah dari kinerja semua personil Pengadilan Agama Lubuk Basung.
Tahun 2013 (tahun ke empat dari RPJM 2010-2014) tingkat capaian kinerja Pengadilan Agama Lubuk Basung sudah 100 %, sehingga remonerasi Non Hakim naik 200 % he he he... candanya. (vera)