logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on .

Kesekretariatan PA Bengkayang Adakan Sosialisasi Apiklasi e-Kinerja dan DIPA 01 & 04 

Tampak Suci Lestasri, A.Md.Lib (paling kiri) sedang menyampaikan presentasinya mengenai pengisian SKP pada Aplilasi e-Kinerja

Bengkayang|PA.Bengkayang. Senin, 02 Januari 2023, Kesekretariatan Pengadilan Agama Bengkayang menggelar acara Sosialisasi e-Kinerja kepada seluruh Aparatur. Kegiatan yang bertempat di Ruang Sidang Utama tersebut dimaksudkan untuk memberikan sedikit gambaran bagaimana tata cara pengisian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) pada aplikasi e-Kinerja. Sedikit, karena memang sampai saat ini baru sekali ada kegiatan bimbingan teknis yang dikhususkan untuk pembelajaran pengisian SKP pada aplikasi e-Kinerja BKN tersebut. Akan tetapi olehnya sudah memasuki tahun kerja 2023 sementara kegiatan pengisian SKP pada aplikasi e-Kinerja harus segera pula terisi, maka Kesekretariatan Pengadilan Agama Bengkayang melalui Bagian Kepegawaian berinisiatif melaksanakan kegiatan sosialisasi pengisian SKP pada apliaksi e-Kinerja.

Kasubbag Kepegawaian PA Bengkayang yang dikomandoi oleh Ali, Pegawai senior yang sekira enam bulan kedepan akan memasuki masa purnatugas, mempercayakan kepada Stafnya Suci Lestasri, A.Md.Lib untuk menyampaikan presentasi sosialisasi pengisian SKP pada aplikasi e-Kinerja kali ini. Dengan cara sederhana, PNS lulusan Universitas Airlangga Surabaya tersebut menjelaskan tahap demi tahap tata cara pengisian dan penginputan SKP pada aplikasi e-Kinerja.

“Bapak/Ibu sekalian harus memulai dengan login terlebih dahulu pada web apliaksi e-Kinerja BKN. Pastikan user dan password yang ada pada aplikasi My SAPK BKN masing-masing untuk login pada apliaksi e-Kinerja”, ungkap Pegawai asal Sidoarjo Jawa Timur tersebut.

Lebih lanjut, Suci Lestari menyampaikan bahwasannya setelah login maka langkah selanjutnya sebelum mengisi RHK pada SKP adalah memastikan penginputan Unornya, siapa Atasan kita, apa jabatan kita. Yang demikian sebab kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa Atasan telah mengisi SKP nya sebelum kemudian kita berikutnya baru bisa mengisi SKP kita, bila memang kita berstatus sebagai Bawahan. 

Untuk diketahui, e-Kinerja adalah aplikasi berbasis web yang digunakan pemerintah untuk mengelola kehadiran, kinerja, prestasi hingga tunjangan pegawai. E-Kinerja diciptakan untuk mewujudkan good governance yang diinisiasi pemerintah, dimana di dalamnya mencakup pengelolaan Aparatur Sipil Negara yang professional, akuntabel dan transparan.

Sungguhpun jenis data yang dikelola e-Kinerja beragam, dari mulai data kehadiran pegawai, data indisipliner pegawai, data prestasi pegawai, data tunjangan pegawai. Akan tetapi pada kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kesekretariatan PA Bengkayang melalui Bagian Kepegawaian kali ini khusus mengenai data kinerja pegawai, data yang konsen mengelola Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). SKP adalah ekspektasi kinerja yang akan dicapai oleh Pegawai setiap tahun. Ekspektasi Kinerja adalah harapan atas hasil kerja dan perilaku kerja Pegawai. 

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Bengkayang, Sobari, S.H.I. menyampaikan bahwa untuk memudahkan manajemen birokrasi, maka perlu segera dilakukan pengisian Sasaran Kinerja Pegawai di aplikasi e-Kinerja Badan kepegawaian Negara. 

“Perlu di perhatikan bahwa pengisian SKP pada aplikasi e-Kinerja, harus Atasan yang terlebih dahulu mengisi, baru kemudian Bawahan bisa mengisi SKP pada apliaksi e-Kinerja. Sehingga karenanya kepada Atasan masing-masing Bagian diharapkan setelah ini segera mengisi SKP pada aplikasi e-Kinerja”, tegas Ketua Pengadilan asal Tangerang tersebut.

Lebih lanjut, Ketua Pengadilan Agama Bengkayang menyampaikan bahwasan nanti kedepan, bila ada bimbingan teknis lagi khusus teknis pengisian SKP pada aplikasi e-Kinerja BKN ini, maka diminta Keseketaritan melalui Bagian Kepegawaian untuk kembali mengadakan simulasi. Semoga tidak lama lagi.

Tampak Yudhi Septiady, S.T. (paling kiri) sedang menyampaikan presentasinya mengenai DIPA 01 & 04

Usai sosialisasi pengisian SKP pada aplikasi e-Kinerja, Kesekretariatan PA Bengkayang melanjutkan dengan penyampaian dan/atau sosialisasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 01 dan DIPA 04 Pengadilan Agama Bengkayang Tahun Anggaran 2023.

Kepala Sub Bagian Perencanaan Teknologi Informasi dan Pelaporan (Kasubbag PTIP), Yudhi Septiady, S.T. kali ini yang dipercaya oleh Sekretaris Hendra Tirtana untuk mempresentasikan DIPA 01 dan 04 tersebut.

“Sosialisasi DIPA 01 dan 04 ini sebagai wujud transparansi dalam pengelolaan anggaran. Mari kita sama-sama mengawal pengunaannya diantaranya dengan cara melakukan perencanaan kegiatan secara bersama-sama”, ungkap Yudhi Septiady mengawali presentasinya

Kasubbag lulusan Universitas Tanjungpura Pontianak tahun 2020 tersebut menyampaikan hal ihwal mengenai DIPA 01 dan 04. Detail item-peritem, akun-perakun unsur dalam DIPA 01 dan 04, serta jumlah dan peruntukannya disampaikan oleh Pegawai asli Kota Pontianak tersebut.

Lebih lanjut Kasubbag yang pernah menjabat sebagai Jurusita Pengganti PA Mempawah tersebut mengungkapkan bahwasannya pada tahun 2023 ini PA Bengkayang mendapatkan Anggaran kurang lebih sejumlah 16 Milyar rupiah yang di dalamnya termasuk juga anggaran untuk pembangunan Gedung Kantor PA Bengkayang yang jumlahnya mencapai 13, 7 Milyar rupiah.

“Lebih detail mengenai DIPA 01 dan 04 serta rincian peruntukkannya, bisa Bapak/Ibu semuanya akses di Website Pengadilan Agama Bengkayang”, tegas Yudhi Septiady menutup presentasinya.

Dalam sambutannya terkait DIPA tersebut, Ketua Pengadilan Agama Bengkayang, Sobari, S.H.I. berpesan agar seluruh Pegawai, mulai dari Hakim sampai PPNPN kiranya dapat berkontribusi dengan cara memberikan usulan-usulan perencanaan kegiatan semata untuk tepatnya sasaran penyerapan anggaran.  “Tentu, usulan kegiatan yang sekiranya dapat menunjang pelayanan prima kepada pencari peradilan di Pengadilan Agama Bengkayang”, tegas Sobari. Semoga (Reja)

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice