logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 1292

BEAUTIFUL WOMEN, WHY NOT.....?

Apa itu cantik ?..... Banyak arti dan pengertian untuk kata tersebut. Cantik bisa dihubungkan dengan hal indah yang dapat membuat seseorang menjadi suka dan mencintai, elok, molek, rupawan dan sebagainya, sedangkan Ensiklopedi kata-kata Al Quran memberikan arti kata cantik sebagai keanggunan, kehalusan dan keelokan. Siapa yang tidak ingin tampil cantik, apalagi kaum wanita yang umumnya selalu ingin tampil cantik dan menarik, karena wanita memang identik dengan kecantikan, sehingga tidak jarang wanita cantik sering dirumuskan dengan wanita yang memiliki kulit putih,tubuh ramping nan langsing, rambut panjang dan hitam, betis membujur, bibir kecil dan merah, hidung mancung, mata berbinar, modis dalam berpakaian, menggunakan aksesoris modern dan sebagainya yang semuanya menggambarkan kecantikan hanya sebatas cover luar saja. Demikianlah sebuah rumusyang entah dari mana asal muasalnya, sehingga tidak cantik = minder dan jarang disukai orang dan Cantik = Percaya diri, terkenal dan banyak orang yang suka.

Seorang wanita memang memiliki fitrah dari Allah SWT yaitu menyukai kecantikan dan keindahan. Namunterkadang kita salah memaknai nilai kecantikan dan keindahan yang sebenarnya dan menganggap bahwa cantik dan indah hanya tertumpu pada kecantikan dan keindahan fisik dan lahiriah semata. Sering kita menyaksikan betapa banyak wanita cantik tapi kecantikannya hanya temporal,pribadinya adalah pribadi yang tidak cantik, kehidupannya berantakan bahkan terkadang menimbulkan masalah bagi diri sendiri dan orang lain.

Allah SWT menciptakan manusia dengan sebaik baik bentuk :"Laqod kholaqnal insaana fii ahsani taqwiim" "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." (Qs. 95 : 4), dan Rasulullah Saw bersabda: "Ketahuilah, di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik maka baik pulalah seluruh tubuh. Dan apabila ia rusak maka rusak pulalah seluruh tubuh. Ketahuilah itu adalah hati.(HR Bukhari dan Muslim). Maka berbahagialah ketika kecantikan itu bukan sekedar fisik dan lahiriah semata, tapi terutama cantik hati dan akhlak. Kecantikan fisik pasti akan menurun dan memudar seiring dengan bertambahnya usia. Tapi kecantikan hati dan akhlak, itulah yang akan bersinar memancarkan cahaya dan terus dikenang oleh orangdi sekitar kita, karena "Allah tidak melihat jasad dan rupamu, tetapi yang Allah lihat adalah hatimu." (H.R. Bukhori Muslim), oleh karena itu bermohonlah kita agar selalu diberikankan kecantikan budi pekerti “Allahumma kamaa hassanta khalqii, fahassin khuluqii, Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadian (fisik) ku, maka perindah pulalah akhlakku.

            Lalu apa saja hiasan yang harus dipakai agar para wanita selalu tampil cantik dan indah....? dan inilah antara lain kosmetik dan perhiasan tersebut :

  1. Taburkan bedak pada wajah
  2. Pakailah sabun dan lulur
  3. Celak menjadikan mata sehat, jernih, tak mudah kena iritasi dan infeksi, dapat memperindah mata, dan pada saat tidur dapat menyelimuti kelopak mata dari sinar-sinar yang dapat mengganggu ketenangan beristirahat. Sedangkan celak mata yang dimaksud disini adalah dengan menundukkan pandangan (ghadul bashar), agar pandangan visual akan menjadi makin jernih dan bening. Menjaga pandangan mata dari memandang hal-hal yang diharamkan oleh Allah merupakan akhlak yang mulia, bahkan Rasulullah menjamin masuk surga bagi orang-orang yang salah satu dari sifat-sifat mereka dalah menjaga pandangan.
  4. Oleskanlah lipstik
  5. Merawat rambut dan tubuh, yakni dengan menggunakan pakaian islami agar dapat melindungi jasad dari menjadi korban manusia a moral. Artinya, ia senantiasa menutupi aset yang paling berharga yang diberikan Allah SWT. Tidak memperlihatkan lekuk tubuh yang dapat mengundang decak kagum lawan jenisnya. Jangan hanya karena alasan trend dan mode sehingga wanita berekspresi dan berpakaian dengan mengumbar tubuhnya untuk dinikmati mata setiap orang yang memandangnya.
  6. Memakai aksesoris gelang dan cincin yakni dengan gelang sedekah dan cincin ukhuwwah Islamiyah, agar kelak dipertemukan dengan orang-orang sholih yang nilai dan derajatnya lebih besar dari gunung emas permata. Sedekah akan menolong pelakunya dari kesengsaraan dalam perjalanan menuju alam akhirat, Rasulullah SAW bersabda : “Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskannya perkara-perkara diantara manusia” dan dalam hadits lain Beliau juga bersabda : “Naungan seorang mukmin di hari kiamat adalah sedekahnya”
  7. Bersuara dengan merdu dan syahdu, yakni dengan kemerduan dan kesyahduan tilawatil quran dan dzikrullah, agar dapat mengecap dan merasakan hulwatul Iman (manisnya iman). Dzikrullah menyebut dan mengingat Allah SWT. Dalam kehidupan kita, ada berbagai doa yang bisa dibaca dalam setiap aktivitas dan kesempatan, sejak bangun tidur sampai tidur kembali, hampir seluruh aktivitas ada doa khusus. Membaca basmalah, juga mengandung makna dzikir, menyebut dan mengingat Allah SWT. Rasul Saw bersabda : “Setiap amal yang tidak dimulai dengan nama Allah SWT, maka ia terputus dari keberkahan”. (HR. Abu Dawud).
  8. Bernafaslah dengan syahdu, yakni dengan menghembuskan nafas taabbud wa taqarrub ilallah, sehingga kegelisahan dalam hidup tidak akan pernah mendekati kita. Taqarrub berarti pendekatan diri kepada Allah. Allah memberikan ‘peluang’ untuk mendekatkan diri kepada-Nya karena Ia dekat dengan hamba-Nya.”Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat, Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku” (QS al-Baqarah 186)”. Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya” (QS Qaaf 16).
  9. Postur tubuh yang lurus dan ideal, yakni dengan ketulusan dalam menunaikan shalat dan ibadat kepada Allah SWT. Shalat adalah ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur (gerakan khas tubuh) dan gerakanshalat mirip yoga atau peregangan (stretching), yaitu dapat melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Nah jika ingin memilki postur tubuh yang ideal maka perbanyaklah shalat.

     Idealnya wanita memerlukan bedak dalam proses make-up untuk mempercantik wajah baik bedak tabur ataupun bedak padat. Terlepas dari kedua jenis bedak tersebut adalah bedak yang berasaskan malu dan beradab adalah merk yang paling tepat, karena bedak merk malu dan beradab dapat memancarkan kecantikan dan kesederhanaan lahiriah dan menjadi penyejuk mata orang yang memandang. Memiliki sikap malu bukanlah suatu hal yang dapat menghambat perkembangan dalam diri seorang wanita. Tapi, malu disini yaitu sikap seorang wanita yang selalu rendah hati dan tidak pamer.

Siapa yang tidak ingin mempunyai tubuh yang sehat, putih alami dan wangi, berbagai produk pasaran yang ditawarkan agar kulit putih dan sehat, seperti sabun, lulur, lotion dan sebagainya. Adapun produk yang dapat mengangkat dan mengikis daki dan kotoran dosa pada tubuh serta kesalahan yang telah dilakukan, yakni sabun dan lulur istighfar karena istighfar sebagai penghapus noda hitam dalam hati seseorang yang telah melakukan dosa, sebagaimana Rasulullah bersabda, ”Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya.”(HR.Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi).

     Lipstik bagi wanita menjadi riasan yang menyempurnakan penampilan sehingga riasan terlihat maksimal. Lipstik tidak hanya digunakan ketika akan pergi ke suatu acara tertentu, sebagian wanita selalu menggunakannya setiap hari. Demikian halnya dengan lipstik yang harus dioleskan pada kedua bibir wanita yakni lipstik kejujuran dan kebenaran, agar ukiran senyuman akan bertambah manis dan dihargai sesama.

Wanita cantik memang banyak, tapi jarang yang molek pula akhlaknya, karenanya hiasilah dengan akhlak yang baik, niscaya wajah, perilaku dan kepribadian kita akan selalu tampil cantik. Beauty is not is the face but a light in the heart, Kamu canti, cantik dari hatimu....( lagu Cherry Belle).Pesona kecantikan yang sesungguhnya, bukan pesona semu yang kasat mata, biar pun rupa tak jelita, tapi perangainya cantik dan indah."Nafsu mengatakan perempuan itu cantik atas dasar rupanya. Akal mengatakan perempuan itu cantik atas dasar ilmu dan kepintarannya. Dan hati mengatakan perempuan itu cantik atas dasar ahlaknya."

Untuk mendapatkan kecantikan dan keindahan akhlak, hendaknya kita selalu memohon kepada Allah, sebagaimana yang dipanjatkan oleh Nabi SAW, pemilik akhlak yang agung. “Dan berilah hidayah kepadaku agar baik akhlakku. Tak ada yang mampu memberi hidayah untuk memperbaikinya kecuali Engkau” (HR. Al-Haitsami dan Abu Ya’la). Demikian pula kebaikan dan kesucian diri tidak lepas dari taufik Allah SWT. “Aku tidak bermaksud kecuali (melakukan) perbaikan selama aku masih berkesanggupan. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah” (QS. Huud: 88).

Sebagai penutup ada syair indah yang patut menjadi renungan kita :

Banyak lebah mendatangi bunga yang kurang harum

Karena banyaknya madu yang dimiliki bunga

Tidak sedikit lebah meninggalkan bunga yang harum karena sedikitnya madu

Banyak laki-laki tampan yang tertarik dan terpesona oleh wanita yang kurang cantik karena memiliki hati yang cantik

Dan tidak sedikit pula wanita cantik ditinggalkan laki-laki karena jelek hatinya
Karena kecantikan yang sejati bukanlah cantiknya wajah tapi apa yang ada di dalam dada, maka percantiklah hatimu agar dicintai dan dirindukan semua orang.

Rantau, 25 Agustus 2015

Hj.St.Zubaidah,S.Ag.,S.H.,M.H.

(Hakim PA. Rantau)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor