logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on .

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua PA Mataram Dihadiri Oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Wakil Walikota, dan Forkopimda Mataram

Mataram – Jum’at, 16 Juli 2021 Pada pukul 08.30 WITA bertempat di Ruang Sidang Utama Kantor Pengadilan Agama Mataram, Ketua Pengadilan Agama Mataram Drs. Syarifuddin, M.H. melantik Baiq Halkiyah, S.Ag., M.H. sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Mataram yang semula menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Praya.

Acara Pelantikan diawali dengan Pembukaan oleh pembawa acara yaitu Titiek Fitriani, S.H., M.H., Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta diikuti dengan menyanyikan Hymne Mahkamah Agung kemudian dilanjutkan dengan Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua PA Mataram oleh Ketua PA Mataram dan penandatangan Pakta Integritas, setelah itu dilanjutkan dengan Sambutan oleh Wakil Ketua dan Ketua Pengadilan Agama Mataram, kemudian ditutup dengan Pembacaan Do’a.

Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua Pengadilan Agama Mataram yang diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Mataram ini berlangsung dengan khidmat dan terbilang istimewa, lantaran dihadiri langsung oleh :

  1. Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Bapak Drs. HL. Gita Ariadi, M.Si.

  2. Wakil Wali Kota Mataram Bapak TGH. Mujiburrahman.

  3. Sejumlah Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Mataram diantaranya Ketua DPRD Kota Mataram (H. Didi Sumardi, S.H.), Kepala Kepolisian Resor Kota Mataram (Kombes Pol Heri Wahyudi), Komandan Distrik Militer (Dandim) 1606/Mataram (Kolonel Arm Gunawan S.Sos., M.T), Kepala Kejaksaan Negeri Mataram (Drs. Yusuf, SH.), Ketua Pengadilan Negeri Mataram (Sri Sulastri, S.H.,M.H.)

  4. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham NTB Bapak Haris Sukamto, A.K.S., SH., MH.

  5. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat Bapak H. Lalu Mohamad Faozal, S.Sos M.Si.

  6. Mantan Pejabat Sementera (PJS) Bupati Lombok Barat Bapak Drs. Haji Lalu Saswadi, MM.

  7. Ketua Pengadilan Agama Praya Kelas 1.B Bapak SYAFRUDDIN, S.Ag., M.S.I. dan para Hakim.

  8. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram Bapak Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn.

  9. Panitera Pengadilan Tinggi Agama Mataram Bapak Drs. M. Sidiq, M.H.

  10. Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Mataram Bapak Misnudin, S.H., M.H.

Selanjutnya dalam sesi sambutan Wakil Ketua Pengadilan Agama Mataram yang baru saja dilantik Ibu Baiq Halkiyah, S. Ag., M.H. menyampaikan dalam menjadi Wakil Ketua di kelas 1.A itu tidak main-main dan harus berkualitas dan berkinerja yg baik. Dengan memperoleh jabatan ini harus berjuang dari bawah sampai mencapai puncaknya yakni wakil ketua, sudah melalui ujian-ujian dari jenjang yang paling rendah sampai jenjang paling tinggi.

“Dalam pelantikan ini baru pertama kali lengkap dihadiri oleh FORKOPIMDA Mataram, kami bersyukur dan berterimakasih mudah mudahan dengan kehadiran semua anggota FORKOPIMDA Mataram dan undangan lainnya akan membawa semangat baru untuk memberikan pelayanan yg prima kepada masyarakat khususnya Kota Mataram” ungkap Wakil Ketua Pengadilan Agama Mataram.

Di samping itu juga Wakil Ketua PA Mataram Ibu Baiq Halkiyah, S. Ag., M.H. menyampaikan mengenai tantangan ke depan bagi PA Mataram terkait kewenangannya yang harus dipikirkan bersama Pemda yaitu meningkatnya permohonan Dispensasi Kawin bagi anak usia dini di NTB pasca perubahan UU no 1 Tahun 1974 menjadi UU no 16 Tahun 2019, PA mempunyai tugas berat utk membendung pernikahan dini sebab dengan berbagai alasan dan pertimbangan hukum PA terkadang tidak mampu untuk menolak permohonan tersebut karena telah memenuhi Ketentuan Peraturan yg telah ditetapkan Mahkamah Agung dalam PERMA NO 5 Tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Pengadilan Agama Mataram Drs. Syarifuddin, M.H. mengucapkan selamat kepada Ibu Baiq Halkiyah, S.Ag., M.H. atas penyumpahan dan pelantikan sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama mataram, selanjutnya beliau menyampaikan rasa bersyukur dan berterimakasih bisa dihadiri oleh semua tamu undangan tanpa terkecuali dan mengharapkan agar Wakil Ketua yang baru dilantik akan membawa warna yang lebih maju lagi untuk kemajuan Pengadilan Agama Mataram. 

Dalam pelaksanaan acara ini tidak lupa juga dilakukan dengan berdasarkan prokes yg ketat dan terbatas, dalam kesempatan ini juga unsur  pimpinan Pengadilan Agama Mataram memohon dukungan kepada semua pihak terutama anggota FORKOPIMDA agar PA Mataram dapat lolos meraih wilayah Zona Integritas menuju WBK dan WBBM sehingga pelayanan publik yang berkualitas dapat terwujud. 

Dan juga dengan hadirnya tamu undangan yang luar biasa dari banyak kalangan di instansi daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, diharapan akan terjadinya sinergitas yang baik antara Pengadilan Agama Mataram dan instansi-instansi di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage