Benahi Administrasi Pelayanan, PA Unaaha Kukuhkan Komitmen Bersama
Unaaha | www.pa-unaaha.go.id
Sebagai salah satu instansi peradilan yang ditunjuk untuk menjadi pilot projet percontohan pelayanan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI (Badilag) melalui sertifikasi ISO 9001:2015, Pengadilan Agama Unaaha yang merupakan Pengadilan Agama dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Kendari terus berbenah untuk meraih amanah tersebut.
Untuk menginventarisir hal-hal yang perlu dibenahi, Ketua Pengadilan Agama unaaha mengadakan rapat perdana dengan tim konsultan yang telah ditetapkan oleh Badilag, di ruang rapat kantor Pengadilan Agama Unaaha, dihadiri oleh seluruh hakim, pejabat struktural dan pejabat fungsional dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Unaaha, Kamis 18/08/2016.
Mewakili Perusahaan Konsultan Kkonomi dan Keuangan (PT. KOKEK), M. Ainun Najib memperkenalkan profil singkatnya, sekaligus memaparkan sistem yang akan dibangun dalam sebuah institusi pelayan yang memiliki standarisasi internasional.
Ainun menjelaskan bahwa Sumber Daya Manusia, sarana prasarana adalah faktor penunjang untuk memperoleh sertifikasi pelayanan internasional tersebut. Komitmen bersama adalah faktor utama keberhasilan untuk meriah sertifikasi mutu pelayanan.
“Musuh terbesar ISO adalah komitmen, jika sarana prasarana tidak ada masih bisa dianggarkan, jika SDM tidak memenuhi masih dapat dimintakan, namun komitmen jika sudah sudah tidak ada, maka tidak mungkin tujuan dapat dicapai”. kata Ainun.
Foto. Pegawai PA Unaaha bersama konsultan manajemen mutu
Selama dua hari kunjungan perdananya, (18/08/16 s/d 19/08/16) Ainun didampingi Najmiah Sunusi, S.Ag, MH (Hakim Pengadilan Agama Unaaha), Drs. Safar, SH (Panitera) dan Aminuddin, SH (Sekretaris) memasuki setiap ruangan yang ada di kantor Pengadilan Agama Unaaha, mewawancarai pegawai yang sedang beraktifitas, dan mengambil dokumentasi seluruh area kantor dan halaman Pengadilan. (yudh)