“Building Service Excellence Culture” oleh Bank Mandiri Pematang Siantar
Pelayanan prima merupakan salah satu indikator yang harus dimiliki oleh suatu organisasi atau instansi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sejalan dengan upaya meningkatkan pelayanan prima, Pengadilan Agama Pematang Siantar berusaha memberikan pelatihan pada seluruh pegawai agar memberikan pelayanan terbaik kepada para pencari keadilan.
Oleh karena itu, Pengadilan Agama PematangSiantar mengundang Bank Mandiri Pematang Siantar untuk memberikan pelatihan service excellence kepada seluruh pegawai. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 20 Desember 2022 pada pukul 14.00 WIB di Ruang Sidang Pengadilan Agama PematangSiantar.
Pelatihan ini mengangkat tema “Building Service Excellence Culture” yang dibawakan oleh Nani Sembiring. Beliau mengawali pelatihan ini dengan menanyakan apa itu culture, yang selanjutnya dijelaskan bahwa culture ialah prinsip-prinsip yang diyakini baik dan benar dalam mencapai tujuan perusahaan yang menjadi landasan kebijakan aturan, dan mengarahkan perilaku individu di dalam perusahaan. Narasumber menjelaskan bahwa dalam memberikan pelayanan pada masyarakat ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu sikap, skill dan penampilan.
“Saat masyarakat datang, kita harus menyambutnya dengan berdiri lalu menyapa dengan salam. Setelah itu perkenalkanlah diri dan jangan lupa mengucapkan ada yang bisa dibantu”, ungkap narasumber kepada para peserta. Ditengah-tengah penjelasan mengenai service excellence, narasumber mengajak para petugas PTSP untuk melakukan role play atau simulasi.
“Untuk Petugas Laki-laki agar rambutnya ditata rapi dan jangan lupa menggunakan deodorant agar wangi sehingga masyarakat merasa nyaman. Sedangkan untuk petugas Perempuan , rambutnya agar ditata rapi dan jika berjilbab juga dibuat rapi sehingga nametag atau tanda pengenal tetap terlihat. Jangan lupa menggunakan riasan tipis agar wajah terlihat fresh”, pesan Ibu Nani mengenai Poin penampilan.
Ketua Pengadilan Agama Pematang Siantar Sri Hartati, S.H.I., M.H. menyampaikan bahwa kita dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik atau service excellence seiring dengan berjalannya reformasi birokrasi yaitu pembangunan zona integritas. “Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan ketrampilan para petugas PTSP dalam memberikan pelayanan kepada para pencarikeadilan”, harap Ibu Ketua.
Tim IT PA Pematang Siantar