1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Yang Mulia Yasardin Resmi Jadi Hakim Agung

Jakarta l Badilag.mahkamahagung.go.id

Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum dilantik menjadi hakim agung oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. di Gedung MA, Selasa (7/11/2017).

Pelantikan Wakil Ketua PTA Banten menjadi hakim agung itu dilakukan berbarengan dengan pelantikan empat hakim agung lainnya. Mereka adalah Dr. Gazalba Saleh, S.H., M.H. (Kamar Pidana), Dr. Muhammad Yunus Wahab, S.H., M.H. (Kamar Perdata), Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. (Kamar Tata Usaha Negara) dan Kol. CHK. Hidayat Manao, S.H., M.H. (Kamar Militer).

Sebelum akhirnya dilantik menjadi hakim agung, YM Yasardin mengikuti serangkaian proses seleksi, mulai dari uji kualitas, kesehatan dan integritas di KY, hingga fit and proper test di Komisi III DPR.

Dengan dilantiknya Yasardin menjadi hakim agung, kini Kamar Agama MA memiliki enam hakim agung. Mereka adalah Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. (Ketua Kamar Agama), Dr. H. Mukhtar Zamzami, S.H., M.H., Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H., Dr. H. Mukti Arto, S.H., M.Hum., dan Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H.

Dirjen Badilag Dr. H. Abdul Manaf, M.H. turut berbahagia atas pelantikan ini. “Secara pribadi dan mewakili rekan-rekan di Ditjen Badilag, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya Yang Mulia Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum menjadi hakim agung. Semoga selalu sehat, sehingga dapat mengemban amanah ini sebaik-baiknya,” ujarnya.

Berawal dari Klungkung

YM Yasardin lahir di Padang Guci Bengkulu, 10 November 1959. Dengan demikian, dua hari lagi, bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan, ia akan merayakan hari lahirnya ke-58.

Bapak dari tiga anak ini mengawali pengabdiannya kepada negara pada tahun 1987 di Klungkung, Bali. Selama 30 tahun itu, ia telah berpengalaman mengemban berbagai jabatan, mulai dari panitera pengganti, hakim, pimpinan pengadilan, asisten hakim agung, pengajar di Pusdiklat MA, hingga sekarang menjadi hakim agung.

Riwayat Karir

Tahun mulai

Jabatan

Satuan kerja

1987

CPNS

PA Klungkung

1988

Panitera Pengganti

PA Klungkung

1989

Panmud Permohonan

PA Klungkung

1993

Hakim

PA Curup

1997

Hakim

PA Bengkulu

1999

Wakil Ketua

PA Curup

2000

Hakim

PA Jakarta Utara

2001

Hakim yustisial

MA

2003

Panitera Pengganti

MA

2006

Wakil ketua

PA Depok

2008

Ketua

PA Depok

2009

Wakil ketua

PA Jakarta Selatan

2011

Ketua

PA Jakarta Selatan

2013

Hakim tinggi

PTA Palembang

2014

Hakim tinggi

PTA Jakarta/Balitbangdiklat MA

2017

Wakil Ketua

PTA Banten

YM Yasardin merupakan salah satu hakim di lingkungan peradilan agama yang fasih berbahasa Inggris. Alumnus IAIN Jakarta dan Universitas Islam Bandung ini tercatat pernah terlibat dalam sejumlah pelatihan di luar negeri, yaitu di Australia, Jepang dan Mesir.

[hermansyah]

Comments  

 
# M.Sahri PA.Bengkulu 2017-11-20 14:23
SELAMAT DAN SUKSES BUAT YM. DR.YASARDIN,SH. ,M.HUM YANG TELAH DILANTIK SEBAGAI HAKIM AGUNG, SEMOGA ALLAH SWT MEMBERIKAN KESEHATAN DAN KEKUATAN. TERIRING SALAM DARI TEMAN-TEMAN ALUMNI PONDOK PESANTREN PANCASILA BENGKULU ALUMNI PERTAMA.
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB

simtalak