logo web

Dipublikasikan oleh PA Tangerang pada on .

Selangkah Menuju WBBM, Pengadilan Agama Tangerang Dievaluasi Oleh Tim Penilai Nasional Kemenpan RB

TANGERANG | pa-tangerangkota.go.id 

   

Tim Penilai Nasional kunjungi Pengadilan Agama Tangerang dalam Rangka Penilaian/Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) PA Tangerang melalui Verifikasi Lapangan (Verlap). Kemenpan RB sebagai melalui Evaluator didampingi Tim Penilai Internal dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Tangerang, 23 November 2021.

Dihadapan tiga orang Tim Penilai Nasional KemenPAN RB, Ketua Pengadilan Agama Tangerang Cik Basir memaparkan Progress Report Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) PA Tangerang. Cik Basir juga memaparkan inovasi-inovasi unggulan dan mitigasi resiko terutama pada upaya peningkatan kinerja, pengendalian anti gratifikasi dan peningkatan pelayanan publik.

Inovasi dalam peningkatan kinerja selain SIPP, juga ada e-Office SENORITA dan SIJAWARA, dan upaya pengendalian anti gratifikasi ada inovasi e-Visit (Buku Tamu Elektronik), Ruang Tamu Terbuka (Zona Steril), dan Kampanye Publik Anti Gratifikasi melalui SINYAL RADIO dan TV serta Website dan Media Sosial secara massive.

Pada upaya peningkatan pelayanan publik, dilakukan melalui inovasi SIPOLLING (Sistem Pengambilan Produk Pengadilan Keliling) dan UDAHAN (Update Data Pernikahan) yang memudahkan pengguna layanan mendapatkan produk (Akta Cerai, Salinan Putusan/Penetapan), plus KK dan KTP dengan status baru pada hari itu juga secara gratis melalui 13 Kecamatan terdekat, selain itu produk pengadilan juga dapat dikirim melalui LAKSA POS, dan cek status perkara melalui sistem android melalui e-Perkara 3.0, sehingga tidak perlu datang ke kantor untuk mendapatkan informasi maupun produk, terutama pada saat pembatasan layanan pada masa pandemi COVID-19.

Adapun inovasi unggulan lainnya yang tidak dimiliki pengadilan agama lain, yaitu SICANTIK (Sistem Cara Lihat Antrean Via Elektronik) melalui YouTube, NGOBAR (Ngopi Bareng di Webinar), PTSP & Posbakum Online, Sidang & Mediasi Virtual melalui Zoom Meeting yang hingga kini masih terus berlanjut dan dikembangkan. 

   

Terpukau dengan pemaparan Ketua Cik Basir yang spontan, lugas, lancar secara natural meski tanpa slide, Evaluator KemenPAN RB langsung meneruskan kegiatan dengan sedikit tanya jawab tanpa perlu presentasi secara resmi. Evaluator kemudian menutup evaluasi dengan melakukan observasi langsung ke Sarana dan Prasarana seperti Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Ruang Sidang, Ruang Mediasi, Ruang Tamu Terbuka, Pojok Disabilitas, Meja Gugatan Mandiri dan menyempatkan diri berswafoto di Pojok ZI dan bawah spanduk 19 inovasi. (FFN)



@humasmahkamahagung @ditjen.badilag @ptabanten @rbkunwas @kemenpanrb @bawas.mari @humas_kota_tangerang

#akreditasipenjaminanmutu #zonaintegritas #pengadilanagama #wbk #wbbm #rbkunwas #eksaminasi #mahkamahagung #mari #pengadilanagamatangerang

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook