BSI Beri Pelatihan Kepada Petugas PTSP PTA Medan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan sentra pelayanan pengadilan terhadap masyarakat yang berkunjung ke pengadilan, baik untuk urusan perkara maupun urusan lainnya. Di PTSP ini, pengadilan memberikan layanan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, PTSP harus dikelola dengan baik, misalnya penampilan PTSP maupun petugas yang memberikan pelayanan. Sebab, PTSP adalah wajah dari pengadilan itu sendiri atau dengan kata lain, penampilan PTSP adalah penampilan pengadilan secara keseluruhan.
Berangkat dari penjelasan di atas, maka PTA Medan melakukan pembenahan PTSP secara menyeluruh seperti perbaikan sarana dan prasarana. Selain itu, memberikan pelatihan kepada petugas PTSP agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Begitulah, pada hari Senin (16/08) petugas PTSP PTA Medan mendapat bimbingan dan pelatihan dari Bank Syariah Indonesia Cabang Adam Malik Medan yaitu Feira Lestari dan Pipit Andrea. Kedua pegawai BSI ini secara bergantian memberikan pencerahan kepada Novi dan Zubaidah Afni mengenai bagaimana seorang pelayan atau customer service melayani pelanggan.
Disebutkan oleh Pipit, petugas PTSP harus selalu senyum dalam melayani sehingga pelanggan merasa tersanjung dan merasa senang. Sekalipun pakai masker, tetap ramah dan sopan sehingga pelanggan terlayani dengan baik.
“Kita harus melayani masyarakat dengan ramah dan sopan sehingga pelanggan senang dan tersanjung,” kata Pipit menjelaskan.
Pipit juga mencontohkan bagaimana sikap seorang customer service dalam melayani pelanggan, misalnya berdiri dan menyapa dengan ramah. “Usahakan pelanggan selalu terlayani dengan baik, misalnya berdiri dan menyapa dengan lembut,” kata Pipit menjelaskan.
Sementara itu, Feira Lestari menekankan kepada penampilan seorang customer service dalam memberikan pelayanan. Menurutnya, penampilan sangat penting seperti pakaian yang dikenakan maupun yang lainnya. Penampilan harus menarik, ujarnya menambahkan.
“Usahakan berpenampilan yang baik sehingga kesannya menyenangkan dan menarik,” kata Feira tersenyum.
Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan menyampaikan terima kasih kepada BSI Cabang Adam Malik Medan yang telah memberikan pelatihan kepada petugas PTSP. Dirinya berharap, pelatihan yang telah diberikan menambah wawasan dan pengetahuan bagi petugas PTSP sehingga dapat memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya. (ahp)