logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on .

Rapat Evaluasi APM Pengadilan Agama Sijunjung

PA-SIJUNJUNG.GO.ID. Tepat pukul 14.00 WIB rapat evaluasi APM (Akreditasi Penjaminan Mutu) dibuka. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Nurhadi, S.H.I., M.H. (Wakil Ketua) sebagai Ketua Tim APM.

Rapat evaluasi ini berfungsi sebagai bahan untuk mengetahui sejauh mana eviden-eviden yang telah dikumpulkan oleh Tim dan berapa sisanya, kendala-kendala yang dihadapi dan apa solusinya.

Sesuai Buku Pedoman Praktis Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Agama, agar terwujudnya performa/kinerja Peradilan Indonesia yang unggul/prima, Indonesian Court Performance (-) Excellent (ICP-E).

Adapun kriteria penilaian ICP-E adalah:

  1. Kepemimpinan (Leadership);

  2. Perencanaan Strategis (Strategic Planing);

  3. Fokus Pelanggan (Customer Focus);

  4. Sistem Dokumen (Document System);

  5. Manajemen Sumberdaya (Resources Management);

  6. Manajemen Proses (Process Management); dan

  7. Hasil Kinerja (Performance Result).

Dari pemarapan Ketua Tim APM sebelumnya, Robbil Alfires, S.Sy, diperoleh informasi masih ada beberapa eviden yang perlu pembaruan, misalnya manajemen resiko, CPAR (Correktive, Preventive, Action and Request), SKM (Survey Kepuasan Masyarakat), Analisis SWOT, selebihnya semua eviden sudah ada, hanya tinggal mengumpulkannya saja.

Semua Tim sudah bergerak sesuai hasil rapat APM yang dipimpin oleh Ketua Tim APM sebelumnya, Robbil Alfires, S.Sy.

Dalam pemaparannya, Ketua Tim APM menjelaskan “bahwa berkaca dari pengalaman surveillance sebelumnya, selain LKE (Lembar Kerja Evaluasi) APM, juga diperiksa LKE implementasi APM, LKE ZI, dan LKE PTSP. Oleh karena itu, agar semua LKE tersebut dipersiapkan dan dilengkapi dan apabila ada kendala dan keluhan terkait dengan semua LKE tersebut tolong disampaikan kepada Sekretaris Tim atau kepada Ketua Tim agar dicarikan solusinya”. 

Sambung Ketua Tim APM lagi “Apabila semua eviden sudah lengkap, lalu semua diprint, lalu dimasukkan ke dalam map file yang sudah disediakan, lalu diserahkan kepada pengendali dokumen, agar Tim Assesor dapat segera melakukan assesmen terhadap semua eviden”. 

Setelah itu, ada beberapa pertanyaan anggota Tim terkait dengan teknis SKM dan hasil SKM, Survey Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK), dan Analisis SWOT.

Setelah semua agenda dilalui, rapat evaluasi APM ditutup dengan ucapan Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamamin. (NHD).

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook