logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 1387

Kaleidoskop PA Pelaihari Tahun 2012

Oleh: Muh. Irfan Husaeni

(Hakim PA Pelaihari)

A. Planning di Awal Tahun

Dalam teori manajemen hal pertama yang dilakukan seorang pimpinan adalah planning. Karena planning yang matang menentukan 50% keberhasilan.  Maka memasuki awal tahun 2012 PA Pelaihari mengadakan rapat koordinasi guna memantapkan planning. Rapat menghasilkan rencana dan strategi yang disusun secara rapi dengan melibatkan seluruh hakim, pejabat struktural dan fungsional termasuk tenaga honorer. Kamis 26 Januari 2012.

Dalam kesempatan itu Ketua PA Pelaihari Drs. H. Tarsi, SH., MHI juga mensosialisasikan hasil Rakerda PTA Banjarmasin. Ketua mengamanatkan agar semua meningkatkan semangat kerja dan tanggung jawabnya sesuai dengan bidangnya masing-masing serta mengingatkan kembali 8 Program Unggulan Ditjen Badilag.

Langkah berikutnya Pimpinan menggerakkan mitra kerjanya untuk melaksanakan kerja bakti sosial membersihkan kantor. Dan ruang pelayanan sebagai prioritasnya. Program tersebut membuahkan perubahan yang signifikan berupa kenyamanan dan kesejukan baik bagi pegawai maupun pencari keadilan.

B. Pelaksanaan Program Kerja

Sebagai wujud komitmen untuk memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat dan dalam rangka merealisasi SEMA Nomor 10 Tahun 2010 tentang bantuan hukum yang meliputi penyelesaian perkara prodeo, penyelenggaraan sidang keliling dan Posbakum, PA Pelaihari menyelenggarakan sidang keliling 3 kali dalam kurun waktu 2012.

Sidang keliling yang pertama terlaksana 23 Februari 2012 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kurau. Majelis berhasil menyidangkan 15 perkara 9 diantaranya prodeo. Selanjutnya pada 15 Maret 2012  di tempat yang sama majelis menyidangkan 6 Perkara. Dan terakhir 22 Maret 2012 majelis menyidangkan 8 perkara.

Sidang keliling adalah program unggulan yang mendapat respon positif dari masyarakat. Seperti tanggapan Kepala Kantor Urusan Agama Kurau yang menyatakan bahwa masih banyak masyarakat yang menginginkan sidang keliling tetap berlanjut.

Dengan anggaran yang ada PA Pelaihari bertekad memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat secara efektif dan efisien dengan harapan pada tahun-tahun berikutnya anggaran untuk sidang keliling dapat terus meningkat sehingga pelayanan kepada masyarakatpun lebih signifikan.

1. Pembinaan dan Pengawasan

Dalam menjalankan roda organisasi pimpinan selalu memantau secara langsung kelancaran proses sidang, pengisian buku regester perkara, pengambilan Akta Cerai, pengisian buku Induk Keuangan dll. Sehingga jika ada masalah pimpinan segera mengadakan rapat khusus dengan pihak terkait seperti:

  1. Rapat khusus dengan JS/JSP, Kamis 5 Juli 2012.
  2. Rapat koordinasi dan evaluasi audit kinerja, Senin 27 Agustus 2012.
  3. Rapat khusus dengan Tim IT untuk mengevaluasi pelaksanaan SIADPA Plus dan kelengkapan menu website PA Pelaihari sesuai dengan petunjuk Badilag MARI.
  4. Rapat khusus dengan seluruh hakim, Senin 15 0ktober 2012.
  5. Rapat khusus tentang peningkatan kedisiplinan, Kamis 18 0ktober 2012.
  6. Apel Rutin Senin Pagi. Khusus apel ini Pembina upacara tidak selalu dari unsur pimpinan melainkan dari hakim secara bergiliran. Manfaat apel ini adalah sarana yang efektif dan efisien karena didalamnya sarat muatan mental spiritual dan wahana saling menasehati untuk mencapai tujuan bersama.

Selain pembinaan dan pengawasan secara interen PA Pelaihari juga mendapat  pembinaan dan pengawasan dari PTA Banjarmasin Selasa 23 0ktober 2012.  Kegiatan berupa expose hasil pemeriksaan selama 2 hari yang dilakukan oleh Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas  Daerah PTA Banjarmasin yaitu Drs. M. Nur Khozim MH dan Drs. H. Rusli Mansur,  MH serta Hj. Murniati., SH (PP PTA Banjarmasin ).

2. Perhatian Pimpinan Terhadap Kegiatan Keagamaan

Ibadah merupakan hal yang paling urgen dalam hidup karena tidaklah manusia diciptakan kecuali untuk beribadah. Shalat berjama’ah dilakukan setiap hari di Mushalla Al-Hikmah PA Pelaihari meskipun kecil namun nyaman dan cukup menampung seluruh pegawai.

Ramadhan 1433 H PA Pelaihari mendapat kehormatan menjadi tuan rumah acara safari Ramadhan PTA Banjarmasin. Rombongan berjumlah 20 orang dipimpin langsung oleh Ketua PTA Banjarmasin-Drs. H. Alimin Patawari, SH., MH-. Acara diisi dengan ceramah agama  dan diakhiri dengan buka puasa bersama Ketua PN Pelaihari dan seluruh hakimnya.

Bertepatan dengan Idul Adha 1433 H, Senin 29 Oktober 2012 PA Pelaihari melaksanakan ibadah qurban. Acara ini dilaksanakan setiap tahunnya dan shahibul qurbannya adalah pegawai itu sendiri dan hal ini telah menjadi urf di PA Pelaihari.

3. Cara Pimpinan Memberikan Apresiasi  Kepada Anak Buah

PA Pelaihari menerapkan sistem reward and punishment kepada seluruh pegawai. Bagi yang berprestasi pimpinan memberikan apresiasi dan bagi yang khilaf pimpinan memberikan punishment secara proporsional. Hal ini dilakukan pimpinan untuk memotivasi dan memacu semangat pegawai untuk lebih berprestasi, seperti:

  1. Menganugerahkan penghargaan kepada Hj. Sunarni, SH. –Kepala Urusan Umum- sebagai pegawai terbaik pada Apel Pagi, 16 April 2012.
  2. Memacu anak buah untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga pada 17 April 2012  PA Pelaihari bertambah 2 Magister lulusan IAIN Antasari Banjarmasin  masing-masing Moh. Jatim, S.Ag., MHI., dan Reny Hidayati, S.Ag., SH., MHI.
  3. Menetapkan pegawai teladan yang dijadikan sebagai Role Model, yaitu:

a)     Muhammad Arif, S.Ag., MSI. -Hakim- Sebagai Rool Model bidang Profesionalisme.

b)     Hj. Rahmatul Janah, S.Ag. –Panmud Hukum-  sebagai Rool Model bidang Integritas.

c) Hj. Sunarni, SH. –Kepala Urusan Umum- sebagai Rool Model bidang bidang Kejujuran (akhlakul karimah).

Pada semester kedua, Sabtu 7 Juli 2012 PA Pelaihari melaksanakan program Tour dan Rekreasi ke sejumlah tempat wisata di wilayah Martapura. Rihlah ini diikuti seluruh pegawai beserta keluarganya.

4. PTWP Sangat Digemari

Kegiatan PTWP mendapatkan tempat istimewa di PA Pelaihari. Tempat latihan yang representatif dan dukungan pimpinan menambah motivasi para anggota. Anggota hanya diminta rajin latihan tanpa dipungut iuran karena sewa lapangan dan bola telah ditanggulangi oleh kantor.

Pada 8 Maret 2012 PA Pelaihari menjadi tuan rumah Turnamen Tenis PTWP Zona I PTA Banjarmasin. Turnamen ini sudah terjadwal secara teratur setiap 3 bulan sekali, sehingga pada saatnya setiap PA akan menjadi tuan rumah.

Jum’at 31 Agustus 2012 PA Pelaihari mengirimkan kontingen tenis lapangan dalam rangka Peringatan 130 Tahun Peradilan Agama yang diselenggarakan oleh PTA Banjarmasin di  lapangan tenis Dharma Praja Banjarmasin.

5. Dharmayukti Karini Wadah Silaturahmi

Kegiatan organisasi wanita ini cukup padat dan berjalan dengan baik seiring dengan kegiatan kantor. Baik kegiatan PHBI, olahraga, seminar kesehatan, pembinaan mental dan sosial. Jum’at 20 0ktober 2012, DYK menggelar acara Senam Kesegaran Jarmani dilanjutkan dengan acara keterampilan  bagaimana cara  membuat diri ibu-ibu DYK selalu tampil anggun, cantik dan menarik. Hadir dalan kegiatan tersebut Ibu Ketua DYK, pengurus dan anggota baik dari PA Pelaihari maupun  dari PN Pelaihari.

Dalam rangka menguatkan mental anggota, DYK mengadakan peringatan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada Jum’at 8 Juni 2012 waktu setempat. Dan di akhir tahun, Jumat, 21 Desember  2012 DYK menyelenggarakan Muscab sebagai sarana konsolidasi organisasi laporan kerja, menyusun kepengurusan baru dan program kerja 2013. Acara diakhiri dengan penyerahan Bantuan Dana Bea Siswa (BDBS) kepada anak-anak pegawai yang berprestasi yang jumlahnya bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan.

6. Laboratorium Hukum

Tahun 2012 PA Pelaihari dipercaya oleh IAIN Antasari Banjarmasin sebagai laboratorium hukum bagi mahasiswanya. Program ini sebagai wujud pendalaman materi matakuliah hukum. Di hari terakhir saat perpisahan 17 Agustus 2012 mahasiswa menyatakan sangat puas melaksanakan praktikum di PA Pelaihari.

Menurut mahasiswa, dengan praktik langsung di ruang sidang maka teori-teori hukum acara yang selama ini di dapatkan di bangku kuliah lebih mudah dipahami. Teori Hukum Acara Perdata yang terkesan cukup membingungkan, namun setelah melakukan praktikum di PA Pelaihari mereka menjadi lebih mengerti dan memahami.

7. Kerja Keras Berbuah Prestasi

Tidak ada perjuangan yang sia-sia. Sekecil apapun usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan berbuah manis. Begitupun PA Pelaihari sekian lama berbenah diri di bawah komando Drs. H. Tarsi, SH., MHI. berkolaborasi dengan para “prajurit”   yang loyal akhirnya membuahkan prestasi yang membanggakan selama 2012, antara lain sebagai:

  1. Juara I Pelayanan Publik dan Meja Informasi tingkat propinsi di lingkungan PTA Banjarmasin.
  2. Juara I Website Tingkat Propinsi di lingkungan PTA Banjarmasin.
  3. Juara I Aplikasi SIADPA/SIADPA Tingkat Propinsi di lingkungan PTA Banjarmasin.
  4. Juara I Pelayanan Publik dan Meja Informasi Tingkat Nasional, untuk katagori Pengadilan Agama Kelas II.
  5. Juara I Website Tingkat Nasional di lingkungan Badilag MARI. Versi AIJP bekerjasama dengan Mahkamah Agung.
  6. Peringkat XII SIADPA/SIADPA Plus Tingkat Nasional di lingkungan Badilag MARI.
  7. Peringkat  XII Admin SIMPEG online Tingkat Nasional di lingkungan Badilag MARI.

PA Pelaihari juga berhasil meluncurkan inovasi baru yang mencengangkan banyak pihak, yaitu video  rekam jejak PA Pelaihari dari masa ke masa. Tayangan perdana video berdurasi 30 menit itu pada pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan 22 Nopember 2012 dan disaksikan ratusan orang baik dari PA, PN juga disaksikan oleh instansi lain. Usai tayangan berakhir beberapa tamu undangan langsung minta CD untuk dijadikan contoh dalam pembuatan Video di  masing-masing PA se Kalimantan Selatan.

Video tersebut saat ini bisa diakses publik di situs www.pa-pelaihari.go.id

8. Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Pengantar Tugas.

Selasa 24 Juli 2012 PA Pelaihari mengadakan acara pengantar tugas dua orang hakim yaitu H. Antung Jumberi, SH., MHI. yang dimutasikan ke PA Tigaraksa dan Moh. Jatim, S.Ag., MHI. yang dimutasikan ke PA Tabanan.

Kamis 22 Nopember 2012, PA Pelaihari sukses menyelenggarakan acara pengambilan sumpah wakil ketua  dan pelantikan hakim masing-masing Drs. H. Fathurohman Ghozalie, LC, MH  yang sebelumnya Hakim  PA Wonosari dan Muh. Irfan Husaeni S.Ag, MSI. yang sebelumnya Hakim PA Painan.

Acara dilanjutkan dengan pengantar tugas Drs. Ahmad Sayuti Arsyad –Waka PA Pelaihari- yang dimutasikan ke PA Balikpapan dan Drs. Fakhrani yang dimutasikan ke PA Banjarbaru.

9. Menerima Tamu Istimewa

Beberapa pejabat baik dari pusat maupun daerah kerap mengunjungi PA Pelaihari. Terlebih setelah diumumkannya PA Pelaihari sebagai Juara I Pelayanan Publik dan Meja Informasi Tingkat Nasional  dan Juara I Website Tingkat Nasional pada puncak acara 130 Peradilan Agama di Jakarta, PA Pelaihari makin “seksi” untuk dikunjungi, diantaranya:

  1. Jum’at 9 Nopember 2012, PA Pelaihari menerima rombongan studi banding dan silaturrahmai PA Buntok Kalimantan Tengah yang dipimpin langsung oleh Ketua PA Buntok -Drs. Hasanuddin MH-.
  2. Selain PA Buntok, PA Pelaihari sebelumnya juga menerima kunjungan dari PA Barabai, PA-PA sewilayah PTA Bangka Belitung, dan  PA Negara.
  3. Sedangkan dari Badilag MARI adalah Tohir, S.H selaku Tim Implementasi Aplikasi SIADPA Plus Nasional yang melakukan penilaian atas PA Pelaihari 4 September 2012.
  4. Dan di akhir tahun dikunjungi oleh Kabag Umum Setjen Badilag MARI, Arief Gunawansyah, SH., MH. dan asistennya  Ibu Siska, SH. Jum’at, 7 Desember 2012.

 

10. Hubungan Mesra dengan Pemda

Hal ini tergambar ketika Ketua PA Pelaihari ditunjuk menjadi Inspektur Upacara pada peringatan hari jadi Kabupaten Tanah Laut ke-47 yang dipusatkan di Kecamatan Bati-Bati Rabu, 5 Desember 2012. Dalam sambutanya Irup menyampaikan bahwa Kecamatan Bati-Bati merupakan Kecamatan yang paling banyak  dibangun perusahaan dan ini merupakan investasi terbesar  bagi wilayah Kabupaten Tanah Laut oleh karena itu masyarakat harus menjaga wilayah ini dengan baik agar kondisi keamanannya kondusif, sehingga investor merasa aman dan nyaman menanamkan modalnya di tempat ini.

11. Kado Akhir Tahun

Rabu 28 Nopember 2012 Pukul 10.00 waktu setempat, PA Pelaihari sukses menyelenggarakan lelang terhadap harta bersama, sebagai wujud pelaksanaan putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap. Dalam pelaksanaan lelang ini hadir dari KPKNL Banjarmasin -Yusri, SH.- sebagai pejabat Lelang, Panitera/Sekretaris –Drs. Abdul Mujib- sebagai kuasa penjual, pemohon eksekusi dan peserta lelang. Objek lelang bervariasi luasnya dan berada di 3 tempat berbeda dengan nilai total Rp 1.300.000.000,00. (satu miliar tiga ratus juta rupiah).

Ketua PA Pelaihari setelah membuka acara pelaksanaan lelang, kemudian menyerahkan kepada pejabat lelang dari KPKNL untuk dilanjutkan sesuai aturan dan prosedur lelang. Dalam pelaksanaan lelang tersebut berhasil dijual 1 objek lelang berupa tanah seluas 891 meter persegi seharga Rp 400.100.000,00 (empat ratus juta seratus ribu rupiah). Sebagai pemenangnya Yudi Rizal SE. Sementara objek lelang lainnya belum  berhasil dijual karena belum ada peminatnya.

C. Konsolidasi dan Muhasabah

Jelang akhir tahun PA Pelaihari tetap menjaga performanya. Pembinaan secara langsung maupun tidak langsung terus dilakukan oleh Sang Nahkoda. Kamis, 13 Desember 2012 Ketua memimpin rapat konsolidasi. Rapat membahas permasalahan teknis yudisial yang dihadapi di lapangan guna mencari solusinya.

Pimpinan juga merencanakan program kegiatan akademik 2013 berupa diskusi rutin. Masing-masing hakim bertindak sebagai nara sumber sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh penanggung Jawab diskusi yaitu Drs. H. Fathurohman Ghazalie, Lc., MH., Waka PA Pelaihari.

Ketika dihubungi di ruang kerjanya akan capaian prestasi 2012, Ketua menjawab,”Saya mempunyai analisa bahwa potensi SDM PA Pelaihari yang digunakan baru 70%. Masih banyak waktu yang tidak digunakan secara efektif. Seandainya pada 2013 nanti seluruh potensi dimaksimalkan 100%, maka PA Pelaihari pasti akan mengalami akselerasi kejayaan yang luar biasa. Kita sudah terlanjur dianggap baik oleh Badilag, mau tidak mau kita harus mempertahankan dan meningkatkannya dengan sebaik-baiknya”.

Ketua menyampaikan terimakasih atas kerjasama semua pihak yang telah andil membangun PA Pelaihari sehingga menjadi sekarang dan mengucapkan Selamat Tahun Baru 2013 semoga Allah SWT selalu meridhai gerak langkah kita, amin.

*Sumber: berita www.badilag.net, www.pa-pelaihari.go.id dan wawancara langsung dengan Ketua PA Pelaihari, Drs. H. Tarsi, SH., MHI.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage