Jurti PA Bengkalis Uji Coba Portal Tabayyun Online

Gambar : Halaman depan Portal Tabayyun Online
Bengkalis | www.pa-bengkalis.go.id
Setelah sukses Timnas Badilag menghadirkan situs infoperkara.badilag.net yang sangat dibutuhkan sekali buat seluruh Peradilan Agama dan kini saatnya Timnas menghadirkan yang terbaru lagi yaitu Portal Tabayyun Online yang berfungsi untuk perkara Tabayyun (mohon bantuan) ke Pengadilan Agama lain yang diluar Yurisdiksi PA tersebut.
Dengan adanya portal tabayun ini sangat membantu sekali kinerja jurusita dalam mengirim relaas mohon bantuan ke Pengadilan Agama yang akan dituju. Untuk mengakses portal tabayyun ini dengan cara mengklik link tersebut (http://tabayun.badilag.net/).
Selama ini yang dialami dengan perkara tabayyun adalah proses pengiriman relaas panggilan karena dalam pengirimannya menggunakan via pos memakan waktu yang sangat lama. Terkadang relaas asli diterima pada saat perkara sudah mulai disidangkan dan untuk Fax relaaspun masih banyak menghadapai kendala.
Jadi dengan adanya portal tabayyun ini sangat membantu sekali dalam pengiriman relaas panggilan yang menggunakan media elektronik secera online dengan mudah, cepat dan efisien tanpa membutuhkan waktu yang lama dalam pengiriman relaas panggilan ke Pengadilan Agama yang akan di tuju.
Untuk itu jurusita yang ingin menggunakan aplikasi ini dapat dilakukkan dengan mudah sekali, dengan cara harus login terlebih dahulu dengan mengetikkan Username dan Password yang dimiliki masing-masing satkernya sama dengan menggunakan Portal Infoperkara.Badilag.net.
Gambar : Halaman Portal Tabayyun Online setelah melakukkan Login
Apabila proses awal yang dilakukkan telah berhasil maka nanti akan tampil halaman user yang didalamnya terdapat banyak menu atau fasilitas yang akan kita gunakan sesuai dengan kebutuhkan user.
Biasanya jurti (Jurusita Pengganti) sangat butuh identitas satker PA tujuan yang akan dicari untuk pengiriman relaas dan radius perkaranya berapa, sekarang dengan adanya portal ini bisa dilakukkan tanpa harus membuka website PA tersebut lagi. Semoga dengan adanya portal ini bisa membantu kinerja Jurusita menjadi optimal dan efisien ujar” Januardi, S.Kom (Staff IT & Jurusita Pengganti) PA Bengkalis.
Gambar : Menu-Menu di Portal Tabayyun Online
Adapun fungsi dari menu-menu tersebut yang terdapat pada gambar diatas adalah :
1. Halaman Utama/Home
2. Form Surat Permohonan Bantuan Panggilan
Form atau ruang input informasi tabayyun ini berfungsi sebagai sarana entry data bantuan pemanggilan para pihak. Adapun isiannya adalah sebagai berikut:
a. Input Nomor Perkara. Contohnya misalkan: 0001 – Pdt.G – 2013 (tanpa tanda garis datar);
b. Nama Pihak Yang Dipanggil. Pada form ini masukkanlah nama lengkap pihak yang dipanggil. Misalkan : HAKIM BIN DALMIN (harus lengkap dengan BIN/BINTI);
c. Mahkamah Syariah atau Pengadilan Agama Tujuan. Pada form ini anda cukup memilih nama MS/PA yang sudah disediakan oleh programmer dan pastikan MS/PA yang anda pilih benar;
d. Keterangan. Pada form keterangan silahkan berikan keterangan seperlunya agar dapat mendukung informasi seputar bantuan panggilan dimaksud;
e. Nomor Surat Pengantar. Nomor yang dimaksudkan ialah nomor yang dikeluarkan oleh pengadilan secara periodik berdasarkan jenis dan tujuannya. Sebagai contoh: W-…….
f. Nomor Resi Wesel Pos. Pada form ini silahkan masukkan nomor resi wesel pos yang berguna untuk proses pengambilan biaya panggilan oleh petugas pengadilan yang dituju;
g. Lampiran File. Pada form ini silahkan lampirkan file yang berkaitan dengan panggilan bantuan. Misalkan berupa file softcopy relaas panggilan dan gugatan/permohonan untuk pemanggilan pertama pihak;
Setelah yakin pengisian formulir berhasil, tinggal klik tombol tambahkan. Maka secara otomatis data bantuan panggilan yang ada di instansi anda terisi.
3. Tabayyun Masuk
Menu Tabayyun Masuk berisi indeks bantuan panggilan yang dimohonkan oleh Pengadilan Agama lain untuk instansi/MS/PA kita. Untuk mengecek apakah bantuan tersebut benar-benar ditujukan untuk MS/PA kita silahkan download serta periksa isi kontennya.
4. Tabayyun Keluar
Menu Tabayyun Keluar berisi indeks bantuan panggilan yang dimohonkan oleh Pengadilan Agama kita untuk instansi/MS/PA lain. Untuk mengecek apakah bantuan tersebut benar-benar ditujukan untuk MS/PA yang bersangkutan silahkan periksa kesesuaiannya.
5. Arsip Tabayyun Masuk
Menu ini berisi arsip tabayyun yang masuk ke instansi kita dari awal hingga akhir dan bisa kita temukan dengan fasilitas pencarian jika kita ingin menemukan tabayyun tertentu;
6. Arsip Tabayyun Keluar
Menu ini berisi arsip tabayyun yang keluar dari instansi kita kepada MS/PA tujuan dari awal hingga akhir dan bisa kita temukan dengan fasilitas pencarian jika kita ingin menemukan tabayyun tertentu;
7. Pencarian Data Tabayyun Masuk
Menu ini berfungsi menelusuri data tabayyun yang masuk ke instansi kita. Menu ini memudahkan kita dalam mencari data tabayyun sesuai yang kita inginkan;
8. Pencarian Data Tabayyun Keluar
Menu ini berfungsi menelusuri data tabayyun yang keluar ke instansi lain. Menu ini memudahkan kita dalam mencari data tabayyun yang dikeluarkan instansi kita sesuai yang kita inginkan;
9. Log Aktivitas
Log aktivitas atau catatan log berfungsi melihat instansi mana saja yang sedang aktif mempergunakan aplikasi Tabayyun Online ini. Log ini membaca aktivitas Login serta Logout instansi selanjutnya ditampilkan di sisi kanan;
10.Dateline Tabayyun
Menu ini memiliki tujuan untuk memberikan peringatan atau sekedar pengingat kepada petugas akan batas waktu pelaksanaan panggilan. Fitur ini dilengkapi validasi warna merah jika panggilan telah melewati waktu dan belum dilaksanakan oleh petugas yang bersangkutan;
11.Identitas Satker se-Indonesia
Pada menu identitas satker disajikan identitas mulai dari nama, alamat, nomor telepon, faksimili, alamat website serta email lembaga. Jika terdapat kekurangan pada identitas satker tersebut, anda dapat melakukan update data melalui aplikasi uploader SIADPA Plus yang juga akan ditampilkan di portal info perkara;
12.Biaya Radius Panggilan
Pada menu ini kita dapat melihat daftar radius masing-masing MS/PA dan juga dapat melakukan update data berdasarkan kecamatan dan berapa jumlah biaya yang dikeluarkan;
13.Pengecekkan Resi Pos
Menu ini berfungsi melihat atau mengecek kode resi bantuan panggilan dari MS/PA lain agar mempermudah tindaklanjut panggilan;
14.Tata Cara Penggunaan
Berisi manual penggunaan aplikasi;
15.Menu Logout
Berfungsi untuk keluar dari aplikasi;
Setelah selesai mengujicoba Portal Tabayyun ini selanjutnya Januardi, S.Kom akan segera mensosialisasikan portal ini kepada jurusita pengganti lain agar dapat langsung mengimplementasikannya. (Tim Redaksi Pa Bkls)