logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 91

Hatiwasda PTA NTB: PA Selong Adalah Pengadilan Berbobot

Hatiwasda PTA NTB, Drs. H. Mustandjid Azis, SH., MH. (kiri) dan Ketua PA Selong, Drs. H. Gunawan, MH. (kanan)

Lombok Timur ǀ pa.selong.go.id

Hakim Tinggi Pengawas Daerah (Hatiwasda) Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Nusa Tenggara Barat, Drs. H. Mustandjid Azis, SH., MH., mengatakan bahwa Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas IB adalah pengadilan berbobot. Hal itu disampaikan Hatiwasda saat expose hasil pengawasan di PA Selong, Selasa (2/7/2019).

“PA Selong ini terkenal sebagai pengadilan yang berbobot, karena banyak sekali menangani perkara kebendaan seperti warisan dan harta bersama,” tegas hakim asal Blitar yang pernah menjabat Ketua PA Banyuwangi, Ketua PA Tulungagung, Ketua PA Nganjuk dan Ketua PA Sampang itu.

Di hadapan 61 orang aparatur PA Selong, Drs. H. Mustandjid Azis, SH., MH., berpesan agar majelis hakim bersungguh-sungguh dalam memeriksa perkara, terutama saat memeriksa alat bukti.

“Tolong majelis hakim memeriksa saksi-saksi secara teliti, rinci dan mendetail. Panitera/panitera pengganti harus menuangkan berita acara secara lengkap sehingga memberikan informasi yang cukup. Jangan keterangan saksi-saksi sama semua,” pesannya.

Pesan Drs. H. Mustandjid Azis, SH., MH. itu bertolak dari perkara banding yang sering ia tangani. Tanpa menyebut dari pengadilan mana, ia menemukan beberapa berkas banding yang pemeriksaannya sumir. Keterangan saksi-saksi dalam berita acara semuanya sama persis, sepertinya hanya copy paste.

“Kami di tingkat banding hanya memeriksa berkas. Kalau keterangan saksi-saksi tidak mendetail dan rinci tentu menyulitkan bagi kami. Tolong Bapak Ibu yang bersentuhan langsung dengan para pihak, bisa menguraikan duduk perkara sejelas-jelasnya dan seterang-terangnya,” pesannya lagi.

Selain terkait dengan hasil pengawasan, Drs. H. Mustandjid Azis, SH., MH. juga berpesan supaya seluruh aparatur PA Selong menjaga kebersamaan dan kekompakan. Apabila ada masalah di internal kantor seyogyanya dibicarakan bersama dengan baik.

“Selama ini nama PA Selong sudah sangat baik. Mari dijaga dan dipertahankan yang sudah baik,” pungkasnya.

Seluruh aparatur PA Selong tampak serius menyimak expose hasil pengawasan PTA NTB

Walaupun Tim Pengawasan yang dipimpinnya menemukan beberapa temuan selama dua hari, Senin-Selasa (1-2 Juli 2019) yang perlu ditindaklanjuti, namun Drs. H. Mustandjid Azis, SH., MH. menilai PA Selong secara umum tergolong sangat bagus.

Seusai pemaparan hasil pengawasan, Ketua PA Selong, Drs. H. Gunawan, MH. menyampaikan komitmennya untuk menindaklanjuti hasil pengawasan dalam tempo sesingkat-singkatnya dan melaksanakan pesan-pesan dari Drs. H. Mustandjid Azis, SH., MH. selaku Hatiwasda yang memimpin Tim Pengawasan PTA NTB.

Tim Pengawasan PTA NTB yang dipimpin Drs. H. Mustandjid Azis, SH., MH. itu beranggotakan H. Lukman H. Abubakar, SH., MH., Rusdiansyah, SH., MH., Hj. Hairiyah, SH., Farida Ariati, SE. dan Abrati Diesyani Esser, S.Sos.  (ahru)

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage