logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on .

DIPSA, Dari PA Manado Untuk Indonesia

(Manado, Jumat 28 Oktober) – Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, pada tanggal 28 Oktober 2022 PA Manado secara resmi me-launching inovasi bernama DIPSA (Direktori Putusan Audio).

Launching inovasi yang diresmikan secara langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Manado, Drs. H. Muhtar Tayib tersebut dihadiri oleh segenap jajaran aparatur mulai dari para Hakim, Panitera, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh pegawai yang ada di Pengadilan Agama Manado.

DIPSA merupakan inovasi yang diinisiasi oleh CPNS PA Manado, Ahmad Rodli. Sesuai dengan namanya, DIPSA berisi kumpulan putusan Pengadilan Agama Manado yang disajikan dalam format audio dan dapat diakses oleh masyarakat umum melalui website Pengadilan Agama Manado.

Dalam launching tersebut Rodli menjelaskan bahwa lahirnya DIPSA dilatarbelakangi oleh belum terwujudnya kesetaraan akses bagi kelompok disabilitas netra khususnya dalam hal putusan pengadilan. “Banyak inovasi yang lahir sebagai upaya mewujudkan kesetaraan akses bagi kelompok disabilitas, namun semuanya hanya berfokus pada tahap pra-persidangan dan proses persidangan, seperti layanan informasi ramah difabel, kursi prioritas difabel, SOP pelayanan difabel, dan lain-lain.” Tutur Rodli saat memaparkan inovasi yang digagasnya. Ia menambahkan bahwa banyak pihak melupakan satu tahapan yang tidak kalah penting dalam proses pencarian keadilan, yaitu tahap pasca-persidangan, padahal dalam tahap ini lah lahir “Putusan” yang notabene menjadi tujuan akhir (final goal) yang dicari oleh pihak pencari keadilan.

Dalam acara launching tersebut, DIPSA mendapat sambutan baik dari berbagai pihak. Rokiah Mustaring, S.H.I., selaku hakim sekaligus mentor yang membimbing penyusunan inovasi DIPSA menyatakan sangat bangga dengan adanya DIPSA karena inovasi tersebut dapat menjawab persoalan ketidaksetaraan yang selama ini dirasakan oleh pencari keadilan penyandang disabilitas netra. Hal senada juga disampaikan oleh Panitera Pengadilan Agama Manado, Dra. Vahria, yang menyatakan bahwa PA Manado patut berbangga karena menjadi satu-satunya pengadilan di Indonesia yang memiliki direktori putusan audio bagi masyarakat umum.

Pada sesi terakhir, Ketua Pengadilan Agama manado, Drs. H. Muhtar Tayib bersamaan saat meresmikan DIPSA mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang dilakukan berbagai pihak sehingga lahirlah DIPSA di PA Manado. Pengadilan Agama Manado terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dengan berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan. DIPSA merupakan salah satu dari sekian inovasi yang telah dibuat oleh Pengadilan Agama Manado, namun satu hal yang menjadikan DIPSA sebagai inovasi yang spesial, yaitu DIPSA PA Manado merupakan inovasi satu-satunya dan pertama kali yang pernah ada di pengadilan di seluruh Indonesia. Karenanya, selain akronim dari “Direktori Putusan Audio”, DIPSA juga dapat dimaknai dengan “Dari PA Manado, untuk Indonesia” dengan harapan kedepannya DIPSA dapat diimplementasikan pada pengadilan di seluruh Indonesia.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook