logo web

Dipublikasikan oleh Drs. H. Hasbi, M.H. pada on . Dilihat: 41

Pembinaan dan Diskusi Hukum PTA Sultra Telurkan Sejumlah Rumusan
WKPTA Sultra ketika menutup acara Pembinaan dan Diskusi Hukum
WKPTA Sultra ketika menutup acara Pembinaan dan Diskusi Hukum 

Setelah berlangsung selama tiga hari, acara pembinaan dan diskusi hukum yang diselenggarakan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sulawesi Tenggara, ditutup secara resmi Wakil Ketua PTA Sultra Dr. Drs. H. Mame Sadafal, M.H.

Wakil Ketua PTA Sultra dalam sambutannya menjelaskan bahwa dengan berakhirnya seluruh rangkaian acara pembinaan dan diskusi hukum ini, melalui dua Tim Perumus yang masing-masing, tim pertama, yang diketuai oleh Hakim Tinggi Drs. H. M. Yusuf, S.H., M.H., sekaaligus bertindak sebagai moderator diskusi, tentang Pemeriksaan Setempat (Descente) yang disampaikan oleh Hakim Pengadilan Agama Kelas IA Kendari, Drs. H. Muh. Iqbal, M.H., dengan dua pembanding, masing-masing, Subiyanto Nugroho Hakim Pengadilan Agama Raha sebagai pembanding pertama dan Hakim Pengadilan Agama Kolaka sebagai pembanding kedua. Sementara Tim Perumus kedua diketuai oleh Drs. H. Pandi yang juga sebagai moderator dalam diskusi tentang berbagai permasalahan yang sering terjadi di daerah, dalam hal ini Pengadilan Agama se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara.

WKPTA Mame Sadafal berharap, semoga rumusan hasil pembinaan, diskusihukum maupun diskusi permasalahan hokum di daerah benar-benar dapat dijadikan sebagai bahan rujukan skaligus sebagai bahan pertimbangan semua satker dalam menyikapi setiap munculnya permasalahan serupa, setidaknya menjadi perangsang bagi memori kita semua.

Ketua Panitia menyerahkan hasil rumusan  Pembinaan dan Diskusi Hukum kepada WKPTA

WKPTA PTA Sultra menyampaikan harapannya agar setiap Pengadilan Agama dalam wilayah PTA Sultra segera setelah kembali ke tempat tugas masing masing, memastikan penyelesaian tutas-tugas menjelang akhir tahun2020, sehingga di akhir tahun semua bidang tugas baik dalam hal penyelesaian perkara maupun penyelesaian tugas-tugas di bidang kesekertariatan mencapai target maksimal sebagaimana yang deprogram di awal tahun 2020 dan sesegera mungkin menyusun program perioritas tahun 2021.

Selain itu, atas nama pimpinan PTA Sultra menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan  serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas segala prestasi yg telah di raih dan ditorehkan seluruh Satker di wilayah ini, yang dengan prestasi tersebut secara langsung  membawa nama baik bagi satker itu sendiri, maupun nama baik PTA Sultra, diringi permohonan maaf  manakala pelayanan PTA ada yg belum maksimal kepada daerah daerah.

Prestasi dan penghargaan yang dimaksud WKPTA Sultra tersebut, antara lain dengan keberhasilan 10 Satker dalam wilayah PTA Sultra secara keseluruhan oleh Direktoran Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI diberikan penghargaan sebagai Pengadilan Agama penyandang nilai A Exelent  Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) tahun 2020. Dari 10 Pengadilan Agama tersebut, 9 diantaranya berhasil mempertahankan nilai A Exelent sementara satu lainnya, dalam hal ini Pengadilan Agama Wangi-Wangi meraih A Exelent setelah tahun sebelumnya hanya meraih nilai B.

Kepada seluruh peraih sertifikat APM A Exelent tersebut, WKPTA mengingatkan bahwa  mempertahankan predikat A Exelent tersebut tidak lah semuda mendapatkannya, sehingga seluruh unsur di masing-masing Pengadilan Agama harus memaksimalkan kinerja dan setiap pelayanan kepada masyarakat.

Khusus mengenai penilaian Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih Bebas Melayani (WBBM), WKPTA  kembali mengingatkan, agar jangan sampai lengah, apalagi dalam proses menuju akhir penilaian oleh Kemenpan RB yang sewaktu-waktu bisa berkunjung langsung ke Pengadilan Agama dan salah satu hal yang sangat penting untuk dikontrol, yaitu keberadaan petugas security pada Pos Security harus benar-benar on time dan siap selama 24 jam. “Jangan sampai saat kedatangan tim Kemenpan tidak ditemukan petugas security dan kalau pun ada tapi tanpa uniform yang lengkap,” tandasnya penuh harap.

Melalui acara penutupan tersebut, WKPTA Sultra menyerahkan Sertfikat Penghargaan Akreditasi penjaminan Mutu yang diterima langsung oleh masing-masing Ketua Pengadilan Agama, didampingi Panitera dan Sekertaris serta disaksikan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah masing-masing. Dilanjutkan penyerahan Hasil Rumusan Pembinaan bauk di bidang kesekertariatan maupun rumusan hasil Diskusi Hukum oleh Ketua Panitia Pelaksana Pembinaan dan Diskusi, Drs. H. Wahyudi, S.H., M.H., yang diterima langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara, Dr. Drs. H. Mame Sadafal, M.H.

Di akhir acara Pembinaan dan Diskusi Hukum, Pengurus dan Anggota Persatuan Tenis Warga Pengadilan (PTWP) Daerah PTA Sultra, melalui pertemuan khusus yang dipandu langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sultra Drs. H. A. Muzakki, M.H., selaku Pembina PTWP didampingi WKPTA Sultraberhasil menyepakati pengurus inti PTWP Daerah PTA Sultra yang sejak Juli 2020 ditinggal pergi ketuanya, Drs. H. Arsyad Mahmud, M.H., yang dimutasi sebagai Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jakarta.

Penyerahan Sertifikat APM ke salah satu Pengadilan Agama

Melalui pertemuan tersebut, berhasil menyepakati Drs. H. M. Yusuf, M.H., sebagai Ketua PTWP, didampingi Drs. H. Ayep, M.H., didampingi sekertaris, Drs. H. Zakir dan Bendahara Hartati. Kelengkapan struktur kepengurusan PTWP tersebut oleh Ketua PTA agar ketua yang baru segera melengkapinya.

Sementara itu, WKPTA Sultra ketika menutup acara pembinaan dan diskusi hukum, mengharapkan pula agar pengurus PTWP yang baru segera berbuat dengan program yang tidak perlu muluk-muluk, biar sedikit yang penting bisa dilaksanakan.

Ia mengingatkan bahwa organisasi seperti PTWP, IKAHI dan Dharma Yukti Karini (DYK) merupakan organisasi semi dinas, sehingga setiap anggota diharapkan berperan aktif dalam setiap program kerja dan aktifitas organisasi tersebut. (IT PTA SULTRA)

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage