logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on .

PTA Bengkulu Gelar Rakor Dengan PA Sewilayah PTA Bengkulu

Bengkulu | pta-bengkulu.go.id

Senin , 6 Januari 2014 bertempat di ruang aula Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu diselenggarakan rapat koordinasi PTA Bengkulu dengan PA sewilayah PTA Bengkulu yang diikuti oleh Ketua, Hakim Tinggi, Panitera/Sekretaris, Wakil Sekretaris, Wakil Panitera para pejabat struktural dan fungsional PTA Bengkulu serta para Ketua, Panitera/sekretaris, Wakil Panitera, Wakil Sekretaris PA sewilayah PTA Bengkulu dan ini merupakan rapat koordinasi perdana dengan PA Sewilayah PTA Bengkulu.

Rapat koordinasi kali ini langsung dipimpin Ketua PTA Bengkulu Drs. H. Said Husin, S.H., M.H. Pokok  bahasan utama adalah menyusun perencanaan untuk menggapai harapan PTA Bengkulu menjadi terbaik di tahun 2014.

Dalam kesempatan ini Ketua PTA Bengkulu menyampaikan pengarahannya yang diawali  dengan memberikan informasi bahwa untuk PTA Bengkulu rapat koordinasi ini  merupakan yang kedua, sebab yang pertama untuk PTA sudah dimulai hari pertama kerja tahun 2014. “Adapun tujuan dari  koordinasi ini adalah agar kita dalam melaksanakan pekerjaan tidak mengambang, untuk itu perlu sistem manajerial/ administrasi yang terarah’’,  ungkap beliau ramah.

Sistem administrasi terarah tersebut merupakan dasar yang dijadikan tolak ukur serta pondasi bagi kita dalam bekerja pada unit organisasi dalam hal ini PTA dan PA sewilayah Bengkulu. Banyak yang telah kita capai dan targetpun ada yang sudah terpenuhi, tapi kita jangan puas sampai disitu, sebab kedepannya akan lebih berat dari ini.

Lebih lanjut beliau  menyampaikan, sekarang ini kita sudah menerima DIPA 2014, untuk itu segera buat perencanaan agar dapat segera dilaksanakan. Jangan ada penundaan lagi karena ini berkaitan dengan penyerapan anggaran.

Dalam pengelolaan anggaran ini Kuasa Pengguna Anggaran selaku pengelola anggaran selalu koordinasi dengan pimpinan (Ketua PTA dan Ketua PA) dan dilaporkan. Mengingat Ketua PTA dan PA sebagai penanggung jawab kegiatan instansi secara keseluruhan. Disela sela pengarahan tersebut beliau juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Wakil Ketua PTA Bengkulu Drs. H. Ruslan Harunar Rasyid, S.H., M.H. Semoga amal beliau diterima disisi NYA, amiinnn.

Selanjutnya beliau menyampaikan  hasil kinerja tahun 2013, tingkat nasional: Lakip PTA Bengkulu nomor 2 (100%), persentase penetapan kinerja 2013 PTA Bengkulu nomor 2(100%). RKT 2014 PTA Bengkulu nomor 2 (83%). Renstra 2010-2014 PTA Bengkulu nomor 1 (100%), IKU PTA Bengkulu nomor 13 (83%). Ambisi saya PTA Bengkulu tahun 2014 terbaik secara nasional.

Untuk mencapai keberhasilan itu dalam meningkatkan beban kerja 2014 mari kita buat rencana yang baik dan tentunya berpedoman kepada sistem manajemen planing,organizing, aktualing, controling. Untuk itu buatlah perencanan secara kooperatif, dibuat secara bersama, tidak ada lagi doktrin dan instruksi.

Menyinggung tertib administrasi terutama tertib administrasi Bindalmin, bila dalam hal ini ada pertentangan dan banyak pendapat, maka kita tetap mengacu indikatornya Bindalmin karena sudah baku yang berhubungan dengan administrasi perkara. Kemudian tertib administrasi Kepegawaian dalam hal ini pendataan pegawai harus lengkap, SK harus diperbaharui, tertib inventaris, bahwa aset Negara harus tahu dari mana asal aset yang tentunya ada bukti perolehannya dan bagaimana penggunaannya serta penghapusannya.

Yang terakhir pengarahannya, terlaksananya tupoksi kita tidak lepas dari kedisiplinan termasuk kegiatan, keikut sertaan, kerjasama, mentaati insruksi, dan lain lain. Kita termasuk yang sangat rendah dalam soal kedisiplinan. Mari kita mulai, kalau bukan kita siapa lagi.

Untuk session selanjutnya, penyampaian materi dari Panitera/Sekretaris, Drs. H. M. Nawawi, M.H.  yang fokus kepada PP No. 46 tahun 2011 mengenai penilaian prestasi Kerja PNS, mengenai Renstra, LAKIP, Laporan Tahunan untuk segera dikirim ke PTA dan selalu mengingatkan agar penyerapan anggaran kedepannya jangan sampai tidak memenuhi target.

Kemudian sesi penyampaian secara teknis dari Wakil Sekretaris, Mirawati Saktiana, S.H., M.H. beberapa item mengenai hasil penilaian dari BPK baik mengenai aset, keuangan, kepegawaian dan tertib administrasi lainnya agar diperbaiki sesuai peraturan yang berlaku, terutama penekannya mengenai disiplin pegawai. “Kita harus lebih optimal dan profesional dalam bekerja sekalipun hanya dengan pegawai sedikit namun hasilnya lebih maksimal, dengan cara bagi habis pekerjaan, ungkap Wases sambil tersenyum.

Untuk sesi wakil Panitera, Sukardi, S.H., pokok permasalahannya mengenai biaya perkara dan biaya proses dan sistem pembukuannya biar ada keseragaman. Selain itu juga beliau menyampaikan seputar PNBP, walaupun nilainya kecil tapi kalau pembukuannya dan penyajian laporan keuangannya tidak jelas maka akan timbul permasalahan.

Usai penyampaian materi, dilakukan Tanya jawab dan dalam hal ini banyak pertanyaan dari peserta rapat, tentunya untuk mencari solusi yang terbaik dan ada dasarnya agar kedepannya kita lebih baik. Usai sesi tersebut rapat ditutup dengan pembacaan doa dan sekaligus mendoakan atas berpulangnya bapak Wakil Ketua PTA Bengkulu.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice