PA Pulang Pisau Demo Aplikasi Simpletask pada PA Pangkalpinang Secara Daring
Pangkalpinang, bertempat di Media Center bertepatan pada Hari Rabu pada tanggal 22 September 2021, PA Pangkalpinang menyaksikan demo aplikasi yang diluncurkan oleh PA Pulang Pisau yang bernama SimpelTask yang dihadiri oleh Wakil Ketua Ibu Sri Roslinda, S.Ag., M.H, Sekretaris Pengadilan Agama Pangkalpinang Bapak Huroiroh, S.IP, Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Bapak Mufti Andeska, S.E, Kasubbag PTIP Ibu Zakiyah, S.T., M.H, Kasubbag Umum dan Keuangan Ibu Lenny, S.E, Bendahara Pengeluaran Ibu Patemah, Operator BMN Bapak Noval Roman,A.Md yang diikuti secara daring. Acara ini dibawakan oleh Sekretaris PA Pulang Pisau yakni Bapak Yondri Harta, S.E yang didampingi oleh CPNS Pranata Komputer Bapak Pradivta Eka Valdi, S.Kom.
SimpelTask adalah aplikasi yang merupakan sebuah Sistem Informasi Monitoring Pelaksanaan Tugas. Aplikasi ini bertujuan untuk menunjang tugas harian serta memudahkan untuk memonitoring tugas sesuai apa yang telah direncanakan dan yang akan dilaksanakan dalam waktu tertentu.SimpelTask bertujuan untuk mempermudah pimpinan untuk memonitoring pelaksanaan tugas harian di bagian Kesekretariatan tanpa melalui disposisi tugas berjenjang dengan tidak menghilangkan hirarki urutan tugas dan pekerjaan.Aplikasi ini dapat memonitoring tugas tiga sub bagian pada Kesekretariatan. Yang pertama sub bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, yang kedua bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan dan terakhir Sub Bagian Umum dan Keuangan.
Sebagai contoh dalam Sub Bagian Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana dapat menambahkan kegiatan membuat kenaikan gaji berkala atau KGB. Dalam membuat KGB tersebut akan ditentukan kapan waktunya akan mengusulkan, kemudian setelah diinput akan muncul reminder atau alarm yang bertanda warna merah yang menunjukkan bahwa kegiatan pengusulan agar segera dilaksanakan karena waktunya telah tiba. Setelah tanda merah muncul maka petugas atau pelaksana tugas bagian kepegawaian diperingatkan agar kegiatan tersebut segera dilaksanakan agar tidak terlewati batas waktunya. Begitupun untuk item kegiatan yang lain dari Sub Bagian lainnya yang dapat direncanakan di awal tahun berjalan. Misalnya seluruh item kegiatan dapat diinput dalam item pekerjaan selama tahun 2021 yang sudah mulai dapat dibuat pada bulan Januari 2021.Aplikasiininantinyadapatditampilkan melalui layar LCD TV yang terletak di ruang kesekretariatan. Aplikasi ini bertujuan untuk menunjang tugas harian serta memudahkan untuk memonitoring tugas sesuai apa yang telah direncanakan dan yang akan dilaksanakan dalam waktu tertentu.
Wakil Ketua PA PangkalpinangIbu Sri Roslinda, S.Ag., M.H. sangat mengapresiasi inovasi yang diwujudkan oleh Sekretaris PA Pulang Pisau ini. Beliau berharap nantinya aplikasi ini bisa membantu agar seluruh kegiatan di PA Pangkalpinangsepanjang tahun dapat terlaksana secara maksimal dan tidak dikerjakan dalam waktu mendesak.(Nisa)