PA Pelaihari Terapkan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terbaru

Gambar: Ilustrasi chatting di PA.Pelaihari (Uchuf)
Pelaihari | pa-pelaihari.go.id
Chatting sejatinya bukan cuma bisa dilakukan melalui internet, antar jaringan lokal atau biasa di sebut Local Area Network (LAN) pun bisa dilakukan. Chatting dengan cara ini sangat berguna untuk mempermudah komunikasi antar ruangan di kantor.
Saat ini di Pengadilan Agama (PA) Pelaihari sudah menerapkannya sejak satu bulan yang lalu, hasilnya pun cukup memuaskan dan sangat membantu dalam hal berkomunikasi terutama bagi yang bertugas di meja informasi sangat terbantu dalam hal seperti menyampaikan informasi daftar antrian sidang yang sudah hadir, mediasi, panggilan telepon, dan info lainnya kepada hakim, pejabat, atau pegawai yang dituju.
Berbekal pengalaman di”lapangan”, Bagus Ira Budi Santoso, S.Kom (Bagus) petugas meja informasi yang mendapatkan ide bagaimana caranya mempermudah komunikasi tanpa menggangu pekerjaan memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tanpa ada kebisingan suara telpon yang terus berdering dari orang yang berbeda dengan pertanyaan yang sama karena di PA Pelaihari sebelumnya menggunakan perangkat telepon lokal untuk komunikasi antar ruangan.
Walaupun masih berstatus honorer, tapi tidak menyurutkan semangatnya dalam memberikan kemajuan dibidang IT untuk PA Pelaihari. Menurut salah satu hakim di PA.Pelaihari dan juga selaku pengguna aktif (Muh. Irfan Husaeni, S.Ag., M.Si.) “Aplikasi chatting ini sangatlah bermanfaat, efektif, dan efisien dalam berkomunikasi dibandingkan dengan menggunakan perangkat telpon yang ribet dan bising”
Foto: Bagus Ira Budi Santoso, S.Kom (Bagus) sedang menerima antrian sidang kemudian memberitahukan keseluruh hakim melalui aplikasi LANcet Chat. (Uchuf)
Aplikasi/Software yang digunakan adalah “LANcet Chat 2.3 build 300 for the Windows platform”. Lancet Chat (Software Chat Messenger via Jaringan LAN) adalah perangkat lunak gratis untuk chat atau kirim pesan secara real-time melalui jaringan lokal (LAN) yang juga berguna mempermudahkan untuk berkomunikasi antar ruangan atau antar komputer dalam satu server tanpa harus tersambung ke internet.
Aplikasi LANcet Chat lebih mirip seperti aplikasi chatting terdahulu yang dikenal dengan nama MIRC. Akan tetapi LANcet Chat dikhususkan untuk jaringan lokal saja. Penggunaan Aplikasi sangatlah mudah dan gampang, jika aplikasi sudah terinstal pada komputer, aplikasi akan otomatis aktif saat pengguna menyalakan komputernya. LANcet Chat dapat digunakan lebih dari 20 PC pengguna pada saat yang sama dan didalam aplikasi LANcet Chat terdapat dua jendela yang berfungsi untuk obrolan publik dan private
Berikut tampilan aplikasi LANcet Chat yang digunakan di PA Pelaihari:
Fitur utama dari LANcet Chat menurut Bagus adalah sebagai berikut:
- Tidak perlu pra-konfigurasi;
- LANcet Chat bekerja dengan model konferensi, karena itu semua peserta memiliki hak yang sama;
- LANcet Chat aktif otomatis di Windows dan terletak di system tray (dekat jam) menunggu pesan masuk tanpa mengganggu Aktifitas Anda bekerja di PC;
- Pesan-pesan pribadi dapat dikirim;
- Suport Standar emoticon;
- Jendela popup dan suara akan memberitahu Anda tentang pesan masuk baru atau bila pengguna baru muncul dalam daftar kontak Anda;
- Antiboss sistem memungkinkan Anda untuk menyembunyikan Obrolan dari desktop Anda dengan menekan tombol esc. Secepat Anda menyembunyikannya, Anda dapat mengembalikan window Chat dengan menggunakan kombinasi kunci rahasia anda sendiri;
- Kontak daftar kontrol sederhana memungkinkan Anda untuk mengabaikan semua pesan dari beberapa teman yang isinya membosankan atau tidak menarik.
Bagus dan Tim IT PA Pelaihari lainnya bekerjasama dalam penerapan dan mensosialisasikan aplikasi chatting tersebut, Baik itu dalam hal penginstallan aplikasi dan pelaksanaannya. Sebelum dapat digunakan, terlebih dahulu aplikasi chatting harus diinstall kesetiap komputer dan memberikan penamaan sesuai pemiliknya agar mudah dikenali dan dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Dibawah ini contoh rekaman pembicaraan diaplikasi LANcet Chat yang diambil per tanggal 18/11/2013 s.d 20/11/2013:
18/11/2013 10:29:34 New session started
[10:44:03] <Bagus> SUGI: pak ada mediasi lagi
[11:07:58] <Bagus> antrian sidang : 504/507/478/505/475/472/508/532/533/531/513/506/474/511/510
[11:40:19] <Yusuf> Info: Website pa-pelaihari.go.id sedang dalam perbaikan
[11:41:33] <Yusuf> ada sedikit gangguan di Hosting sana
[11:42:46] <Bagus> QONITA: bu ada mediasi
[11:43:01] <Bagus> ada ibu qonita
[11:43:04] <Bagus> ?
[11:44:30] <Bagus> ibu qonita ada? (balas)
[11:44:43] <HUDA> Bagus: adaaa...siap sidin mau turun
[15:12:56] <ASIAH LAPTOP> Yusuf: tolong print kami terputus-putus kawakh membaikiakn?
[15:16:19] <Yusuf> iya bu
[15:16:26] <Yusuf> saya kesana
19/11/2013 08:11:08 New session started
[08:23:27] <Bagus> ruang 2 : 512/483/388/324/448
[08:29:24] <IRFAN> Bagus: kalau pendaftaran sidang sudah beres berita kerjabakti bisa tayang om
[08:29:39] <Bagus> siaap
[08:30:02] <IRFAN> Bagus: mantab
[08:30:13] <Bagus> ditutup word nya pak
[08:30:29] <IRFAN> Bagus: sudah
[08:40:09] <hakim 3> sip sudah perpustakaannya namun untuk menumbuh kembangkan minat baca para hakim dan Karyawan perlu dipacu dengan dukungan pasilitasnya saran supaya ruang perpustakaan ada pengelolanya dan ruangan harus dibuka setiap hari jangan terkunci terus-terusan.
[08:41:21] <IRFAN> hakim 3: setuju
[08:43:19] <ASIAH LAPTOP> hakim 3: ulun katuju jua mun kaya itu
[08:43:44] <ZAKI> bagus banar sarannya
[08:47:28] <H. syamsuri> Bagus: yang no antrian ?
[08:47:50] <SUGI> adakah lagi tambahan yang hadir
[08:47:59] <Bagus> ruang 2 : 512/483/388/324/448/110
[08:59:13] <ASIAH LAPTOP> Yusuf: print kami ngadat lagi kaya apalah bagawi
[08:59:29] <Yusuf> ky semalam lagi kah bu
[09:01:23] <Yusuf> coba di Cleaning bu, bis tu di Deep Cleaning menu dibawah Cleaning
[09:03:21] <Bagus> ruang 2 : 512/483/388/324/448/110/383
[09:03:52] <Bagus> ruang 2 : 512/483/388/324/448/110/383(kdd d daftar,cuma ada panggilan)
[09:11:33] <SERVER> Bagus: gus
[09:11:42] <Bagus> y
[09:11:49] <SERVER> 383 ikrar masukkan didaftar sidang jah
[09:12:02] <HUDA> Bagus: masbagus.....yang sidang di ruang 3 sudah ada yang daftarkah?
[09:12:08] <Bagus> beluum
[09:12:13] <Bagus> 383 biriiiiis
[09:12:22] <SERVER> sip
[09:12:24] <HUDA> oke...apa itu biriiis
[09:12:35] <Bagus> bereeees
[09:28:18] <Bagus> ruang 3 : ?
[09:28:38] <HUDA> Bagus: mas ruang 3 belum ada yang daftarkah..
[09:28:49] <Bagus> ruang 2 : 512/483/388/324/448/110/383/517/452
[09:29:02] <HUDA> pak ktua sudah siap sidang..neh,...:-)
[09:29:08] <Bagus> belum pak
[09:29:13] <HUDA> oke deh..
[09:47:12] <Bagus> SERVER: Tergugat 512 sudah datang.minta sampaikan sama hakim
[09:49:22] <SERVER> 512 hari inikh sid nya
[09:49:40] <Bagus> iya.tadi di tunda karna T belum datang
[09:50:05] <SERVER> 512 hari senin majelis c1
[09:50:13] <Bagus> 2012
[09:50:28] <Bagus> biiirrrriiiis kah? :D
[09:50:33] <SERVER> gitu dunk yag lengkap
[09:53:42] <ZAKI> Bagus: gus perkara majelis ketua sdh daftar kh
[09:53:53] <Bagus> ada 1.361
20/11/2013 08:16:55 New session started
[08:27:06] <Bagus> antrian wakil : 496/465/523/334/527
[08:33:47] <ASIAH LAPTOP> Yusuf: tolong banar print kami ngadaat lagi sudah diclening jua
[08:36:07] <WAKIL> Bagus: adakah yang sudah mendaftar untuk sidang hari ini mksh
[08:36:23] <Bagus> antrian wakil : 496/465/523/334/527
[08:49:15] <HUDA> Bagus: mas bagus....sudah ada lg yang daftar sidang majelis pak wakil kah???
[08:49:25] <Bagus> antrian wakil : 496/465/523/334/527
[08:50:13] <HUDA> Bagus: oke thanks..
[08:52:44] <Asiah> Bagus
[08:52:51] <Bagus> ya bu
[08:56:21] <SUGI> Askum pak Wakil kayak apa kita mulai sidangkah.
[08:57:07] <Bagus> antrian wakil : 496/465/523/334/527/430/116
[09:12:40] <Bagus> ASIAH LAPTOP: bu ada mediasi (bls)
[09:13:10] <WAKIL> SUGI: ya bisa kita mulai sekarang mksh
[09:13:19] <Bagus> Asiah: bu ada mediasi (bls)
[09:13:32] <Bagus> antrian wakil : 496/465/523/334/527/430/116/525
[09:13:55] <ASIAH LAPTOP> Bagus: ya tunggu sebentar
...............................................................................................................................................................
(my).