logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 1023

Refleksi 2013, untuk 2014  yang Berprestasi

(Prestasi Jurdilaga PTA Jambi di Tahun 2014)

Oleh: Noprizal, S.HI *

Penulis, Noprizal, SHI (paling kiri), di ruang redaksi Jurdilaga PTA Jambi

Di Tahun 2013 lalu, PTA Jambi berhasil merajai jagad pemberitaan Badilag.net dengan capaian lebih dari 250 berita, menjadi yang terbanyak untuk pengadilan tingkat banding.

Jurdilaga PA se wilayah PTA Jambi, juga tidak kalah cemerlang prestasinya. Hal itu dibuktikan dengan berhasilnya 3 PA di wilayah PTA Jambi menduduki posisi 5 besar, 3 PA tersebut masing-masing adalah PA Bangko yang berada di posisi ke 3 dengan capaian 180-an, kemudian menyusul PA Muara Tebo di peringkat ke empat dengan jumlah berita 130-an dan PA Muara Bungo di posisi ke 5 dengan raihan 110-an, (Jika ada selisih dalam penghitungan mohon maaf, namun untuk peringkat dipastikan betul).

Jurdilaga PTA Jambi selaku wadah penulis pertama di Badan Peradilan Agama yang lahir pada 22 November 2012 yang lalu tentunya berharap banyak kepada semua PA di wilayah PTA Jambi untuk mempublikasikan hal-hal menarik di satuan kerjanya.

Diakui atau tidak, prestasi yang telah didapatkan oleh PA tidak akan diketahui oleh warga peradilan lainnya jika tidak dipublikasikan.

Tim redaksi Jurdilaga PTA Jambi mengutip pernyataan Hermansyah (redaktur Badilag.Net) pada tulisannya yang berjudul ‘Kaleidoskop 2103 Tebar Penghargaan Jadi Tradisi Baru Peradilan Agama’’, dalam tulisannya itu Hermansyah menyebutkan 3 PTA yang pada tahun 2013 telah memberikan warna baru terutama terkait pemberian penghargaan kepada PA berprestasi, 3 PTA tersebut salah satu nya adalah PTA Jambi.

Ada kutipan menarik pada tulisan ini, ‘’Di luar tiga PTA tadi, tentu masih ada PTA-PTA lain yang menyelenggarakan event serupa, namun karena kurang publikasi, sehingga luput dari perhatian kami’’.

Berangkat dari kutipan tersebut, publikasi sangat penting untuk warga peradilan. Jika ajang pemberian penghargaan tersebut tidak dipublikasikan oleh Jurdilaga PTA Jambi dan PA se wilayah PTA Jambi, Badilag juga dipastikan tidak akan mengetahui adanya ajang adu gengsi pimpinan di wilayah PTA Jambi tersebut.

Kita masih menemukan berbagai kritikan pada setiap berita yang ditayangkan atau diakui ‘’Menarik’’ oleh Badilag.net. Pernyataan protes tersebut kadang ditemui di Grup Facebook Sekolah Menulis Warga Peradilan Agama ataupun Forum Pembaca Badilag.  “Kami PA A atau PA B juga sudah melakukan, dan telah memiliki itu terlebih dahulu’’. Namun karena tidak dipublikasikan di ruang dan media yang sudah ada ini, maka luput dari perhatian Badilag. Tapi jika dituliskan dan dimuat di Badilag.Net, maka akan terukir sejarah sebuah prestasi pernah diraih. Itulah ruginya jika tidak diberitakan.

Di tahun 2014 ini tentunya kita mencoba untuk kembali bertarung, diapresiasi atau tidak, diakui atau tidak, yang pasti Jurdilaga PTA Jambi dan Jurdilaga PA harus tetap semangat untuk menjadi yang terbaik, menjadi yang terbanyak, dan yang pasti tetap mengangkat nama baik Jurdilaga PTA Jambi.

Di awal tahun 2014 ini, tepatnya Senin (13/01/2014) pukul 10.00 WIB, Jurdilaga PA di wilayah PTA Jambi sudah mulai berpacu pada jagad pemberitaan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya berita yang dipublikasikan oleh tim redaksi Badilag.net milik Jurdilaga PA di wilayah PTA Jambi.

PA Muara Tebo duduk di urutan pertama jumlah berita paling banyak dipublish di Badilag.Net dengan jumlah 13 berita. Kemudian disusul PA Bangko di urutan kedua dengan jumlah 10 berita. Sedangkan PA lainnya seperti PA Muara Bulian sebanyak 4 berita, PA Sungai Penuh sebanyak 3 berita. PA Sengeti sebanyak 2 berita, sedangkan PA Sarolangun, PA Jambi, PA Kuala Tungkal, PA Muara Bungo, dan PA Muara Sabak belum mempublish satu pun beritanya di Badilag.net untuk tahun 2014 ini.

Sedangkan PA Nunukan yang menjadi jawara di tahun 2013 baru berhasil mempublish sebanyak 7 berita dan PA Bengkalis yang bertengger pada posisi ke dua baru memuat 8 berita di Badilag.net, artinya keberhasilan PA di wilayah PTA Jambi menyisihkan 2 PA yang berhasil menduduki urutan pertama ke dan kedua di tahun lalu ini harus menjadi semangat awal dan modal besar untuk mempertahankannya hingga akhir tahun 2014 nanti.

Jumlah berita Jurdilaga PTA Jambi yang telah dipublikasikan di Badilag.net tentunya tidak habis sampai disitu, Jurdilaga PTA Jambi meyakini selain yang telah dipublikasikan tersebut, masih banyak berita Jurdilaga PA se wilayah PTA Jambi yang telah masuk di daftar antri Badilag.net atau yang belum dikirimkan oleh reporter Jurdilaga.

Alangkah kerennya, jika keberhasilan Jurdilaga PTA Jambi untuk tingkat banding, dikawinkan dengan gelar tiga besar milik PA di wilayah PTA Jambi. Sebuah mimpi yang akan menjadi kenyataan, peringkat 1, 2 dan 3 pada tahun 2014 untuk pengadilan tingkat pertama akan menjadi milik PA di wilayah PTA Jambi.

Hal itu diyakini karena selisih jumlah berita antara PA Nunukan, PA Bengkalis, dengan PA Bangko, PA Muara Tebo dan PA Muara Bungo tidak terlalu jauh di penghujung tahun 2013 yang lalu.

Jadi pelajaran untuk semuanya, konsistensi pengiriman berita sangat dibutuhkan. Target yang telah ditentukan, harus dicapai di tahun 2014 ini. Dan diyakini pada tahun 2014 ini, Seputar Peradilan Agama di Badilag.net setiap hari akan menyuguhkan berita-berita dari Jurdilaga PTA Jambi dan PA se wilayah PTA Jambi.

Terakhir, Jurdilaga PTA Jambi juga berperan penting dalam memberikan motivasi dan turut menyukseskan semua unit di PTA Jambi, seperti bagian keuangan, SIMPEG, SIADPA dan lain-lain, dukungan itu diberikan lewat pemberitaan tentang keberhasilan dan kekurangan yang masih dimiliki oleh PA di wilayahnya. Bukan punya tujuan untuk mempermalukan yang belum valid, namun dengan diberitakan, maka beban dan tanggung jawab pimpinan atau operator di satuan kerja yang belum maksimal tersebut akan terpacu untuk menuntaskannya dalam jangka waktu singkat.

Salam hangat dari ruang redaksi Jurdilaga PTA Jambi

Jambi,

13/01/2014

Penulis adalah salah satu inisiator bedirinya Jurdilaga PTA Jambi, sekarang sebagai Redaktur Pelaksana Jurdilaga PTA Jambi, aktif menulis di berbagai media cetak dan online di Provinsi Jambi.

 

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage