logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on .

Wilayah VI PTA Makassar Gelar Diskusi Hukum Serta Halal Bi Halal

MAJENE | LPMP SULBAR 

Diskusi Hukum Wilayah VI Pengadilan Tinggi Agama Makassar dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2021, Pengadilan Agama Majene selaku tuan rumah kegiatan tersebut menempatkan pelaksanaan kegiatan di LPMP  dengan pertimbangan tempat tersebut sangat representatif untuk pelaksanaan kegiatan diskusi tempatnya yang asri nyaman dan indah mengantarkan para peserta melaksanakan diskusi secara maksimal sambil menikmati panorama alam dan keindahan gedung LPMP, penempatan kegiatan LPMP itu sendiri merupakan wujud kerja sama antar Pengadilan Agama dan pihak LPMP yang terjalin secara harmonis, mengutip arahan yang muliyah wakil ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar saat membuaka acara secara resmi bahwa tempat kegiatan ini sudah bertarap nasional dan beliaupun menyempatkan diri menyampaikan terima kasih kepada pihak LPMP yang bersedia meminjamkan tempatnya untuk kegiatan tersebut. Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh YM DR. H. Nurdin Juddah.,SH.,MH  Wakil Ketua PTA Makassar.

Peserta diskusi tersebut sejumlah 60 orang dari empat Peradilan Agama yaitu Pengadilan Agama Mamuju sebagai kordinator wilayah, Pengadilan Agama Polewali Pengadilan Agama majene dan Pengadilan Agama Pasangkayu, dimana pesertanya sendiri terdiri dari Hakim, Panitera dan juru sita. Berbagai permasalahan hukum dibahas pada diskusi tersebut baik masalah teknis yustisial maupun masalah non teknis dan diskusinya berjalan alot dengan nara sumber dari hakim tinggi YM. Drs. H. Abdul Muin Thalib.,SH.,MH dan Drs. Chaeruddin.,SH.,MH serta  panitera pengadilan tinggi agama Makassar Bapak Drs. H. Muhammad Nur, M.H.

  

Alhamdulillah telah melahirkan berbagai hasil yang tertuang pada hasil rumusan oleh para tim perumus yang merupakan perwakilan dari empat peradilan agama. Hasil rumusan diskusi hukum diserahkan oleh Kordinator Wilayah VI Bapak M. Syaifuddin, S.H.I., M.Sy kepada Hakim tinggi PTA Makassar selaku nara sumber hasil diskusi wilayah ini kemudian akan menjadi pedoman kerja dilingkungn peradilan agama hususnya di wilayah VI pengadilan tinggi agama Makassar. Pada kegiatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Majene Marwan Wahdin SHI dan Wakil Ketua PA Majene selaku Ketua Panitia ibu Nurul Hidayatit Diniyati.,S.Ag mohon ijin dan perkenan kepada YM bapak wakil ketua pengadilan tinggi agama Makassar untuk meloncing dua aplikasi yang diciptkan oleh tim IT PA Majene dibawah kordinator Ridwan., S.Kom  yaitu aplikasi antrian sidang one line dan aplikasi DAPORA yang merupakan hasil kolaborasi antar tim IT Pengadilan Agama Majene, Disdukcapil dan kementrian Agama serta lagu mars PA Majene yang disiptakan oleh Muliadi. R  juru sita pengadilan agama majene. 

Selanjutnya Alhamdulillah setelah acara pembukaan dua aplikasi dan lagu Mars PA Majene dilaunchin oleh YM Wakil Ketua Pengadilana Tinggi Agama Majene. Dua aplikasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan PA Majene kepada masyarakat sesuai yang tertuang dalam lirik lagu Mars PA majene  bersih melayani dan berbasis teknologi inovasi. Ketua Pengadilan Agama Majene Bapak Marwan Wahdin.,SHI menaruh harapan besar kepada keluarga besar PA. Majene Semoga keluarga besar PA Majene tetap solid dalam kebersamaan demi PA Majene yang lebih maju, Aamiin.

  

  

Setelah pembukaan, lanjut kepada acara inti yaitu diskusi hukum. Ada 3 agenda dalam diskusi hukum ini yaitu Teknis Yudisial, Administrasi Kepaniteraan dan Strategi Meningkatkan Nlai SIPP. Acara kemudian ditutup dengan closing statement.

Seluruh peserta dan panitia telah menerapkan protocol kesehatan. 

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage