logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 200

Ketua PTA Medan LantikKepala Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan Pengadilan Baru

Medan | PTA Medan

Beberapa hari setelah masuknya tahun 2018, Pengadilan Tinggi Agama Medan kedatangan anggota keluarga baru. Berasal dari satuan kerja tetangga, Annang Achminata Hadi Eka Prasetyo, S.Kom. yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Pengadilan Agama Binjai, pada 04 Januari 2018 dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan Pengadilan Tinggi Agama Medan, menggantikan Novi Andriyani, S.E., M.M. yang diamanahkan menjabat sebagai Sekretaris Pengadilan Agama Binjai.

Pukul 09:00 WIB, keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan, rombongan pengantar dari Pengadilan Agama Binjai beserta keluarga dari pejabat yang akan dilantik telah memenuhi ruangan Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Acara dibuka oleh Addelaida Rangkuti, S.H., M.M. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan). Beberapa saat kemudian Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. memasuki ruangan acara pelantikan. Lagu Indonesia Raya kemudian digaungkan memenuhi ruangan. Acara berlanjut kepada pembacaan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI yang dibacakan oleh Muhammad Nasri, S.H., M.M. (Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi).

Suasana senyap menandai tibanya acara paling sakral: pengucapan sumpah jabatan. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. melakukan pengambilan sumpah jabatan atas Annang Achminata Hadi Eka Prasetyo, S.Kom. dengan didampingi oleh H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M. (Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian) dan Fakhruddin Siregar, S.Ag., M.H. (Kepala Bagian Umum dan Keuangan) yang bertindak sebagai saksi, beserta dengan Drs. H. Syofyan Sauri, S.H. (Panitera Pangganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) yang saat itu bertindak sebagai rohaniawan. Pejabat yang akan dilantik tersebut kemudian membacakan Pakta Integritas dan menandatanganinya.

Acara mencapai puncaknya di saat Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan melantik Annang Achminata Hadi Eka Prasetyo, S.Kom. Dari titik ini, resmi sudah Annang Achminata Hadi Eka Prasetyo, S.Kom. mengemban amanah menjadi Kepala Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan Pengadilan Tinggi Agama Medan. Lagu Bagimu Negeri yang kemudian diperdengarkan menambah khidmat acara pelantikan.

Rangkaian acara bergulir kepada bimbingan dan arahan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. Mengawali sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada Annang Achminata Hadi Eka Prasetyo, S.Kom. atas mutasi ini. Semoga bisa cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja di Pengadilan Tinggi Agama Medan ini. Beliau menambahkan bahwa mutasi dan promosi di lingkungan instansi pemerintah, adalah sesuatu yang biasa dan lumrah. Jadi, kita pun sebaiknya menyingkapi mutasi ini dengan cara biasa juga. Secara prinsip, kerja di mana saja adalah sama saja, hanya berbeda pola kerja.

Dalam kesempatan ini Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh pihak terkait, karena telah mampu memenuhi amanat Ketua Mahkamah Agung beberapa waktu lalu di Makassar: “Sebelum ayam berkokok di tahun 2018, seluruh satuan kerja di Indonesia sudah menggunakan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) versi 3.2.0.” Dan Alhamdulillah seluruh satuan kerja Pengadilan Agama di Sumatera Utara sudah berhasil melaksanakannya.

Walaupun sudah gunakan versi baru, namun posisi perkara kita masih berada di bawah standar, karena penyelesaian perkaranya masih sedikit yang di atas 80%. Karena itu beliau berharap kepada semua Pengadilan Agama di Sumatera Utara untuk meningkatkan kinerjanya agar mendapatkan hasil terbaik.

Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) yang sedang hangat dibicarakan di kalangan Mahkamah Agung menjadi sorotan Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. Beliau mengutarakan bahwa apa yang kita lakukan ini semuanya adalah sebuah proses mencapai kesempuranaan. Walaupun untuk tingkat banding belum ada standar, pedoman dan SOP untuk SAPM. Tapi karena tekad yang kuat, kita melaksanaakn SAPM di Pengadilan Tinggi Agama Medan, dengan membuat sendiri standar-standar yang akan kita gunakan untuk SAPM ini, tentunya setelah berkonsultasi dengan Badan Peradilan Agama. Intinya kita harus bisa merubah pola pikir, baik dari pucuk pimpinan hingga ke tenaga honorer. Kita harus saling dukung, sehingga apa yang bakal ingin kita raih dari SAPM ini bisa tercapai dengan sebaik-baiknya

Mendekati akhir acara, Drs. H. Syofyan Sauri, S.H. memimpin do’a demi keberkahan acara di hari itu. Acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Comments  

 
# narniatiabdullah 2018-01-17 07:11
Selamat n sukses selalu ..Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor