1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

174 Pasangan Berhasil Diisbathkan PA  Banggai

174 pasangan suami isteri dari berbagai penjuru desa di Kecamatan Bokan Kepulauan.

Banggai Laut | PA Banggai

Perjalanan sidang keliling isbath nikah terpadu kali ini membutuhkan fisik dan kesehatan yang prima, hal ini dikarenakan letak lokasi kecamatan tersebut berupa kepulauan kecil yang berada di lautan lepas berada di sekitar lautan banda yaitu Kecamatan Bokan Kepualauan.

Perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan transportasi yang ada hanya berupa kapal motor kecil ditambah lagi dengan ombak yang begitu kencang dengan jarak kurang lebih selama 4 jam diatas lautan. Ibukota kecamatan Bokan Kepulauan adalah desa Bungin dan terdiri dari desa-desa yang tersebar di beberapa pulau-pulau kecil. Setibanya di desa ini kami dengan disambut ala kadarnya oleh Kepala KUA Kecamatan Bokan Kepulauan kami di tempatkan dirumah-rumah penduduk, karena di Desa ini belum tersedia penginapan.

Sambutan Wakil Bupati Banggai Laut dan Ketua Pengadilan Agama Banggai

Salah satu permasalahan yang ada di kecamatan ini adalah masih banyaknya keluarga yang tidak memiliki Buku Nikah yang menjadi landasan hukum atas keabsahan perkawinan mereka. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab pernikahan siri terjadi pada zaman dahulu, yaitu keterbatasan akses penduduk dari mencapai KUA setempat yang dipandang sangat jauh jaraknya.

Untuk menjawab tuntutan tersebut, Sidang Isbat Nikah Terpadu ini dilaksanakan guna menjawab salah satu permasalahan hukum yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, yakni permasalahan pernikahan yang telah sah menurut ketentuan Pasal 1 Undang-undang Nomor 1 Tahun1974Tentang Perkawinan, namun belum tercatat pada Kantor Urusan Agama setempat sehingga perkawinan tersebut tidak memiliki Buku Kutipan Akta Nikah.

Penyerahan secara simbolis Akta Nikah, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga kepada peserta layanan terpadu isbath nikah.

Sidang keliling Isbath Nikah Terpadu kali ini akan berhasil meng-isbathkan sebanyak 174 pasangan dari 200 pasangan yang diverifikasi sebelumnya. Wakil Bupati Banggai Laut membacakan pesan-pesan Bapak Bupati Banggai Laut yang berhalangan hadir menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Pengadilan Agama Banggai atas kerja sama yang baik dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banggai Laut serta KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Bokan Kepulauan sehingga bisa terwujudnya pelayanan terpadu ini yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Bokan Kepulauan dalam hal administrasi kependudukan baik dalam pengurusan akta nikah, kartu keluarga, dan akta kelahiran. Lebih lanjut Bupati Banggai Laut dalam pesannya sangat mengharapkan kedepannya agar kerjasama ini terus ditingkatkan sehingga seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Banggai Laut telah memperoleh data administrasi kependudukan secara lengkap.

          

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB