logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on .

Perang Pantun di Acara Pengantar Tugas dan Pisah Sambut Ketua PA Mempawah Kelas 1B

pisahsambut 2

KABAR BERITA | www.pa-mempawah.go.id

(16/09/2022) Pada acara Pengantar Tugas dan Pisah Sambut Ketua Pengadilan Agama Mempawah Kelas 1B hari ini, hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Ketua DPRD Kabupaten Mempawah, Wakil Ketua serta Panitera Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Perwakilan Polres Mempawah, Perwakilan Dandim Mempawah, Perwakilan Pengadilan Negeri, Perwakilan Kejaksaan Negeri Mempawah, Kementerian Agama Mempawah. Juga hadir beberapa dari SKPD daerah seperti Dinas Kesehatan Mempawah, Dinas Dukcapil, Dinas Sosial, Camat Mempawah Hilir. Ada juga stakeholder dari Pengadilan Agama Mempawah Kelas 1B seperti Bank Syariah Indonesia, BNI, Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah, Posbakum, serta Dharma Yukti Karini.

MC dari PA Mempawah yaitu Aryatama dan Khairunnisa membuka acara dengan pantun.

Pagi hari memetik tomat

Memetiknya di kebun Wawan

Kami ucapkan salam hormat

Untuk Bapak Ibu hadirin sekalian

Acara dimulai dari pemutaran video profil Bu Hj. Andriani, S.Ag., M.E. karena Pengantar Tugas ini dipersembahkan untuk beliau yang pindah menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Pontianak Kelas 1A. Dalam pengantarnya beliau mengucapkan terima kasih atas kedatangan Sekretaris Daerah mewakili Bupati, Ketua DPRD, Wakil PTA Pontianak, dan tamu undangan lainnya. Selama menjadi ketua PA Mempawah, Bu Andri berterimakasih dengan Dinas Kesehatan karena pada bulan Juli kemarin sudah melakukan MoU atas permohonan dispensasi kawin. Serta dengan Dukcapil, yang bekerjasama dengan kami di aplikasi Silapesan, untuk pelayanan perubahan Kartu Keluarga sehingga para pihak tidak perlu mengurus ke kantor Dukcapil. Untuk Dinas Sosial, semoga ke depannya PA Mempawah bisa bekerjasama untuk Sidang Pelayanan Terpadu. Serta Dandim dan Kapolres mohon kerjasamanya bila ada eksekusi atas perkara-perkara tertentu. Terima kasih juga Bu Andri ucapkan untuk Pengadilan Negeri yang sering bertemu di acara Dharma Yukti Karini, serta Kejaksaan yang sering bertemu di Forkopimda. Permohonan maaf beliau ucapkan atas kesalahan dan kekurangan selama berada di PA Mempawah Kelas 1B.

pisahsambut 1

Kemudian kata sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Mempawah Kelas 1B yang baru yakni Bapak Yopie Azbandi Aziz, S.Ag., M.H. didampingi istri Bu Haridayati, S.H. Pak Yopie mengawali karirnya sebagai hakim pertama di Aceh, beliau menjelaskan bahwa di Aceh menggunakan Hukum Jinayat karena kehendak masyarakat di sana, dan nama pengadilannya yaitu Mahkamah Syariah. Selain bicara tentang karir, beliau juga menyampaikan profil keluarga dan pendidikannya kepada para hadirin. Selesai memberi kata sambutan, Pak Yopie mengucapkan pantun.

Sungai Kapuas sungai terpanjang

Tempat anak gadis mencuci kain

Semoga kita berumur panjang

Agar Allah mempertemukan kita di kesempatan lain

pisahsambut 4

Kini giliran Bapak Sekda Mempawah, Drs. H. Ismail, M.M. memberi kata sambutan, yang mewakili Bupati dan Wakil Bupati Mempawah yang berhalangan hadir karena ada acara di luar kota. Beliau memberi pantun pembuka:

Air beriak tanda tak dalam

Nelayan melaut di waktu subuh

Izinkan saya mengucap salam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

pisahsambut 3

“Salam dari Bupati dan Wakil Bupati yang berhalangan hadir. Mari kita meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pemda Mempawah sangat mengapresiasi semua instansi vertikal yang sama-sama membangun Kota Mempawah ini, termasuk Pengadilan Agama Mempawah. Terimakasih juga untuk Bu Andriani yang selama ini telah melaksanakan tugasnya di PA Mempawah dengan baik serta kerjasamanya dengan Forkopimda.” Ujar Pak Ismail.

“Kami atas nama masyarakat Mempawah juga mengucapkan selamat datang kepada Pak Yopie dan Istri karena sudah meninjakkan kaki di Bumi Galaherang. Kami juga menitip harapan kepada Ketua baru, untuk tetap menjaga situasi yang kondusif, bersinergi dengan Pemda serta mampu menekan angka perceraian serta menghasilkan output yang lebih baik demi Mempawah cerdas, mandiri, dan terdepan.” Tambah Pak Sekda. Beliau pun memberi pantun:

Sari bunga didamba lebah

Bersama kupu-kupu jadi relasi

Bu Hj. Andri dapat promosi Alhamdulillah

Kembangkan ilmu dan gapai prestasi

 

Jarum hilang tengah Jerami

Kain kebaya dalam peti

Selamat datang Pak Yopi dan istri di tempat kami

Smoga Bahagia dan tetap betah menanti

pisahsambut 5

Sesi berikutnya ialah sambutan dari Wakil PTA Pontianak, Drs. H.M. Nahiruddin, S.H., M.H. yang juga memberikan pantun:

Pohon sukun di tengah taman

Taman indah jangan dihancurkan

Assalamualaikum teman-teman

Salam kenal saya ucapkan

“Saya adalah anak Nusantara, karena telah berkeliling demi tugas.  Orang-orang di Pengadilan Agama harus dapat berfikir tenang agar dapat menyelesaikan perkara dengan baik. Sekarang, peradilan agama sudah sangat maju. Dahulu ke Pengadilan harus manual, sekarang sudah online mulai dari antrian, sampai mengajukan gugatan via e-court hingga pemeriksaan saksi.” Ujar Pak Wakil PTA Pontianak.

Terakhir adalah pembagian cinderamata dan berfoto bersama. Selamat jalan Bu Andri dan selamat bertugas di PA Mempawah Kelas 1B Pak Yopie.

(DwiArta)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook