logo web

Dipublikasikan oleh Admin pada on .

PA Muara Teweh lakukan Sidang Pemeriksaan Setempat

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

Pemeriksaan Setempat atau descente ialah pemeriksaan mengenai perkara oleh Hakim karena jabatannya yang dilakukan di luar gedung tempat kedudukan pengadilan, agar Hakim dapat melihat sendiri memperoleh gambaran atau keterangan yang memberi kepastian tentang peristiwa-peristiwa yang menjadi sengketa.

Selasa, 15 November 2022 Pengadilan Agama Muara Teweh melaksanakan Pemeriksaan Setempat (Descente) Pelaksanaan Pemeriksaan Setempat tersebut, berjalan sesuai dengan ketentuan Pasal 180 R.Bg. Dengan Tim Ketua PA Muara Teweh Mulyadi Lc. , M.H.I., Wakil Ketua H. Khoirul Huda, S.Ag., S.H., M.H., Hakim Abdurahman Sidik, S.H.I., Panitera Abu Mansur, S.H., Panmud Hukum Kemijan, S.Ag., M.H., JSP Saini, dan Staf Faridah, S.H., Andy Praman PB, serta Supardi, bertempat di Jalan Simpang Pramuka 2.

Tim langsung melakukan pengukuran Rumah dan satu buah mobil yang menjadi obyek sengketa tersebut untuk mengetahui luas bangunan rumah yang sebenarnya juga mengecek batas-batasnya dan langsung melihat mobil tersebut walaupun pada saat sidang pemeriksaan setempat mobil tidak berada di tempat.

Meskipun pemeriksaan setempat bukan alat bukti sebagaimana Pasal 164 HIR, tetapi oleh karena tujuannya agar hakim memperoleh kepastian peristiwa yang disengketakan, maka fungsi pemeriksaan setempat hakekatnya adalah sebagai alat bukti. Kekuatan pembuktiannya sendiri diserahkan kepada hakim. Sidang pemeriksaan setempat (Descente) adalah termasuk tahapan persidangan, Majelis Hakim akan turun kelapangan untuk melihat secara langsung kondisi (riil) terhadap objek sengketa, apakah objek sengketa yang terungkap dipersidangan sesuai dengan kondisi (riil) dilapangan, jangan sampai putusan Pengadilan Agama Muara Teweh yang dihasilkan akhirnya nanti non executable (eksekusi yang tidak dapat dijalankan).(aes)

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook