logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on .

Tim Penilai Nasional (TPN) Kemenpan RB Kunjungi Pengadilan Agama Praya


Tim kemenpan RB memeriksa Pelayanan Terpadu Satu Pintu PA Praya

Praya | pa-praya.go.id

Pada hari Jum’at, 3 Desember 2020 Pukul 10.30 WITA, Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) diwakili oleh Bapak Novan Karisma Salainti dan bu Savina Ariani mengunjungi Pengadilan Agama Praya.

Kedatangan TPN Kemenpan RB tersebut disambut hangat oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Praya dengan suka cita. Hadir dalam penyambutan tersebut Ketua Pengadilan Agama Praya Baiq Halkiyah, S.Ag., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama Praya Syafruddin, S.Ag., M.S.I, Panitera Drs. Ahmad, S.H., M.H., dan sekretaris PA Praya Ridho Rasyid, S.IP. serta bapak dan ibu Hakim.

Sehari sebelumnya sebagaimana telah diinformasikan bahwa TPN Kemenpan RB telah mengunjungi PTA Mataram. Pada kesempatan kunjungan atau survey kali ini perwakilan TPN menyampaikan maksud kedatangannya adalah untuk melakukan peninjauan langsung terhadap inovasi dan pelayanan yang berlangsung di Pengadilan Agama Praya. “ Kami ingin melihat secara langsung budaya kerja, inovasi pelayanan yang telah disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Praya pada saat Desk evaluasi (DE) beberapa waktu yang lalu” lanjut bapak Novan selaku perwakilan TPN.

Dalam kesempatan penerimaan tamu di ruang Ketua Pengadilan Agama Praya, Ketua PA Praya Baiq Halkiyah menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas perhatian serta apresiasi yang tinggi kepada TPN Menpan RB atas kujungan ke Pengadilan Agama Praya. Keluarga besar PA Praya telah berusaha maksimal dengan sumber daya dan sumber dana yang ada untuk memberikan pelayanan prima dan berkeadilan kepada masyarakat pencari keadilan.” Bagi kami pelayanan yang baik dan berkeadilan tanpa membeda bedakan kepada masyarakat dan dengan tetap menjaga integritas adalah pilihan kami dan dengan pilihan tersebut, kami bekerja “ tegas KPA Praya.

Setelah perwakilan TPN Kemenpan RB mengisi guest book electronic yang terletak di meja resepsionis, Tim kemudian bergegas melihat keadaan di ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Tim mendapatkan penjelasan tentang beberapa aplikasi unggulan di PA Praya. Di antaranya aplikasi pelayanan Megatri atau Media Gugatan Mandiri yang membantu para pihak membuat gugatan atau permohonan secara mandiri.

Panitera PA Praya menjelaskan tentang Aplikasi yang ada di PA Praya

Selain itu juga diperkenal aplikasi control inputan sidang, control upload dokumen dan minutasi. Aplikasi ini membantu untuk mengawasi data persidangan dan data upload putusan dan data minutasi. Dengan aplikasi ini dapat diketahui data perkara yang sudah lengkap dokumennya terutama dalam program one day minute dan one day publish.

Ada juga aplikasi Sipprop (system informasi pengambilan produk pengadilan) yang berfungsi untuk mendokumentasi data pengambilan akta cerai atau Salinan putusan oleh pihak. Aplikasi dilengkap dengan kamera dan data pengambil tersimpan dalam data base aplikasi. Aplikasi membantu pengarsipan pengambilan produk pengadilan secara elektronik.

Selain inovasi elektronik, PA Praya juga memperkenalkan inovasi non elektronik berupa kotak pengaduan dan Jasprop (Jasa Pengantaran produk pengadilan) yaitu delivery produk pengadilan khusus bagi pihak penyandang disabilitas. Kotak pengaduan diletakkan di seluruh kantor kecamatan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah dan secara periodic petugas mengambil kotak tersebut untuk didaftarkan di register pengaduan jika ada pengaduan. Kotak pengaduan ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan pengaduan jika memperoleh pelayanan tidak sesuai dengan Standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh Pengadilan Agama Praya.

Sedangkan untuk delivery produk pengadilan bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pencari keadilan yang mengalami keterbatasan secara fisik untuk mendapat produk pengadilan. Layanan ini diberikan secara Cuma Cuma dan dilakukan oleh petugas yang diberikan SK oleh Ketua Pengadilan Agama Praya.

Pada saat observasi, tim juga melihat secara langsung implementasi berbagai inovasi Pengadilan Agama Praya. Begitu juga untuk mengetahui hasil pelayanan, di ruang PTSP terdapat layar untuk melakukan survey kepuasan masyarakat secara elektronik atau e-SKM. Setiap pihak yang telah mendapat pelayanan di PTSP, dminta untuk mengisi beberapa pertanyaan terkait pelayanan yang telah diperoleh di PA Praya.

Tim Menyampaikan terimakasih atas kinerja dan pelayanan prima kepada pencari keadilan. Pelayanan yang sudah ada ini agar dapat dipertahankan dan dapat ditingkatkan pada masa yang akan terutama dalam menghadapi Wilayah Birokrasi bersih dan melayani. Pada tahap WBBM ini target yang ingin dicapai adalah hasil nyata dari tiap tiap area yang mendukung peningkatan kinerja dan pelayanan prima dan integritas tinggi.

Semoga PA Praya meraih predikat WBK dan selalu berkomitmen untuk pelayanan yang lebih baik.(Tim IT PA Praya)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice